Suzuki Thunder 125 Japsstyle

Suzuki Thunder 125 Japsstyle

Inilah penampakan Suzuki thunder keluaran 2007 yang dimodifikasi ala japsstyle. Motor punya om niko ini merombak total bodinya mulai tangki bensi, jok dan ban depan belakang namun dapurpacunya tetap tanpa rombakan. Motor yang dimodifikasi ala Japsstyle ini dibuat di bekel kecil di Mustikajaya Kota Bekasi tepatnya Bengkel Rivai dekat kantor kecamatan Mustikajaya. Meskipun Bengkel ini kecil namun sudah ratusan motor yang diubah jadi japstyle, bomber, scrambler, caferacer semua tergantung permintaan ridernya.. berminat ni no HP bang Rivai 081908111711. Soal biaya bisa di nego langsung gan.. yang jelas “ono rego ono rupo” . Berikut reportase terhadap motor kerenn ini

IMG-20151207-WA0000

Motor ini terinpirasi oleh model japsstyle yang lagi booming beberapa tahun belakangan ini. Ini merupakan motor kesekian kalinya yang dibuat oleh bengkel tersebut.

Motor ini dilakukan perubahan hingga 50 persen dari keseluruhan bodi sehingga aura Thunder tidak akan dikenali. Jelas saja tangki bensin yang dipakai jenis tangki honda XL, jok nya pake jok roti tawar, dan bannya pakai ban swallow 212 ukuran 4 ring 18 alias pakai velg aslinya thunder 125. Dengan memakai knalpot KLX 150S tampilan buritan menjadi berotot. Dibagian dashboard tampil speedometer mini ditambah indikator gear asli punya thunder 125 yang dicustom dengan menghilangkan bagian takometer dan speedometer aslinya, sebuah ubahan minimalis dengan hasil maximal.

IMG_20151121_123500

IMG-20151207-WA0001

IMG-20151207-WA0002

Untuk lebih jelasnya apa saja yang diganti untuk mengubah Thunder menjadi Japsstyle ini silahkan lihat list dibawah ini beserta kisaran harganya:

  1. Lampu depan variasi harga kisaran Rp. 100 ribu
  2. Lampu sein sepasang depan belakang harga kisaran 100 ribu
  3. Lampu belakang japstyle punya yamaha byson harga 80 ribu
  4. Ban depan belakang seharga 350 ribu/ban ( swallow 212 ukuran 400 – 18″ )
  5. Knalpot KLX variasi japstyle seharga 350 ribu
  6. Pembuatan Sasis plus, tengki, slebor depan belakang seharga 1,2 jt.
  7. Spedometer variasi seharga 70ribu
  8. Jok habis sekitar 180 ribu.

Semua printhilan diatas dibuat dan dirakit dalam kurun waktu 2 minggu sehingga jadilah Thunder modif Japsstyle biru yang ganteng ini….

Maturnuwun

A Roasting Machine in the Seven Million Rupiah Range.

A Roasting Machine in the Seven Million Rupiah Range.

 

This roasting machine created by William Edison (28) and sold for of Rp. 7,5 million can be a doorway to new roasters or anyone who wants to learn how to roast coffee. During a Q Grader event in Bali, I was already offered by William to see how this machine worked, but due to a tight schedule, my friends and I was only able to see it demonstrated last Saturday (11 February 2012). If you’re reading this article because you’re tempted by the title alone, by now you’re probably wondering how this relatively affordable machine works.

 

With or Without Electricity.

With the capacity of one kilogram, this roasting machine is equipped with a stainless steel drum with several features, such as flame control, drum temperature indicator and coffee bean temperature indicator; using gas as its energy and electricity to drive the 125 watt dynamo. For those of you who have problems with unstable electricity source, you can rotate the drum manually as it’s equipped with a wrench. So if you’re halfway roasting and a blackout occurs, you only have to attach the lever to continue rotating the drum.

A Coffee Roasting Machine Doesn’t Need to Be Expensive.

Back when he was still pursuing his education at Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Bali (Bali Academy of Information Management and Computer Engineering),  William already worked part time as a tour guide to Kopi Bali factory (Owned by Wirawan Tjahjadi) for five years, to 2008. After finishing his degree in Computer Engineering, he worked for a Taiwanese company that specialized in exporting Toraja coffee which assigned him to travel back and forth to Toraja – one of the coffee producing regions in East Indonesia.

He became gradually interested to develop his own specialty coffee, and he started to feel the need for a roasting machine. However, he felt hesitant to purchase one – as with prices that range from tens to hundreds of million rupiah, it was a difficult decision to make. Reminded of one of his cousins who was self-employed and worked in the machinery industry in Johor, Malaysia, he proposed in creating a simple roasting machine using local materials (except for the motor) to reduce cost.

Ten Units To Produce Each Month

The first prototype was tested in the beginning of 2011, however, it needed a lot of adjustments, and the one that he finally brought home was the last modified version with a renewed design and worthy to be introduced to potential buyers.

Up to now, customers from all over Indonesia, including Takengon, Aceh, have ordered his roasting machines, and it is expected that the monthly production can reach up to 10 units. According to William, there hasn’t been any serious complaints from his buyers and overall they are pretty satisfied with the machines’ performance.

How It Works

Heating up only takes 10-15 minutes and William suggests using high-pressured gas regulator so the roasting time can last for around 20 minutes or so. Even though the drum’s stainless surface are ventilated with small pits, he guarantees that the coffee will not have direct contact with the flame, which is why he calls it the semi hot air system.

Image 1: High-pressured Gas

To make sure the roasting process takes place with the recommended time (16-20 minutes), a high-pressured gas regulator needs to be used.

 

We tested the capability of this machine, which drum has the maximum capacity of 1,2 kg. Right from the time the flame was turned on, the temperature rises up until the drum reaches 160°C within 10 minutes. Half a kilogram of raw Toraja coffee beans were placed inside the drum, which made the temperature drop to 120°C. Unfortunately, the wind was pretty strong that day, so the drum’s heating was a little bit difficult to control, due to unstable flame position. Around 18 minutes – or 2 minutes after the first crack was heard – the coffee was taken out and the color was not yet uniformed.

The next trial went on much smoother without any wind disturbance, and the roasting result looked pretty uniformed when the second crack was heard, and the coffee was taken out immediately. Unlike commercial roasting machine, there was agitator (roasting result knob), so you must cool your coffee manually. Duration: 18 minutes.

From William’s experience, it takes a bit of a learning curve to recognize the characteristics of his roasting machine, but it shouldn’t be difficult. It only takes a couple of roasting trials and it’s hoped that the users can understand the machine’s characteristic, especially when it comes to temperature adjusting.

I waited for several days to enjoy the result of the roasted Toraja coffee and I have to say that in terms of taste, it was quite satisfactory. Even more so when my fellow roasters told me that Toraja coffee is a bit tricky to roast when compared to coffee from other regions. Nevertheless, my tastebud thinks that it was a decent coffee to enjoy and I finished it to the very last drop.

Image 2: Roasting Result. As you see, for a roasting machine in the seven million range, it’s quite satisfactory. I’ve tasted the Toraja coffee roasted from this machine and frankly speaking, it’s pretty decent.

I’m glad I’ve met people like William Edison, who not only thinks about business per se, but he also thinks about the needs of future roasters, or even small coffee shop owners who probably want to roast their own coffee but are unable to, due to the highly-priced roasting machines that are currently offered. For further information, you can contact William – who resides in Bali – at 0812 36395588.

* * * *

 

Mesin roasting 7 jutaan

Mesin roasting kopi buatan William Edison  (28 tahun) yang dijual dengan harga 7.5 juta bisa jadi sebuah pintu masuk bagi para calon roaster atau siapa saja yang ingin belajar “menggoreng” kopi. Saat Q Grader berlangsung di Bali saya sudah ditawari William untuk menyaksikan cara kerja mesin ini, tapi waktu yang sempit membuat baru hari Sabtu kemarin (11/2) alat ini didemonstrasikan di depan saya dan rekan-rekan yang hadir. Anda tentu penasaran bagaimana kinerja sebuah mesin yang relatif sangat murah ini bukan ?

Dengan atau tanpa listrik

Dengan kapasitas satu kilogram, mesin roasting ini dilengkapi dengan drum yang terbuat dari stainless steel dengan beberapa fitur seperti pengatur besar kecilnya api, suhu drum dan suhu biji kopi. Menggunakan energi gas sebagai bahan bakar pemanasnya dan listrik untuk menggerakan dinamo yang hanya berdaya 125 wat. Bagi yang punya masalah dengan listrik byar-pet, drum mesin ini masih bisa terus berfungsi karena disediakan engkol untuk memutar drum. Jadi walau listrik mati saat roasting baru setengah jalan, pengguna hanya tinggal memasukan tuas untuk melanjutkan memutar drum.

Mesin roasting tak harus mahal

Dulunya saat kuliah di STIKOM Bali, ia magang sebagai pemandu tur di pabrik Kopi Bali milik Wirawan Tjahjadi selama lima tahun hingga 2008. Setelah menamatkan kuliahnya dibidang komputer ia bekerja pada perusahaan Taiwan yang khusus mengekspor kopi Toraja dan mengakibatkan ia harus pulang pergi ke wilayah penghasil kopi di Timur Indonesia ini.

Lalu secara perlahan mulai tertarik mengembangkan specialty coffee secara mandiri, dan mulai merasakan kebutuhan akan adanya alat untuk roasting. Tapi harga mesin roasting yang puluhan hingga ratusan juta membuatnya berpikir dua kali untuk memiliki alat tersebut. Teringat dengan salah satu saudaranya yang bekerja pada sebuah industri rumahan  dibidang permesinan di Johor Malaysia.  Ia menawarkannya untuk membuat alat roasting sederhana dengan bahan dari dalam negeri kecuali motor untuk menekan harga.

Produksi hingga 10 unit per bulan

Prototip pertamanya mulai dicoba di awal tahun 2011, namun perlu berbagai penyempurnaan dan yang di bawanya ke rumah adalah versi terakhir dengan desain yang sudah diperbaharui dan layak diperkenalkan kepada publik kopi tanah air.

Saat ini sudah beberapa pelanggan yang memesan mesin roasting-nya hingga ke Takengon, Aceh dan diharapkan produksi bulanan bisa mencapai 10 unit. Menurut William sejauh ini belum ada keluhan yang berarti dari para pembeli mesin roasting-nya yang cukup puas dnegan kinerja mesin ini.

Cara kerjanya

Pemanasan hanya sekitar 10-15 menit saja dan William menyarankan untuk menggunakan regulator gas tekanan tinggi hingga waktu roasting bisa sekitar 20 menitan. Walaupun drum berupa stainles yang permukaannya bolong-bolong kecil, William menjamin bahwa kopi tidak akan bersentuhan langsung dengan api hingga ia menyebut sistemnya sebagai semi hot air.

Kami lalu mencoba kemampuan mesin ini yang kapasitas maksimal drum-nya bisa menampung hingga 1,2 kilogram. Sejak api mulai dinyalakan, temperatur perlahan naik hingga suhu di drum mencapai 160 derajat celsius dalam waktu 10 menit. Setengah kilogram kopi Toraja dimasukan ke dalam drum yang membuat suhu turun kembali ke angka 120 derajat. Sayang angin bertiup cukup kencang saat itu sehingga panas drum agar sukar dikendalikan karena posisi api yang tidak stabil. Sekitar 18 menit atau dua menit setelah crack pertama kopi dikeluarkan  dengan warna yang masih belum seragam.

Tapi percobaan kedua dan selanjutnya tanpa gangguan angin, hasil roasting sudah terlihat rata saat crack kedua mulai terjadi kopi langsung dikeluarkan. Tentu tidak ada agitator atau pemutar hasil roasting seperti pada mesin komersial, jadi Anda harus mendinginkan kopi secara manual. Waktu : 18 menit.

Dari pengalaman William, perlu sedikit learning curve agar bisa mengenali tindak tanduk mesin roasting-nya, tapi itu tidaklah terlalu lama. Hanya beberapa kali melakukan roasting diharapkan pengguna sudah memahami karakter mesin terutama dalam hal pengaturan temperatur-nya.

Saya menunggu beberapa hari agar bisa menikmati hasil roasting kopi Toraja hasil dari mesin ini dan perlu saya katakan bahwa rasanya sudah sangat memadai. Apalagi menurut beberapa rekan roaster, kopi Toraja sedikit tricky saat di roasting di banding kopi dari daerah lain. Baiklah, tapi menurut lidah saya kopinya sudah layak untuk dinikmati dan saya sudah menghabiskannya.

Catatan : Temperatur biji kopi adalah optional. 

Saya senang bertemu dengan orang-orang seperti William Edison, yang bukan hanya berpikir untuk kepentingan bisnis semata. Tapi ia juga mencoba memenuhi kebutuhan para calon roaster atau bahkan pemilik kedai kopi yang ingin menggoreng kopinya sendiri dengan banderol harga yang cukup terjangkau.

Bila Anda tertarik untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, William yang berdomisili di Bali bisa dihubungi di nomor : 0812 36395588.

Catatan : Terima kasih buat Willy SIdewalk Coffee yang telah merekomendasikan dan meminta saya untuk mencoba sendiri mesin roasting ini :)

sumber : http://www.cikopi.com/2012/02/mesin-roasting-7-jutaan/

Ma Icih : Snack Paling HOT dari Bandung

Ma Icih : Snack Paling HOT dari Bandung

Bandung,review,Bandungreview

Wahai anak muda Bandung, apakah kamu mengaku pecinta kuliner yang super pedas dan dapat membuka matamu lebar-lebar? Artinya kamu wajib banget kenalan sama satu brand keripik pedas yang lagi hip banget di kalangan anak muda kota kembang ini, kawans! Namanya tidak lain dan tidak bukan adalah Ma Icih, keripik singkong dengan bumbu racikan yang pedas luar biasa – bahkan ada tingkat-tingkat kepedasan tersendiri – berhiaskan bungkus plastik dengan gambar grafis ala Ma Icih, digambarkan sebagai seorang wanita dengan style jadul banget. Konon katanya nggak gaul kalau nggak kenal sama keripik Ma Icih ini lho! Gimana ceritanya ya sampai Ma Icih ini terbentuk ke muka bumi, kawan-kawan?

Berawal dari pertemuan Axl – sang pemilik dari brand keripik pedas yang satu ini – dengan seorang ibu paruh baya yang biasa dipanggil Mak Elang, seorang pencipta keripik pedas dengan racikan yang super maknyus, pada tahun 2008. Keripik pedas tak bernama tersebut ternyata hanya dijual pada saat-saat tertentu dalam kuantitas yang cukup sedikit pula. Timbul lah ide brilian Axl untuk mencoba memasarkannya pada tahun 2010. Axl yang mengaku telah mendalami berbagai macam jenis bisnis dan sudah mengecap manis pahitnya menjadi seorang wirausahawan ini, ternyata memulai usaha Ma Icih ini dari nol. “Inget banget dulu kayanya dipandang sebelah mata saat saya bawa-bawa keripik Ma Icih yang waktu itu masih terbungkus plastik polos,” ujar Axl mengungkapkan masa lalunya bersama Ma Icih. Yaps, ternyata ia sanggup menepis segala anggapan sebelah mata tersebut, terbukti banget apalagi saat melihat omset Ma Icih yang terjual sekitar 2000 bungkus per hari. Waaw!

“Ma Icih terkenal dari Twitter sebenernya, para distributor yang disebut dengan Jendral Ma Icih ini lah yang membantu saya memasarkan keripik Ma Icih ini,” ujar Axl kembali. Ya, dengan cara pemasaran dari mulut ke mulut, para penggemar kuliner – apalagi anak muda – pasti sangat penasaran sama yang namanya Ma Icih. Lucunya lagi, Ma Icih ini tidak dipasarkan di spot-spot kuliner seperti brand keripik lainnya, tetapi malah didistribusikan melalui para Jendral Ma Icih – julukan gaul bagi para distributor Ma Icih – yang beredar di seantero kota Bandung bahkan tempat nongkrong anak muda seperti sebuah toko buku di Jalan Raden Patah (dekat Dipati Ukur). Meskipun kompetitornya sudah sangat banyak bertebaran di kota Bandung, tapi Ma Icih memang sudah menjadi bagian dari tren kuliner anak muda kota Bandung.

Ditanya tentang rencananya di masa mendatang, Axl mengungkapkan bahwa Ma Icih tidak hanya sekedar mengeluarkan level pedas baru atau produk cemilan baru, namun ia pun ingin mendirikan sebuah tempat makan yang unik, dengan Ma Icih sebagai ikonnya. Wah, patut ditunggu, nih! Bisa jadi kita jadi pelanggan setia di sana, hehehehe.

Dan sekedar informasi nih, ternyata di balik rasanya yang sangat maknyus, bertebarkan racikan-racikan rahasia ala Ma Icih, dan juga gurihnya sang keripik saat mengenai dinding mulut, Ma Icih pun mengandung suatu zat yang baik untuk jantung dan detoksifikasi. Takut sakit perut setelah menyantap keripik dengan racikan bumbu pedas dan khas ini? Jangan takut kawan, soalnya Axl pun membagi tips seru menyantap Ma Icihnya pada kami. “Pelan-pelan aja makan Ma Icihnya, ga usah terburu-buru, sama jangan minum terlalu banyak.Kalo ngerasa kepedesan, mending diemut aja rasa pedesnya daripada minum air putih, biar sang lada langsung larut dengan cairan enzim.”

FYI pembaca, rasa pedesnya yang super nampol ini juara banget dan akan membuat lidahmu ketagihan sampai seringkali merasa kurang bila sehari tidak menyantap keripik Ma Icih ini. Paling oke memang menyantap Ma Icih bareng makanan sehari-hari, apalagi sate Padang, mie rebus dan nasi kebuli. Hmm! Maknyus abis gak tuh pembaca? Psst.. sekedar bocoran nih, selain keripik pedas, Ma Icih pun sekarang mulai memperdagangkan basreng (baso goreng) dan gurilem pedas juga yang nggak kalah lezat lho! Ah, makin penasaran kan kaya apa sih keripik Ma Icih yang kabarnya sih udah terkenal sampai ke luar kota – seperti Jakarta, Bekasi, Sukabumi dan bahkan Malaysia? Pengen tahu dimanakah Ma Icih dan para jenderal berada? Makanya simak terus timeline mereka via Twitter di @infomaicih, jadi kamu juga bisa langsung beranjak berburu sang pikset gaul yang satu ini, pembaca! (CS)

Tags : Jajanan Bandung, Kuliner Bandung, Ma Icih

http://bandungreview.com/id/articles/index/detail/node/ma-icih-snack-paling-hot-dari-bandung-373

Toyota Kijang Innova Facelift, Menggoda di Jalanan Jakarta

Toyota Kijang Innova Facelift, Menggoda di Jalanan Jakarta

Jakarta – Toyota Astra Motor memang masih bungkam soal senjata-senjata barunya yang akan diluncurkan tahun ini, tapi penampakan produknya berbicara lain. Rumor sebelumnya, Kijang Innova sudah disiapkan ‘penyegarannya’. Benar saja, sosoknya pun tertangkap kamera.

Memang secara keseluruhan, sekilas tidak ada yang berbeda, namun meski pencahayaan malam yang remang di kawasan Jakarta, desain baru pada lampu depan dan belakangnya terlihat mencolok.

Terutama lampu depan yang kini terlihat lebih elegan dengan motif bergaris pada sisinya. Begitupun pada lampu belakang, konfigurasinya berubah. Sayang, kombinasi merah putih merahnya tidak membuat Innova facelift ini jadi istimewa dari belakang.

Desain bumper pun berubah, dan terlihat ada airflow ditengahnya, yang dipertegas dengan rombakan desain pada foglamp yang menyiku, membuat tampilan MPV berslogan ‘memang tiada duanya’ ini tampil makin modis.

Sayangnya, Toyota Astra Motor belum mau memberikan rinciannya lebih lanjut. Padahal, selain Innova, beberapa produk juga siap disegarkan, sebut saja Avanza, Fortuner, Altis, juga Camry.

Jakarta – Mobil MPV andalan Toyota yang satu ini memang selalu ditunggu-tunggu. Apalagi ketika rumor kedatangan versi facelift sudah santer sejak lama. Nah, PT Toyota Astra Motor pun mengkonfirmasi kehadirannya di bulan Juli 2011 ini.

Toyota Astra Motor akan memanfaatkan pameran Indonesia International Motor Show 2011 sebagai tempat perdana kemuncula Kijang Innova facelift. “Insya Allah saat IIMS nanti sudah diluncurkan,” ungkap GM Marketing Planing Customer Relation Division PT TAM, Widyawati Soedigdo.

Memang, Widya masih belum bisa menjanjikan kepastian tersebut, apalagi mengingat efek dari bencana Jepang yang masih terasa hingga kini. “Makanya, kalau impact bencana Jepang sudah teratasi, Innova bisa segera kita luncurkan,” tegas Widya.

Tidak banyak perubahan mencolok pada Kijang Innova yang sudah disegarkan ini. Paling kentara lampu depan dan belakangnya sudah mengalami permakan dengan desain baru, jadi lebih elegan dan mewah dari sebelumnya.

Sementara jeroan kabinnya, Widya masih belum mau memberikan rinciannya lebih lanjut. “Nanti sajalah, kita ada press converence tersendiri khusus untuk Innova facelift, sabar ya,” pintanya. (mobil.otomotifnet.com)

Info Gress Toyota Avanza Model Baru Hadir November 2011

Info Gress

Toyota Avanza Model Baru Hadir November 2011

Jakarta – Kalau kakaknya Toyota Kijang Innova facelift diluncurkan saat IIMS 2011 di bulan Juli mendatang, maka Avanza model baru akan hadir di akhir tahun 2011 ini, tepatnya di bulan November 2011. Penasaran?

Nantinya, sosok Avanza terbaru ini adalah benar-benar full model change, dan bukan sebatas facelift saja. Meski sampai saat ini bagaimana sosoknya belum juga bisa diketahui.

Sayang, Toyota Astra Motor masih benar-benar menutup rapat sosok MPV terlaris di Indonesia ini. “Kita belum bisa katakan sekarang, pokoknya semuanya sedang disiapkan, tahun ini Avanza model baru akan diluncurkan,” buka Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan.

“Atau kalau masih penasaran, coba saja tanyakan Daihatsu, kan Avanza diproduksi oleh Daihatsu,” ujar GM Marketing Planing Customer Relation Division PT TAM, Widyawati Soedigdo.

Maka, Linda Fatimah, Media Communication Astra Daihatsu Motor, akhirnya bersedia menjawabnya. “Avanza-Xenia terbaru rencananya di bulan November ini, mudah-mudahan tidak ada halangan,” ungkapnya.

Tuh kan, bersabar sedikit ya biar bisa membawa pulang Avanza model baru ke garasi rumah anda! (mobil.otomotifnet.com)

Tidak Dilayani McDonald, Pindah ke KFC

Tidak Dilayani McDonald, Pindah ke KFC

Kamis, 26 Mei 2011 | 08:13 WIB

Debbie Murden

TEMPO Interaktif, Derbyshire – Kebijakan kaku sebuah restoran kadang membuat pelanggan pindah haluan. Seperti yang terjadi di Alfreton, Debyshire, Inggris. Hanya gara-gara memakai kereta kuda, pelayan restoran cepat saji menolak melayani Debbie Murden dan pacarnya, Ashley Macro.

Siang itu, keduanya berkendara dari rumah Debbie di kawasan Pinxton. Jaraknya beberapa kilometer dari McDonald. Mereka bermaksud membeli makan siang, termasuk wortel untuk kuda.

Sesampainya di layanan “tanpa turun”, pelayan McDonald menolak dengan alasan kesehatan dan keamanan. Jaringan restoran ini memang menolak layanan ‘”tanpa turun” bagi konsumen yang naik kuda atau kereta kuda.

Tentu saja perempuan lajang itu kecewa karena dua pekan sebelumnya ia juga datang ke sana dan dilayani dengan baik. “Ini sebuah kejutan bagi saya karena saya tidak pernah ditolak,” kata Debby seraya menambahkan ia juga sering masuk ke pub atau restoran lain.

Lantas mereka membeli makan di pesaing McDonald, yakni Kentucky Fried Chicken (KFC) yang letaknya tidak begitu jauh dari sana. Pilihan Debbie tak salah. Ia dilayani dengan baik dan bisa kembali lagi kapan saja. “Kami senang melayani Nona Debby dan siap menerima kapan saja,” ujar seorang juru bicara KFC.

Perlakuan McDonald itu rupanya membuat Debbie sakit hati. Ia pun bersumpah baru mau balik ke McDonald jika mereka minta maaf. “Namun, mulai sekarang saya akan menjadi pelanggan KFC,” ujarnya.

Namun, tampaknya, ia bakal terus menjadi pelanggan KFC lantaran McDonald tetap pada pendirian mereka. “Kami akan memastikan kebijakan ini dipahami semua karyawan, sehingga inkonsistensi terhindar,” kata seorang juru bicara McDonald.

DAILY MAIL/FAISAL ASSEGAF

http://tempointeraktif.com/hg/eropa/2011/05/26/brk,20110526-336835,id.html

Apakah kilapan emas mulai memudar?

Apakah kilapan emas mulai memudar?

Gold was not selected arbitrarily by governments to be the monetary standard.  Gold had developed for many centuries on the free market as the best money; as the commodity providing the most stable and desirable monetary medium.”

-Murray N. Rothbard-

Emas naik dalam rangkaian empat harinya berturut-turut Senin lalu dan mencapai rekor tertingginya pada US$1,575.79/toz, seiring pelemahan dolar AS dan maraknya demonstrasi di negara pengekspor minyak yang meningkatkan daya tarik emas sebagai mekanisme lindung nilai terhadap inflasi.  Kombinasi antara kebijakan moneter yang sangat longgar oleh sejumlah bank sentral, kekhawatiran kondisi hutang zona euro dan kerusuhan politik di Afrika Utara dan Timur Tengah telah menjadi faktor pendorong utama bagi laju kenaikan emas selama 3 bulan terakhir.

US dollar ternyata berhasil bangkit kembali

“Is it any wonder that gold is the traditional gift for the rare accomplishment of a couple’s 50th wedding anniversary? On the other hand, the couple that reaches the easily attainable one year anniversary gets to celebrate with the gift of, you guessed it, paper.”

-Darren C. Pollock, prudentbear.com-

Dari awal tahun ini, shorting atau menjual dolar AS adalah salah satu transaksi yang paling menguntungkan.  The U.S. dollar index misalnya, yang merupakan sebuah perhitungan tertimbang dari dolar AS lawan suatu keranjang yang terdiri atas beberapa mata uang, turun lebih dari 10% sejak bulan Januari 2011.

Untuk traders transaksi tersebut mudah sekali menyusul US dollar memang berada di bawah trend line terus, yang ditunjukkan oleh garis turun yang terputus-putus (lihat grafik diatas ini).  Namun apa yang akan terjadi jika dolar AS naik lagi?  Yang jelas banyak short positions atau posisi jual perlu dilikuidasi, yang akan menyebabkan a short squeeze, sebuah rally dari US dollar, dan penjualan komoditas secara besar-besaran.

Seperti saya katakan dalam artikel pekan lalu, “… setiap saat bisa terjadi sebuah pembalikan tren secara tidak terduga, yang memecahkan downtrend line yang terbentuk di grafik harian.  Maka hati-hati apabila Anda masih berminat untuk menjual US dollar …”  Dan itulah yang kita saksikan pada dua hari perdagangan terakhir.

Grafik harian yang saya tampilkan diatas dibuat pada hari Jumat sore, sebelum dolar AS melejit seperti roket hari Sabtu dini hari.  Tetapi saya dapat memastikan bahwa downtrend line sudah pecah karena the U.S. dollar index ditutup pada 74.914, dan dengan demikian melampaui resistance yang berada di 74.776.

Selain itu, MACD (Moving Average Convergence-Divergence) pun telah memberikan sinyal untuk beli maupun menunjukkan sebuah bullish divergence, baik MACD lines dan histogram-nya.  Maka kemungkinan besar dolar AS akan melanjutkan rebound dalam beberapa pekan (atau bahkan bulan) kedepan setelah kondisinya sudah sangat jenuh jual.

Apa implikasi terhadap emas?

“Gold is the money of kings; silver is the money of gentlemen; barter is the money of peasants; but debt is the money of slaves.”

-Norm Franz-

Rebound US dollar tersebut berpotensi menekan harga emas secara signifikan karena ada korelasi negatif atau terbalik antara komoditas – termasuk emas – dan dolar AS.  Disamping itu, koreksi di bursa komoditas juga dipicu oleh rasa khawatir para investor terhadap laju pemulihan ekonomi global dan pengetatan moneter di Cina, yang merupakan konsumen terbesar bahan baku dunia.

Sekali lagi saya ingin mengutip dari artikel yang saya menulis pekan yang lalu untuk menggambarkan kondisi teknikal terkini bagi emas: “… bisa saja bahwa spekulasi yang berlebihan mengakibatkan harga emas terus melaju dan membentuk sebuah spike atau blowoff top.”  Pada akhirnya pola tersebut langsung tercipta hari Senin tanggal 2 Mei, seperti dapat Anda lihat pada grafik diatas ini.

Setelah emas mencetak sebuah dark cloud atau awan gelap, harganya turun dengan cepat dan menuju ke trend line yang telah bertahan sejak awal Februari.  Pekan ini akan menjadi sangat menarik sebab kita bisa menyaksikan bersama-sama apakah uptrend ini masih akan berlanjut, atau trend line malahan ditembus dan harga emas terkoreksi secara signifikan.

Time to sell!

Dengan US dollar yang baru saja mampu memecahkan downtrend line-nya dan emas yang membentuk sebuah bearish engulfing pada weekly chart (lihat grafik dibawah ini), sekarang saatnya untuk menjual emas.  Lalu penyelesaian 5 waves atau gelombang besar yang terhitung dari level terendahnya di tahun 2008 seharusnya diikuti oleh suatu periode konsolidasi yang lumayan panjang.

Selebihnya MACD histogram pun membuktikan bahwa momentum sudah melemah, yang ditunjukkan oleh panah kecil berwarna ungu, dan MACD lines akan segera berpotongan ke bawah.  Oleh karena itu, koreksi pada dasarnya baru saja dimulai …

Berapa besar penurunan harga emas ke depan?

“Just about anything you buy, rather than paper, is better. You’re bound to come out ahead, in the long pull.  If you don’t like gold, use silver, or diamonds or copper, but something.  Any damn fool can run a printing press.”

-Nelson Bunker Hunt-

Sebelum gerakan maju dengan 5 gelombang besar ini, terjadi suatu koreksi yang besar dari bulan Juni hingga Oktober 2008, dimana harga emas turun dari US$990/toz ke US$680/toz.  Berarti harga emas anjlok sebesar US$310/toz atau sekitar 31% hanya dalam 4 bulan.  Namun kita tidak bisa menggunakan koreksi pada tahun 2008 sebagai sebuah patokan, sebab ketika itu ekonomi global mengalami resesi yang dalam.

Dengan pertimbangan bahwa pertumbuhan ekonomi tetap akan positif di negara maju (kecuali Jepang pada kuartal kedua ini), saya menetapkan target koreksi antara US$1,233/toz dan US$1,364/toz, yang masing-masing merupakan fibonacci retracement sebesar 38,2% dan 23,6%.  Jadi dari harga penutupan pada hari Jumat lalu di US$1,491.80/toz, harga emas masih berpeluang turun lebih dari US$200/toz.

Kesimpulan

“It’s not the gold price we should be worrying about, it’s how many ounces we own because the money is being destroyed.  Who knows what the nominal price will be, all I know is it’s going to be a lot higher.”

-John Embry, Chief Investment Strategist at Sprott Asset Management-

Kemungkinan besar pasar emas akan dilanda tekanan yang sungguh kuat, dan level tertingginya di sepanjang sejarah pada US$1,575.79/toz rupanya akan bertahan selama beberapa bulan kedepan.  Suatu koreksi yang serius dapat menurunkan harga emas dengan 10%, 20%, atau siapa tahu … sebesar 30%.

Meskipun demikian tren utama emas tetap utuh, tetapi pasar yang terkuat sekalipun kadang-kadang perlu berhenti untuk beristirahat sejenak.  Dengan kata lain, apabila Anda ketinggalan rally sebelumnya, jangan lupa memanfaatkan koreksi yang dalam untuk nanti membeli emas di harga yang lebih murah karena ini benar-benar sebuah hadiah.

http://nicoomer.blog.kontan.co.id/2011/05/09/apakah-kilapan-emas-mulai-memudar/