Hari Gini blom punya Dana Pensiun???

“20/20 rule:

To plan for 20 years for retirement, start accumulating funds no later than 20 years before your retirement begins”

Ernst & Young’s Personal Financial Planning guide

Awalnya ini percakapan yang tidak disengaja di ruang keluargaku

“ Pa, Udah dipikirkan blom dana pension kita nanti…” rupanya Menkeu Rumah Tangga lagi baca artikel tentang Menyiasati Dana Pensiun disalah satu media .

“ Belom kali ma…” jawaku

“ Lo kok ragu-ragu sih jawabnya”.. kata Menkeu RT

Ok diskusi berlanjut

Akhirnya sepakat Tanya sama si mbah… siapa lagi kalo bukan mbah Google

Ketemu…. Ini kutipannya……


Percepatan perubahan budaya tampak begitu terasa dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini. Begitu banyaknya perubahan interaksi sosial dalam masyarakat. Kalau pada masa dahulu, mendorong anak untuk mencapai keberhasilan hidup adalah juga berarti terjaminnya kesejahteraan orang tua di masa pensiun. Tetapi cobalah kita perhatikan apa yang terjadi belakangan ini, begitu banyaknya pasangan muda yang justru malah masih terus meminta dukungan orang tua dalam menopang kehidupan mereka termasuk juga bidang finansial.


Hal ini terjadi selain disebabkan oleh berat dan kompleknya persoalan yang mereka hadapi, juga perubahan bentuk dan cara menghargai orang tua. Sebagai contoh, kalau zaman dulu orang cenderung hidup bersama di rumah besar dengan orang tuanya, tetapi sekarang dengan rumah relatif kecil dan dengan waktu yang sangat terbatas di rumah, akan membuat kekurangnyamanan kedua pihak ketika orang tua tinggal di rumah anak. Sekarang orang tua cenderung tinggal sendiri di rumah ataupun di panti ‘jompo’. Tentu saja perubahan itu akan terus berlanjut yang akan mendorong kita semua untuk dengan serius mempersiapkan masa pensiun.


Kesejahteraan pada masa purna tugas merupakan dambaan setiap orang. Secara naluri hal ini terlihat dari sikap serta tindakan hampir setiap individu untuk berusaha meningkatkan penghasilannya dengan berbagai cara agar dapat menyisihkan atau menginvestasikan penghasilan mereka untuk tujuan masa datang. Secara umum semua keluarga memiliki keinginan untuk mempersiapkan masa pensiun, tetapi seringkali tidak memiliki tujuan yang riil secara finansial.


Hal ini bukan saja akan menyulitkan dalam merencanakan dan melaksanakannya tetapi juga sulit mencapai dengan cara yang efektif dan efisien.

Pertanyaan itu

Beberapa pertanyaan mendasar yang harus dijawab dalam merencanakan dana pensiun,

Pada umur berapa anda ingin pensiun?,

Berapa pengeluaran yang anda inginkan pada saat pensiun?,

Berapa lama masa pensiun yang anda persiapkan?,

Berapa besar dana yang dibutuhkan?,

Berapa besar anda harus menyisihkan tiap bulan atau tahunnya?

Dan bagaimana pencapaiannya?.

Dana Pensiun


Tentu saja dalam merencanakan dana pensiun kita akan segera berhadapan dengan berbagai kebutuhan masa sekarang yang diperhadapkan dengan kebutuhan yang harus disediakan untuk masa depan, yang keduanya memerlukan sejumlah dana finansial. Memang tidak mudah untuk menyisihkan uang bagi kepentingan 20–30 tahun ke depan. Hal ini seringkali juga terpulang pada kemampuan untuk mengendalikan diri dari memenuhi keinginan atau memenuhi kebutuhan hidup.


Kebutuhan adalah keperluan dasar yang harus terpenuhi sehari-hari, misal kebutuhan akan pangan (makanan), sandang (pakaian) serta papan (tempat tinggal) kesehatan dan pendidikan. Sedangkan keinginan lebih merupakan pemuasan diri yang sering jauh dari perhitungan rasional.


Keinginan lebih mementingkan kepuasaan sesaat terhadap barang-barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan, sehingga perencanaan atau kebutuhan jangka panjang seperti perencanaan dana pensiun atau dana pendidikan anak kurang dianggap serius. Sehingga tetaplah berusaha untuk dapat mempersiapkan masa pensiun daripada sekedar keinginan membeli rumah baru atau membeli mobil baru dan lainnya.

Memulai Lebih Awal


Kapan sebaiknya kita mulai merencanakan dan melaksanakan dana pensiun? Secara pasti memang tidak ada waktu yang paling tepat untuk memulainya, akan tetapi semakin cepat mulai menyisihkan dana, akan semakin baik dan semakin murah dana yang diperlukan.

Dengan memulai lebih awal, keperluan dana untuk disisihkan tiap bulan atau tahun akan lebih sedikit dan memerlukan tingkat pertumbuhan yang terlalu tinggi untuk mencapai jumlah dana yang diinginkan karena jangka waktu yang relatif cukup panjang. Selain itu, hal ini akan pula memberikan waktu yang cukup untuk merevisi portofolio investasi apabila terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan investasi dana yang telah terkumpul.


Sebaliknya apabila jangka waktu mengumpulkan terlalu pendek, maka dana yang harus disisihkan untuk mencapai jumlah dana yang sama, akan jauh lebih mahal dan diperlukan pula tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi yang secara otomatis akan diikuti pula dengan kenaikan tingkat resiko.


Jadi memulai lebih awal akan memberikan manfaat antara lain dalam hal-hal sebagai berikut:

  • Dapat menikmati hasil dari investasi.
  • Mengevaluasi beberapa alternatif instrumen investasi untuk mendapatkan dana pensiun yang diinginkan.
  • Meninjau ulang investasi yang anda lakukan karena kerugian yang terjadi sebelumnya.

“Lifestyle” Masa Pensiun


Selanjutnya setelah menentukan kapan memulai menyisihkan dana untuk masa pensiun, maka selanjutnya adalah menentukan gaya hidup atau lifestyle yang diinginkan pada saat pensiun nanti. Dalam menentukan gaya hidup ini, dapat diambil contoh pengeluaran (spending plan) sekarang sebagai dasar pengambilan keputusan.


Walaupun pengeluaran biaya hidup sekarang pasti akan berbeda dengan pengeluaran saat pensiun nanti, tetapi paling tidak akan memberikan gambaran life style yang diperlukan. Bukankah kita tidak menginginkan turunnya standar hidup sewaktu telah pensiun?


Jenis pengeluaran sekarang yang tidak diperlukan lagi pada saat pensiun antara lain cicilan mobil, cicilan rumah, premi asuransi, atau pengeluaran untuk dana pendidikan anak. Tetapi ada kemungkinan akan muncul keperluan lain seperti keperluan untuk berlibur atau entertainment akan meningkat, ketersediaan dana untuk naik haji atau pergi ziarah ke “holly land”, dsb..

Dana yang Diperlukan


Setelah menentukan pengeluaran yang diinginkan pada saat pensiun maka selanjutnya menghitung jumlah dana yang dibutuhkan.
Hal ini diperlukan untuk menentukan berapa besar dana yang harus disisihkan atau diinvestasikan tiap bulan.

Misal, pengeluaran setelah mengalami perubahan untuk saat pensiun adalah 5 juta/bulan, pada saat anda pensiun, di umur 55 tahun kebutuhan bulanan anda akan naik akibat tingkat inflasi menjadi sekitar 34 juta (inflasi 10 persen).
Dari hasil perhitungan tadi anda dapat menghitung jumlah dana yang anda butuhkan selama masa pensiun anda misalnya 20 tahun. Kemudian dari jumlah total dana yang dibutuhkan dihitung kebutuhan investasi perbulannya atau pertahunnya.
Secara singkat, pertama,tentukan gaya hidup atau lifestyle yang diinginkan pada saat pensiun nanti. Sebagai contoh: anda ingin hidup di pinggiran kota yang sepi dengan tetap memiliki mobil serta pembantu rumah tangga dan melakukan perjalanan liburan tiap 3 bulan. Kedua, berdasarkan gaya hidup yang anda tentukan, hitunglah berapa pengeluaran yang anda butuhkan sekarang?.
Ketiga, kemudian hitunglah kebutuhan dana selama pensiun dan rencanakan investasi yang anda harus lakukan untuk mencapai dana yang anda butuhkan saat masa pensiun nanti.


Sehingga akan terlihat secara jelas kemajuan rencana persiapan dana pensiun ini, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mempercepat tercapainya dana yang diperlukan.

Sumber. http://www.sinarharapan.co.id/ekonomi/eureka/2002/02/2/eur01.html

Itu tadi artikel yang saya peroleh dari internet berkat kecangihan mbah google… kalau mau nanya ke perencana keuangan kan mahal …….

Oke disini sekedar sharing aja.. ya….

Untuk menghitung berapa dana yang harus kita siapkan bisa dihitung dari file ini silahkan didownload dulu. File ini yang aku peroleh dari Portalreksadana.com… terimah kasih ya om…slatif dan autogebet

Perhitungan Dana Pensiun

Asumsi Umur saat ini 38 th, hidup sampai 75th biaya hidup saat ini Rp.5.000.000

Saat pensiun nanti perlu dana di deposito/tabungan sebesar Rp. 4,198,713,179 agar return yang diperoleh dari tabungan tersebut dapat kita pake untuk membiayai hidup selama pensiun sesuai dengan gaya hidup saat ini.

Kalo dilihat dari tabel dibawah bahwa kita perlu dana sebesar Rp. 1,008,687 setiap bulan

Nama

:

taufiq

Tgl Lahir

:

25/3/1977

Umur

:

38

Umur Pensiun

:

55

Estimasi batas penggunaan dana pensiun

:

75

Perkiraan Inflasi rata-rata

:

10%

/thn

Perkiraan hasil investasi jk pendek

:

15%

/thn

Perkiraan hasil investasi jk panjang

:

25%

/thn

Biaya hidup yang diinginkan berdasarkan nilai uang saat ini

5,000,000

Perkiraan Biaya hidup kelak

1

Umur Saat ini

38

thn

2

Umur Saat pensiun

55

thn

3

Waktu yang tersedia

18

thn

4

Biaya hidup bulanan yang diinginkan berdasarkan nilai uang saat ini

5,000,000

5

Biaya hidup disetahunkan (no.4 x 12)

60,000,000

6

Biaya hidup setahun kelak pada tahun pertama

333,595,039

Penyiapan Dana

7

Estimasi batas penggunaan dana pensiun

75

thn

8

Lamanya kebutuhan dana pensiun

20

thn

9

Kebutuhan dana pensiun tersedia saat masuk masa pensiun

4,198,713,179

10

Dana tersedia saat ini

11

Nilai dana tersedia kelak

12

Selisih kebutuhan dan dana tersedia saat masuk masa pensiun

(4,198,713,179)

13

Setoran tabungan bulanan untuk menutup kekurangan dana tersedia

(1,008,687)

Ok kita sekarang udah tahu besaran uang yang harus disetor setiap bulannya, persoalannya sekarang adalah bagaimana memujudkan dana yang kita setor tersebut bertumbuh sesuai harapan kita nantinya.

Dalam file terebut juga disertakan trik-trik untuk setorang agar lebih maksimal.

Pilihan Investasi

Dana yang telah kita sisihkan tersebut diharapan memberikan hasil yang maksimal sehingga kita tidak salah memilih ”alat” untuk mencapai tujuan tersebut.

Ada banyak alat untuk mencapai tujuan tersebut, namun menurut saya pribadi karena sifat investasi ini adalah jangka panjang ( lebih dari 10 th) maka saya menyarankan untuk ikut reksadana. Tapi jangan seluruh portopolia anda dimasukan ke reksadana cukup 30%, deposito 20%, properti 40% yang 10% dana cadangan darurat.

Banyak jenis reksadana namun saya tidak dalam kapasitas untuk menilai mana reksadana yang terbaik… kalo mau mendalam ikut aja di Portalreksadana.com disana adalah komunitas reksadana indonesia. Saran saya reksadana saham karena jenis investasi kita adalah jangka panjang tetapi juga tergantung profile resiko anda.

Semoga bermanfaat

Iklan

Puncak Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur

Tanggal 17 Mei 2008 karena merupakan libur panjang kami sekeluarga memutuskan untuk pulang kampung ke surabaya, madiun, magetan lewat jalur selatan dengan perjalanan malam hari. Setelah matahari pagi nonggol perjalanan udah sampai di kaki Gunung Lawu. Kota Sarangan Magetan, kota kecil di Jawa Timur.

Sarangan adalah sebuah lokasi wisata di dataran tinggi Gunung Lawu, dengan obyek utama telaga dan air terjun, dikelilingi nuansa pegunungan yang khas. Dari Magetan masih ada 17 km arah barat (menuju gunung) untuk tiba di Sarangan. Sekarang kalo dari arah barat kota Karanganyar, Solo Jawa Tengah jalannya udah landai gak seperti dulu naiknya hampir 75 derajat, sekarang mobil cc kecil aja bisa lewat dan jalannya lebar lagi.. apalagi kalo pake teruci (terios rush club indonesia) wow enteng….


Ini adalah jalan menuju sarangan, yang kelihatan berkelok-kelok tapi indah. Buat pengendara motor, ini akan menjadi sangat menyenangkan. Menguji skill berkendara sekaligus menikmati segarnya udara. Membuat rindu jika lama tak melakukannya.

Karena alasan terjal-tajam serta sempit itulah, Pemda Magetan sejak beberapa tahun lalu menggagas proyek jalan tembus yang lebih smooth. Sekarang jalan itu sudah jadi , jalan tembus (berawal dari sebelum main gate Sarangan sampai Cemoro Sewu) dengan jalan ini, maka Solo-Madiun lewat Magetan Karanganyar yang biasa 2 jam bisa ‘hanya’ 1 jam-an. Ceritanya ‘bermimpi’ seperti Puncak, Bogor

Dari pinggir jalan tersebut kita bisa melihat telaga sarangan dari view lain aitu dari atas, dimana seluruh daerah wisata sarangan dapat dilihat untuk memanjakan mata ditengah dinginnya udara Puncak Sarangan.

Sekilas dari arah jalan ke Cemoro Sewu, terlihat Telaga Sarangan yang sudah ‘tidak perawan” lagi karena banyak dikelilingi bangunan-bangunan, mulai pasar tiban hingga hotel.

Ada beberapa kedai disana, yang menyajikan makanan khas wisata gunung, semisal jagung bakar, sate kelinci dan pastinya minuman hangat. Cukup ramai juga hari itu. Saya dan keluarga menyempatkan duduk lesehan menikmati sate kelinci Rp7000 untuk 20 tusuk dan lontong murah kan…

Cukup sudah Ice Cream Fla Keliling

Setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM premium menjadi Rp. 6000/lt membawa biaya transportasi untuk menjalankan roda kehidupan Ice Cream Fla … setelah dihitung-hitung akhirnya diputuskan untuk tidak melakukan penjualan secara keliling.

Sekarang adalah saat untuk mencari lokasi menetap untuk penjualan Ice cream FLA… karena sekali lagi lokasi, lokasi dan lokasi kalo ingin omset harian tetap seperti saat keliling…. semoga tempat itu cepat ketemu..

ayah bagi anakmu

Untuk menjadi ayah yang baik ada sedikit masukan :

  1. Selalu perhatian. Sapa tiap pagi, siang dan malam mau tidur.
  2. Lindungi Keluarga. Sebagai ayah sekaligus pelindung. baik di rumah maupun di luar. Perlindungan adalah yang utama seperti contohkan anda saat berkendaaan dengan selalu memakai seatbelt, ajari menjaga kebersihan lingkungan dan jangan lupa kalo ada unag berlebih ikutkan asuransi jiwa dan kesehatan untuk seluruh keluarga.
  3. Sisakan waktu untuk keluarga. Ketika pulang kerja sering yang ada adalah capek dan ingin istirahat. Tetapi usahakan selalu bercanda dengan anak walau hanya 10 menit karena sebenarnya anak merasa kangen dengan ayahnya dari pagi sampai sore biarkan rasa kangen itu terpuaskan.
  4. Beri pelukan. Anak mengingikn pelukan dari ayahnya untuk meluapkan kegebiraanya jangan hanya dengan ibunya saja hehe….
  5. Main dengannya. Ajak bermain keluar rumah seperti saat ini yang lagi musim layang-layang ajak untuk memainkan layangannya walau cuma 1 jam di sore hari, ada kepuasan disana rasa menang saat main layang-layang dan rasa kalah kalo layangannya puus. Lihat 100 Ways to Have Fun with Your Kids for Free or Cheap.
  6. Kadang-kadang jadi “mama”. Dalam keluarga peran “ibu” memang penting mulai masak, mandiin, menyuapi, dari pagi sampe malam ada baiknya sebagai ayah perlu mencoba juga ternya repot kan… disini untuk membina hubungan yang lebih mendalam bisa terjadi antara anak dan ayah.
  7. Dongengkan Cerita. Ini penting dilakukan untuk membawa imaginasi anak ikut berkembang.
  8. Ajari untuk melakukan sendiri.
  9. Ajari tentang keuangan. Ini poin yang sering salah terhadap pengertian uang. Biarkan anak mengelola uangnya sendiri kalo perlu kita lakukan seolah-olah dia “bekerja” misal belajar dinilai x rupiah, sholat/ke gereja x rupiah nanti kita himpun dana tersebut … nah kalau dia minta jajan kita lakukan pemotongan dari dana yang diperolehnya karena telah melakukan kegiatan tersebut disini anak diajari secara tidak langsung bisa menghargai nilai uang bahwa uang tidak datang dg sendirinya masih perlu dengan belajar dan bekerja.
  10. Menjadi contoh terbaik. Ini yang paling susah…

Ukur Kecepatan Koneksi Internet anda…

Silahkan link http://www.sijiwae.net/speedtest/

BBM naik : Jam 21.00 Jumat 23 Mei 08

Seperti perkiraan kemarin… bbm diumumkan juga akhirnya… Pengumuman BBM Pukul 21.00
Jumat, 23 Mei 2008 | 16:12 WIB

JAKARTA,JUMAT – Pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada pukul 21.00 WIB, malam ini di Gedung Departemen Keuangan, Jakarta. Demikian undangan jumpa pers kepada kompas.com

.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengungkapkan harga BBM bersubsidi rata-rata naik 28,7 persen. Berdasarkan skenario yang dikaji Depkeu, harga BBM jenis premium akan naik dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.000 per liter, solar naik dari Rp 4.300 menjadi Rp 5.500 per liter, dan minyak tanah naik dari Rp 2.000 menjadi Rp 2.300 per liter.

Gaji-13 PNS Terima bulan Juni 2008

Disaat BBM mau naik PNS terima gaji-13 wah enak tenan.. buat ganti tambah selisih kenaikan BBM..

Selamat untuk PNS anda menerima gaji -13 diterima juni 2008

Kutipan ….

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 35 TAHUN 2008
TENTANG
PEMBERIAN GAJI/PENSIUN/TUNJANGAN BULAN KETIGA BELAS
DALAM TAHUN ANGGARAN 2008 KEPADA PEGAWAI NEGERI,
PEJABAT NEGARA, DAN PENERIMA PENSIUN/TUNJANGAN

(1) Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan diberikan gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas dalam Tahun Anggaran 2008.

(2) Pegawai Negeri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) termasuk:

a. Pegawai Negeri yang ditempatkan atau ditugaskan di luar negeri;

b. Pegawai Negeri yang dipekerjakan di luar instansi pemerintah yang gajinya dibayar oleh instansi induknya;

c. Pegawai Negeri yang diberhentikan sementara;
d. Pegawai Negeri penerima uang tunggu; dan
e. Calon Pegawai Negeri.

(3) Pegawai Negeri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak termasuk Pegawai Negeri yang sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara atau yang diperbantukan di luar Instansi Pemerintah.

Pasal 3

(1) Besarnya gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 adalah sebesar penghasilan sebulan yang diterima pada bulan Juni 2008.

(2) Penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi:

a. Pegawai Negeri dan Pejabat Negara meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan/tunjangan umum, dan tunjangan keluarga;
b. Penerima pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan tambahan penghasilan; dan
c. Penerima tunjangan hanya menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.
(3) Penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sebelum dikenakan potongan iuran berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Pasal 4Pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 dibayarkan pada bulan Juni 2008.

(1) Penerima gaji terusan dari Pegawai Negeri/Pejabat Negara yang meninggal dunia atau tewas diberikan gaji bulan ketiga belas sebesar penghasilan gaji terusan yang diterima pada bulan Juni 2008.
(2) Penerima gaji dari Pegawai Negeri/Pejabat Negara yang dinyatakan hilang diberikan gaji bulan ketiga belas sebesar penghasilan yang diterima pada bulan Juni 2008.
(3) Pembayaran gaji bulan ketiga belas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dibebankan pada instansi atau lembaga tempat Pegawai Negeri/Pejabat Negara bekerja.

Pasal 7

(1) Penerima pensiun terusan dari pensiunan Pegawai Negeri/Pejabat Negara yang meninggal dunia diberikan pensiun bulan ketiga belas sebesar penghasilan pensiun terusan yang diterima pada bulan Juni 2008.
(2) Penerima pensiun dari pensiunan Pegawai Negeri/Pejabat Negara yang dinyatakan hilang diberikan pensiun bulan ketiga belas sebesar penghasilan pensiun yang diterima pada bulan Juni 2008.

Pasal 8Ketentuan Peraturan Pemerintah ini berlaku juga bagi Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah.

Ketentuan teknis tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah ini ditetapkan lebih lanjut oleh Menteri Keuangan.
Pasal 11Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Pemerintah ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.

Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 7 Mei 2008
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 7 Mei 2008
MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA,

ANDI MATTALATTA


TAMBAHAN
LEMBARAN NEGARA RI


No. 4850 (Penjelasan Atas Lembaran Negara Tahun 2008 Nomor 68)

PENJELASAN
ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 35 TAHUN 2008
TENTANG
PEMBERIAN GAJI/PENSIUN/TUNJANGAN BULAN KETIGA BELAS
DALAM TAHUN ANGGARAN 2008 KEPADA PEGAWAI NEGERI,
PEJABAT NEGARA, DAN PENERIMA PENSIUN/TUNJANGAN
I. UMUM

Dalam rangka usaha pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan meringankan biaya hidup Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan dalam tahun 2008, perlu memberikan tambahan penghasilan berupa gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas.
Pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas diberikan dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara, sehingga kebijakan besaran gaji/pensiun/tunjangan diberikan secara proporsional berdasarkan penghasilan setiap bulan. Namun demikian bagi Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan yang menerima lebih dari satu jenis penghasilan hanya diberikan salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan. Apabila Pegawai Negeri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan tersebut juga sebagai penerima pensiun/tunjangan janda/duda, maka kepada yang bersangkutan, diberikan pula pensiun/tunjangan janda/duda bulan ketiga belas.
Penetapan Peraturan Pemerintah ini dimaksudkan untuk memberikan landasan hukum bagi pelaksanaan pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas bagi Pegawai Negeri, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/Tunjangan, sebagaimana telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2007 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2008.

II. PASAL DEMI PASAL

Pasal 1

Cukup jelas

Pasal 2

Cukup jelas

Pasal 3

Ayat (1)

Dalam hal terjadi keterlambatan administrasi yang mengakibatkan pembayaran penghasilan bulan Juni 2008 belum dibayarkan sebesar yang semestinya diterima, maka kepada yang bersangkutan tetap diberikan selisih kekurangan penghasilan.

Ayat (2)

a. Yang dimaksud dengan “tunjangan umum” termasuk tambahan tunjangan umum.

b. Yang dimaksud dengan “tambahan penghasilan” adalah tambahan penghasilan bagi penerima pensiun yang karena perubahan pensiun pokok baru mengalami penurunan penghasilan atau mengalami kenaikan tetapi kurang dari 15% (lima belas perseratus) sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

c. Cukup jelas.

Ayat (3)

Cukup jelas

Pasal 4

Apabila karena sesuatu hal pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas belum dapat dibayarkan pada bulan Juni 2008, maka pembayarannya dapat dilakukan setelah bulan Juni 2008.

Pasal 5

Ayat (1)

Apabila Pegawai Negeri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan menerima lebih dari satu penghasilan yang berupa gaji dengan pensiun/tunjangan atau beberapa jenis pensiun/tunjangan, maka gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas hanya diberikan untuk salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan.
Apabila Pegawai Negeri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan tersebut di atas juga sebagai penerima pensiun/tunjangan janda/duda, maka kepada yang bersangkutan, diberikan pula pensiun/tunjangan janda/duda bulan ketiga belas.

Ayat (2)

Cukup jelas

Pasal 6

Cukup jelas

Pasal 7

Cukup jelas

Pasal 8

Cukup jelas

Pasal 9

Cukup jelas

Pasal 10

Cukup jelas

Pasal 11

Cukup jelas