Tahapan Beli rumah dengan BODOL

Ketika kita beli properti tidak perlu mengeluarkan uang dan hasil properti tsb cukup untuk membayar cicilan KPR nya, bonus kalo selain BODOL tsb juga dapat cashback, anda telah menjadi “entrepreneur sejatii” dimana uang sudah  benar2 bukan sebatas “ide” dan anda telah mampu menguasai kemana anda bergerak dia akan berlari mengejar kejar anda” hehehee

Tahapan prosedur mengajukan Kredit  ke bank untuk KPA ( Kredit Tanpa Angsuran) Hehehehe…
1. Cari beberapa properti yang seusai kebutuhan anda bukan atas dasar nafsu…. saran saya properti tersebut nantinya bisa menghasilkan, misal Ruko, Kost-kost an, Hotel dll

2. Lakukan deal harga jadi dulu, sebagai buktinya anda memberi uang ikatan seminimal mungkin namun juga lakukan syarat-syarat yaitu:
> minta waktu pelunasan minimal 3 bulan kalo anda jago nego juga minta yang lama sekalian  sampai kiamat…. hehehe gak ding… jangan dulu kiamat lah…..
> tanda jadi sesedikit mungkin kalo perlu cukup 1 juta, saran saya berikan max 5% x harga deal kesepakatan

3.Buatkan tanda terima berupa kuitansi bermeterai rp 6000 jangan cuma kertas kosong… kalo sewaktu buat bukti di pengadilan ….  tapi jangan ya… capek.
> disebutkan yg menjual siapa sesuai dgn nama di sertifikat dan  tanda tangan kuitansi atau kuasanya … jangan lupa minta fc surat kuasanya…
> Sebutkan  harga deal nya brp hal  ini penting untuk mengikat dia, biar tdk ganti harga namanya juga manusia ya gak….
> alamat lengkap kalo perlu main ke rumahnya … sebagai bukti kalo kita serius dan no sertifikat yg dijual (atau Foto copi-nya

4. Untuk lebih kuat bisa dibuatkan perjanjian jual beli di notaris dgn kurun waktu yg disepakati namun ingat  bila lewat masa tsb uang akan hangus… ( hati-hati makanya)

5. Bawa dokumen ke bank beberapa Bank

(Kenapa beberapa bank sekaligus ? ini agar kita gak kehilangan waktu dan sekaligus kita biar tahu mana bank yang paling menguntungkan kita…. ehehehe. Lengkai beberapa dokumen terdiri atas :
> fc : sertifikat, pbb thn terakhir, IMB, KTP penjual suami istri, KK, surat nikah >>>> pihak Penjual
> fc : KTP suami istri, surat nikah, slip gaji + SK terakhir (karyawan) >>> pihak Pembeli
: akta pendirian usaha, SIUP, TDP, NPWP, rekening koran ( kalo yang beli badan usaha)

6. Hasil appraisal/penilaian  dari beberapa bank tersebut kalau anda setujui pilih sendiri mana yg paling OK. (kriteria OK tentukan sendiri ya… yang penting menguntungkan kita hehehe…..

-ada yg berdasar bunga paling ringan, –

– provisi murah,

– marketing banknya yg paling cantik, –

– pokoknya yg kredit cair dapet payung cantik dll)

7. Misal bank yg anda pilih menyetujui kredit anda sebesar 240jt tsb sehingga anda harus “bayar DP” = 20% x 240jt = 48jt, maka sisa plafon kredit yg akan dicairkan sebesar 202 jt, bunga 11,5%, cicilan sekitar 2jt/bulan selama 15 thn salah gak itungnya…. cek lagi ya…

8. anda bilang ke bank kalo setelah anda “memberi DP” 48jt yg jual rumah minta “tambahan DP” lagi karena “butuh uang” 52jt lagi
> sebelum diatas dilakukan anda harus mengontak yg punya rumah dulu, bahwa pada dasarnya di harus memahami kalo “harga deal” nya 150jt
> selanjutnya anda bilang mengajukan kredit ke bank-nya “dilebihin” untuk biaya modal kerja sekalian sebesar 52juta

9. Pada saat pencairan / realisasi KPR stlh point 8 tsb OK, anda minta bank untuk langsung “memisahkan” pencairannya :
> 150 juta ke rekening pemilik properti yg anda beli (sekalilagi ybs harus terus “dielus-elus” sd tahap ini, karena banyak kejadian bisa tdk terduga yg bisa menggagalkan proses ini
> 52jt juta langsung ke rekening anda karena “sdh menambah DP” ke penjual

10. proses BODOL KPR selesai
> anda bisa beli properti tanpa UANG kan? (tanpa DP)
> skrg sdh punya properti yg segera dibalik nama ke anda kan? (walo masi nyicil)
> bisa punya modal usaha sebesar 52jt kan?
> modal itu kalo bener2 anda putar untuk usaha dan bukan konsumtif dgn modal 28jt tidak akan sulit mencari profit 2jt/bulan untuk mencicil KPR nya kan?

> ga sulit kan? so kapan  actionnya???

Nah gimana mencari Deal Harga yang  rendah..dibawah harga pasar:.?

Kata orang, di Indonesia kalau beli rumah di kontrakin, cicilannya nggak nutup ama pendapatan dari kontrakan…. Sebab, nilai kontrak rumah rata2 hanya 5% dari harga properti….

Tapi itu kan rata2…jadi bisa iya, bisa nggak….

Ada tiga alasan utama biasanya orang jual property di bawah harga pasar:
a. BU CPT (Butuh Uang Cepat)
b. Bagi Waris
c. Gono Gini (makanya sering-sering datang ke KUA hehehehe)

d. Rumah Sakit….. pikir sendiri….

e. Poskota…

Salam Sukses….

Iklan

Istimewanya seorang Wanita

Istimewanya seorang Wanita

Kaum feminis bilang susah jadi wanita (baca: muslimah), lihat saja peraturan dibawah ini:
1. Wanita auratnya lebih susah dijaga (lebih banyak) dibanding lelaki.
2. Wanita perlu meminta izin dari suaminya apabila mau keluar rumah
tetapi tidak sebaliknya.
3. Wanita saksinya (apabila menjadi saksi) kurang berbanding lelaki.
4. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki.
5. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung Dan melahirkan anak.
6. Wanita wajib taat kepada suaminya, sementara suami tak perlu taat
pada isterinya.
7. Talak terletak di tangan suami Dan bukan isteri.
8. Wanita kurang dalam beribadat karena adanya masalah haid Dan nifas
yang tak Ada pada lelaki.

Itu sebabnya mereka tidak henti-hentinya berpromosi untuk “MEMERDEKAKAN WANITA”.

Pernahkah kita lihat sebaliknya (kenyataannya) ?

1. Benda yang mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan
ditempat yang teraman Dan terbaik. Sudah pasti intan permata tidak
Akan dibiarkan terserak bukan? Itulah perbandingannya dengan seorang wanita.

2.
Wanita perlu taat kepada suami, tetapi tahukah lelaki wajib taat
kepada ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada bapaknya?

3. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi
tahukah harta itu menjadi milik pribadinya Dan tidak perlu diserahkan
kepada suaminya, sementara apabila lelaki menerima warisan,IA
perlu/wajib juga menggunakan hartanya untuk isteri Dan anak-anak.

4. Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak,tetapi
tahukah bahwa setiap saat dia didoakan oleh segala makhluk, malaikat
dan seluruh makhluk ALLAH di muka bumi ini, dan tahukah jika ia mati
karena melahirkan adalah syahid dan surga menantinya.

5. Di akhirat kelak, seorang lelaki akan mempertanggungjawab kan
terhadap! 4
wanita, yaitu : isterinya, ibunya, anak perempuannya dan
saudara perempuannya. Artinya, bagi seorang
wanita tanggung jawab
terhadapnya ditanggung oleh 4 orang lelaki,yaitu : suaminya, ayahnya,
anak lelakinya Dan saudara lelakinya
.

6. Seorang wanita boleh memasuki pintu syurga melalui pintu surga yang
mana saja yang disukainya, cukup dengan 4 syarat saja,
yaitu:shalat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat kepada
suaminya dan menjaga kehormatannya.

7. Seorang lelaki wajib berjihad fisabilillah, sementara bagi wanita
jika taat akan suaminya, serta menunaikan tanggungjawabnya
kepada ALLAH, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala
orang pergi berjihad fisabilillah tanpa perlu mengangkat senjata.

Masya ALLAH ! Demikian sayangnya ALLAH pada wanita.
Ingat firman Nya, bahwa mereka tidak akan berhenti melakukan segala
upaya, sampai kita ikut / tunduk kepada cara-cara / peraturan
Buatan mereka. (emansipasi Ala western)

Yakinlah, bahwa sebagai dzat yang Maha Pencipta, yang menciptakan
kita, maka sudah pasti Ia yang Maha Tahu akan manusia, sehingga segala
hukumNya / peraturanNya, adalah YANG TERBAIK bagi manusia dibandingkan
dengan segala peraturan/hukum buatan manusia.

Jagalah isterimu karena dia perhiasan, pakaian dan ladangmu,
sebagaimana Rasulullah pernah mengajarkan agar kita (kaum lelaki)
berbuat baik selalu (gently) terhadap isterimu.

Adalah sabda Rasulullah bahwa ketika kita memiliki dua atau lebih anak
perempuan, mampu menjaga dan mengantarkannya menjadi muslimah Yang
baik, maka surga adalah jaminannya. (untuk anak laki2 berlaku kaidah
yang berbeda).
Berbahagialah wahai para muslimah. Jangan risau hanya untuk apresiasi
absurd dan semu di dunia ini. Tunaikan dan tegakkan kewajiban agamamu,
niscaya surga menantimu.


Starbucks menutup 61 outletnya di Austria

SYDNEY (Bloomberg): Starbucks Corp memastikan akan mengeluarkan pernyataan pada hari ini di tengah spekulasi perusahaan itu bakal menutup gerainya di Australia.

“Starbucks menempatkan kepentingan mitra [karyawan] sebagai prioritas utama,” kata agen hubungan kemasyarakatan Edelman dalam pernyataan tertulisnya. Nic Jarvis, associate director di Edelman, mengatakan pernyataan Starbucks kepada media akan diberikan pada pkl. 5 sore waktu Sydney.

Sebagian dari gerai kopi Starbucks di Sydney akan ditutup pada pkl 2 siang sehubungan dengan akan digelarnya rapat para staff. Namun Edelman tidak memberikan konfirmasi rinci mengenai pertemuan itu.

Sebelumnya, pada bulan ini Starbucks yang berbasis di Seattle mengumumkan akan menutup 600 gerainya di AS dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 12.000 karyawan, terbanyak dalam sejarah perusahaan itu, karena Chief Executive Officer Howard Schultz memperlambat ekspansi.

Schultz, 54, memegang posisi chief executive officer pada Januari untuk merevitalisasi cafe Starbucks. Schultz memperlambat ekspansi toko, mengenalkan program kartu loyalitas dan memberi alternatif resep sandwich sebagai upaya menghidupkan kembali daya tarik Starbucks, yang dinilainya telah hilang di tengah pesatnya ekspansi.

Starbucks membuka gerai pertamanya di Australia pada Juli 2000 di wilayah pusat bisnis (central business district/CBD) di Sydney, ungkap situsnya di Australia. Starbucks mempuuyai 85 gerai kopi di Sydney, Brisbane, Gold Coast, Sunshine Coast, Canberra, Melbourne, Australia Selatan dan Tasmania, kata situs itu.

Saham Starbucks telah anjlok 47% dalam setahun terakhir. Harga saham perusahaan itu melemah 1,3% menjadi US$14,32 kemarin di perdagangan Nasdaq Stock Market.(er

Wah penganguran muncul lagi tu dan berapa kerugian perusahaan sebagai suplayernya yang kehilangan omzet gara-gara starbucks ditutup…. moga-moga jangan terjadi di Indonesia…

Starbucks to close 61 Australian outlets

International coffee chain Starbucks will close 61 Australian stores within days, shedding 685 jobs as part of a strategy to slash underperforming outlets and boost profits.

Twenty-three stores will remain open in Melbourne, Brisbane and Sydney and surrounding areas after the closures this Sunday, an official statement from the company said.

Starbucks opened its first Australian store in Sydney’s Hyde Park in July 2000.

It currently has 85 outlets nationally, including in Brisbane, Sydney, Canberra, the Gold Coast, Melbourne, South Australia and Tasmania.

Today’s announcement follows the decision by Starbucks last month to close 600 company-operated stores in the US, costing up to 12,000 jobs.

The company blamed poor real estate decisions, coupled with the troubled economy, for the US closures.

The company said the 61 locations to be closed in Australia were underperforming.

Starbucks’ international boss, Howard Schultz, ruled out closing other stores internationally.

Starbucks operates more than 15,000 coffee shops around the world.

“We are well into the implementation phase of transforming Starbucks and we believe that this difficult, yet necessary, decision to close stores in Australia will help support the continued growth of our international business,” he said in a statement.

“While this decision represents business challenges unique to the Australian market, it in no way reflects the strong state of Starbucks business in countries outside of the United States,” he said.

“There are no other international markets that need to be addressed in this manner.

“We appreciate the exceptional service our partners in Australia have consistently delivered.

“We are thankful and proud of the contributions our partners make every day and we are committed to treating all of our partners with respect and dignity.”

A list of affected stores will be published by July 31, after all the employees are informed.

As part of the restructuring, Starbucks Australia store development manager Jason Ball will become managing director from September 1.

http://business.theage.com.au/business/starbucks-to-close-61-australian-outlets-20080729-3mkm.html

Rumah Ryan Jadi Tempat Alternatif Wisata

mene
 ()
()
 ()
 ()
()
 ()

Rumah tersangka kasus mutilasi dan pembunuhan berantai Verry Idhan Henyansyah alias Ryan, di Desa Jatiwates menjadi tempat alternatif bagi warga Jombang dan sekitarnya.

Okezon.com Minggu (27/7/2008)

hehehe emang begitu kali … kan jarang-jarang yang begini … rumah ato kuburan tu…

Rating Reksadana versi Pefindo

Pengumuman rating reksa dana ini digelar Pefindo di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (24/7/2008).

Satuan yang digunakan dalam ranking ala Pefindo ini menggunakan Pefindo Mutual Fund Ranking (PMR). Semakin kecil angka PMR berarti semakin tinggi peringkat produk reksa dana tersebut.
Ranking tertinggi diduduki oleh Fortis Ekuitas yang memperoleh PMR 1 untuk setiap kategori, termasuk PMR Final. Selain Fortis Ekuitas, masih terdapat 11 produk reksadana yang memperoleh peringkat final PMR 1.

Urutannya berdasarkan jenis produk reksadana antara lain:

Reksa dana Saham:
1. Fortis Ekuitas
2. Dana Ekuitas Prima

Reksa dana Pendapatan Tetap:
1. Danamas Stabil
2. Prospera Obligasi Plus
3. Trimegah Dana Stabil
4. Haji Syariah
5. BNI Dana Syariah

Reksa dana Campuran:

1. Schroder Dana Terpadu II
2. Prospera Balance
3. Mandiri Investa Syariah Berimbang
4. Bahana Dana Infrastruktur
5. Dana Selaras Dinamis

Parameter yang dibuat untuk mengukurnya adalah return, volatility dan dana kelolaan…simple kan .., tidak serumit kalau yg bikin Infovesta, tapi justru yg begini yg saya suka, simple.

Nah pertannyaanya reksadana anda masuk gak.. dalam urutan tersebut………

10 Kunci Sukses Usaha…

1. Ikuti perkembangan jaman, Bergabunglah dalam organisasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Banyak membaca dan gali informasi sebanyak mungkin. Internet akan banyak membantu Anda.

2· Buat rencana keuangan
Catat semua pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Buat target jangka pendek dan jangka panjang. Jangan pernah menyerahkan kondisi keuangan pada nasib. Perhitungkan dengan matang.

3· Perkirakan aliran uang tunai
Anda harus bisa memperkirakan aliran uang tunai, paling tidak tiga bulan ke depan. Jangan membuat anggarkan pengeluaran yang lebih besar dari itu.

4· Bentuk dewan penasehat atau cari tenaga ahli, untuk memberi ide, saran atau kritik terhadap Anda dan produk yang ditawarkan
Mereka bisa berupa teman-teman atau anggota keluarga yang dipercaya.

5· Jaga keseimbangan antara kerja, santai, dan keluarga
Tak perlu ngoyo, karena sesuatu yang dikerjakan dengan ngoyo, hasilnya tak akan maksimal. Lagi pula, badan dan otak butuh istirahat.

6· Kembangkan jaringan (network), Tak ada salahnya berkenalan dan bergaul dengan orang-orang yang berhubungan atau bisa mendukung bisnis Anda. Siapa tahu ada ide yang bisa digali.

7· Disiplin/motivasi
Aspek terberat dalam menjalankan usaha sendiri adalah disiplin atau motivasi untuk bekerja secara teratur. Untuk mengatasinya, buatlah daftar apa saja yang harus dikerjakan hari ini dan esok. Tentukan target yang harus dicapai dalam minggu ini.

8· Selalu waspada dan siap
Rajin-rajin melakukan evaluasi terhadap pasar, produk dan sistem
pemasaran. Kalau perlu, ubah cara kerja agar lebih efisien. Perbaiki cara pemasaran atau kualitas produk.

9· Cintai pekerjaan Anda
Bagaimana akan sukses, jika Anda tak punya “sense of belongin” pada pekerjaan dan produk yang dihasilkan. Cintai pekerjaan dan produksi sendiri, dan uang akan mengikuti Anda.

10· Jangan mudah menyerah
Para pengusaha sukses pun pernah mengalami kegagalan. Jika ingin cepat berhasil, segeralah bangkit dan belajar dari kegagalan. Jangan bersedih terlalu lama, apalagi menyerah.

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN LUAR NEGERI Th. 2008

DEPARTEMEN LUAR NEGERI
REPUBLIK INDONESIA

P E N G U M U M A N

NOMOR : 00854/KP/VII/ 2008/19/02
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DEPARTEMEN LUAR NEGERI
TINGKAT SARJANA (GOLONGAN III) DAN DIPLOMA 3 (GOLONGAN II)
TAHUN ANGGARAN 2008

Departemen Luar Negeri Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia, pria dan wanita:
1. Lulusan S1, S2, dan S3 menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III untuk dididik menjadi Pejabat Diplomatik dan Konsuler (Diplomat/PDK) ;
2. Lulusan Diploma 3 (D3) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II untuk dididik menjadi:
a. Bendaharawan dan Penata Kerumahtanggaan Perwakilan (BPKRT); dan
b. Petugas Komunikasi (PK).
I. PERSYARATAN UMUM
a. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.
c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
d. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
e. Tidak bersuami/beristrika n seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa kewarganegaraan.
f. Sehat jasmani dan rohani.
g Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
II. PERSYARATAN KHUSUS
A. PEJABAT DIPLOMATIK DAN KONSULER (DIPLOMAT/PDK)
a . Berijazah Sarjana (S1), Magister/Master (S2) atau Doktor (S3):
1. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Jurusan Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Studi Kawasan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Ilmu Pemerintahan dan Administrasi Negara).
2. Ilmu Hukum (Hukum Internasional, Hukum Bisnis, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara).
3. Ilmu Ekonomi (Jurusan Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi).
4. Sastra/Ilmu Pengetahuan Budaya (Arab, China, Inggris, Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol).
b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dengan persyaratan IPK:

  • Sarjana (S1) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
  • Magister (S2) minimal 3,00 (tiga koma nol nol);dan
  • Doktor (S3) minimal 3,00 (tiga koma nol nol).
c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau bahasa PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol).
d. Berusia maksimum:
  • 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2008 (lahir setelah 30 November 1980) untuk tingkat Sarjana (S1).
  • 32 tahun pada tanggal 1 Desember 2008 (lahir setelah 30 November 1976) untuk tingkat Magister (S2).
  • 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2008 (lahir setelah 30 November 1973) untuk tingkat Doktor (S3).
B. BENDAHARAWAN DAN PENATA KERUMAHTANGGAAN PERWAKILAN (BPKRT)
a. . Berijazah Diploma 3 (D3):
1. Jurusan Akuntansi.
2. Jurusan Manajemen Keuangan.
b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan Tinggi luar negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dengan persyaratan IPK: minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau bahasa PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol).
d. Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2008 (lahir setelah 30 November 1980).
C. PETUGAS KOMUNIKASI (PK)
a. Berijazah Diploma 3 (D3):
1. Jurusan Teknik Telekomunikasi;
2. Jurusan Teknik Informatika;
3. Jurusan Teknik Komputer;
4. Jurusan Teknik Elektronika; dan
5. Jurusan Matematika.
b. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan Tinggi luar negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan persyaratan IPK: minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
c. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) dan/atau bahasa PBB/asing lainnya (Arab, China, Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol).
d. Berusia maksimum 28 tahun pada tanggal 1Desember 2008 (lahir setelah 30 November 1980).
III. PENDAFTARAN
a. Melakukan REGISTRASI ONLINE melalui website www.deplu.go. id dan mencetak formulir registrasi beserta pernyataan menyetujui ketentuan dan syarat yang ditetapkan.
b. Registrasi online harus disertai dengan pengiriman berkas lamaran yang disampaikan kepada Panitia Penerimaan CPNS Deplu Tahun Anggaran 2008.
c. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran dan mendaftar hanya untuk satu kategori seleksi PDK atau BPKRT atau PK.
d. Registrasi online baru akan diproses setelah Panitia menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui Pos Tercatat mulai tanggal 11s/d 31 Juli 2008 (CAP POS) dan sudah diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 4 Agustus 2008, ditujukan kepada:
Ketua Panitia Penerimaan CPNS Deplu TA 2008

PO BOX 3206
JKP 10032
(UNTUK PDK)

PO BOX 3221
JKP 10032
(UNTUK BPKRT)

PO BOX 3235
JKP 10032
(UNTUK PK)
e. Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya.
f. Formulir Registrasi harus dilengkapi dengan lampiran:
i. Surat Pernyataan Menyetujui Ketentuan dan Syarat yang telah dicetak dibubuhi meterai Rp.6.000;
ii. Fotokopi KTP yang masih berlaku/Fotokopi Paspor bagi pelamar dari luar negeri;
iii. Daftar Riwayat Hidup terakhir;
iv. Satu lembar fotokopi ijazah (D3, S1, S2, dan/atau S3) berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh Dekan/Direktur Program atau Ditjen Dikti Depdiknas bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri (Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara dapat diterima, dengan syarat Pelamar dapat menyertakan Surat Pernyataan dari Pimpinan Universitas yang menyatakan bahwa pihak Universitas sudah dapat mengeluarkan Ijazah Asli yang bersangkutan pada saat akan mengikuti Ujian Tahap Akhir (Tes Pemeriksaan Psikologi dan Wawancara Substansi, serta Tes Penguasaan Teknologi Informasi/Komputer) , yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Oktober 2008. Bagi Pelamar yang tidak dapat menunjukkan Ijazah Asli, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti Ujian Tahap Akhir);Catatan: bagi lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai tidak berskala 4.0 harap melampirkan konversi transkrip nilai dengan skala 4.0 yang disahkan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.
v. Fotokopi Akte Kelahiran;
vi. Surat Keterangan Sehat dari dokter (terbaru);
vii. Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Depnaker) yang masih berlaku;
viii. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
ix. Pas foto terakhir ukuran 3×4 (berwarna) sebanyak 3 lembar: 1 lembar foto ditempel di formulir lamaran dan 2 lembar lainnya ditulisi nama pelamar di bagian belakang foto.
g. Lamaran beserta lampiran tersebut pada butir (e) disusun rapi sesuai urutan di atas dalam map kertas jepit berlubang dengan warna:
i. Biru untuk S1 – PDK;
ii. Kuning untuk S2 – PDK;
iii. Putih untuk S3 – PDK;
iv. Hijau untuk D3 – BPKRT; dan
v. Merah untuk D3 – PK.
h. Map lamaran beserta lampiran dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan ditulis pada pojok kiri atas kode lamaran PDK atau BPKRT atau PK.
i. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses.
j. Berkas lamaran yang diterima Panitia menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh Pelamar.
IV. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
Seleksi penerimaan PDK, BPKRT dan PK dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:
1. Seleksi Administratif;
2. Ujian Tulis Substansi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris (meliputi masalah nasional, internasional dan pengetahuan umum) dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 6 September 2008 (PDK) dan 7 September 2008 (BPKRT dan PK). Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;
3. Ujian Kemampuan/Penguasaa n Bahasa Inggris atau Bahasa Asing Lainnya (Arab, China, Inggris, Jepang, Perancis, Rusia, dan Spanyol) berdasarkan pilihan peserta, dijadwalkan akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober 2008. Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;
4. Tes Pemeriksaan Psikologi dan Wawancara Substansi serta Tes Penguasaan Teknologi Informasi/Komputer dijadwalkan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Oktober 2008. Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian;
5. Peserta yang lulus pada setiap tahapan ujian akan diumumkan melalui website Deplu www.deplu.go. id.
6. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.
V.PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRATIF DAN PENGAMBILAN KARTU TANDA PESERTA UJIAN
1. Hanya Peserta yang telah melakukan registrasi online dan memenuhi seluruh persyaratan untuk melamar/persyaratan pendaftaran, yang akan diloloskan dalam tahapan Seleksi Administratif. Hasil Seleksi Administratif dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 23 Agustus 2008 melalui website Deplu www.deplu.go. id.
2. Pelamar yang telah dinyatakan lolos tahapan Seleksi Administratif diwajibkan untuk mengambil Kartu Tanda Peserta Ujian sebagai syarat mengikuti Ujian Tulis Substansi.
3. Kartu Tanda Peserta Ujian harus diambil sendiri oleh peserta ujian di Pusdiklat Deplu, Jalan Sisingamangaraja No. 73, Jakarta Selatan, dengan menunjukkan kartu identitas diri. Apabila Peserta mewakilkan pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian kepada pihak ketiga, maka diperlukan Surat Kuasa bermeterai dengan menunjukkan kartu identitas diri Peserta dan Penerima Kuasa, serta menyerahkan fotokopi kartu identitas diri dimaksud.
4. Jadwal pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian dijadwalkan akan diumumkan kemudian melalui website Deplu www.deplu.go. id.
VI. LAIN-LAIN
1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Luar Negeri tidak dipungut biaya.
2. Departemen Luar Negeri tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Departemen Luar Negeri atau Panitia, sehingga Peserta diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Luar Negeri.
3. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi, tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan Panitia sebesar Rp 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah) untuk PDK dan Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) untuk BPKRT dan PK.
4. Lamaran yang dikirimkan kepada Departemen Luar Negeri sebelum pengumuman ini dianggap tidak berlaku.
5. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Deplu 2008 hanya dapat dilihat dalam website Deplu www.deplu.go. id. Para pelamar disarankan untuk terus memantaunya.
Jakarta, Juli 2008
A.n. MENTERI LUAR NEGERI
SEKRETARIS JENDERALIMRON COTAN