Belajar Jadi Developer Properti! Yuk!

Belajar Bisnis Properti! Yuk!

Apa yang ada dalam benak anda tentang bisnis properti?

Modal besar?

Urusan birokrasi yang rumit?

Alur kerja yang njelimet?

Pemasaran yang fantastis?

Atau menjadi broker atau RCTI (Rombongan Calo Tanah Indonesia; hehehe, gak apa-apa yang penting halal)?

Boleh-boleh saja dan sah-sah saja. Tapi tips berikut akan merubah pola pikir anda! Baca dengan teliti dan simak baik-baik…

Think Big, Start Small, Act Now

Entah siapa yang memopulerkan kata-kata tersebut di atas. Tapi bagi saya, susunan kata tersebut memberi energi positif yang sangat besar. Untuk memulai bisnis properti memang dibutuhkan pemikiran yang besar, namun kadang kita terjebak bahwa pemikiran besar kita membutuhkan usaha yang besar pula. Sungguh tidak!

Runtutan berikut ini akan memberikan gambaran kepada anda bahwa untuk berbisnis properti sangat bisa dimulai dari hal yang kecil. Menjadi broker misalnya. Tapi keuntungan anda tidak seberapa. Bagaimana kalau saya berikan tips untuk menjadi developer / pengembangan perumahan dalam skala kecil. Empat, lima, enam rumah, bahkan satu rumah pun bisa menjadikan dan menghantarkan anda menjadi developer kelas wahid. Ingat cukup satu rumah! Namun untuk mewujudkan impian besar anda, jangan hanya berhenti di satu rumah saja. Fokus dan kontinuitas sangat dibutuhkan di sini.

Dengan anda membidik perumahan kecil, anda tidak akan berhubungan dengan birokrasi perijinan yang rumit. Di beberapa daerah batasannya berbeda-beda. Biasanya di atas 4 kapling, anda sudah wajib menempuh perijinan mulai dari fatwa lahan sampai dengan ijin lokasi. Sedangkan maksimal 4 kapling, anda cukup mengajukan Ijin Mendirikan Bangunan atau IMB. Ini akan menekan jumlah modal yang musti anda keluarkan.

Modal Tidak Harus Besar

Modal! Ya! Modal tidak harus besar. Syukur-syukur anda sudah memiliki tanah kapling yang siap bangun. Entah itu milik orang tua anda, sahabat anda atau orang lain yang mau bekerjasama dengan anda. Anda tidak perlu membeli kapling siap bangun kan ?! Tinggal buka koran, cari iklan baris bertajuk TANAH DIJUAL, telepon dan sampaikan tujuan anda. Singkat cerita, anda sudah “memiliki” kapling siap bangun.

Untuk membangun rumahnya dengan uang siapa? Gampang. Jangan kalah akal. Apabila tanah sudah dikuasai, anda tinggal pasarkan berikut desain rumahnya. Tetapkan saja uang muka penjualan sebesar 30% dari harga jual. Itu sudah mencukupi modal anda untuk membangun rumah.

Logikanya dari mana? Begini, misal anggaran pembangunan rumah adalah 2 juta/m2. Misal anda menjual tipe 45 m2, sehingga total biaya bangunan adalah 90juta. Harga jual tipe 45 misalnya 250 juta. Artinya 30% dari 250 juta adalah 75 juta. Artinya 75juta adalah 83,33% dari 90juta. Are we going to play a hard cash? Oh no… jelas tidak. Manfaatkan tenaga kontraktor sehingga kita bisa membayar kontraktor dengan progress. Kekurangan pembayaran bisa kita cadangkan dari pencairan KPR yang sebesar 175juta.

Think! Bagaimana jika kontraktor bersedia dibayar turn key, sampai dengan serah terima kunci, sang kontraktor baru menerima pembayaran? Artinya 75juta adalah MURNI UANG ANDA! Kontraktor dibayar dengan pencairan KPR yang bisa kita siasati dengan apa yang biasa disebut STANDING INSTRUCTION atau instruksi pencairan KPR dimana menyebutkan sejumlah dana untuk ditransfer ke rekening kita dan kontraktor.

Desain rumahnya dari mana? Itu mah gampang. Anda tinggal browsing di internet atau mengkoleksi brosur perumahan yang memang laku keras, anda tinggal pilih dan tentukan yang sesuai dengan tanah anda. Jika anda memiliki kepiawaian menggunakan program desain, anda bisa kerjakan sendiri. Atau anda tinggal bayar konsultan. Selesai!

Perhitungan Sederhana

Ingat, kita adalah developer kecil-kecilan. Perhitungannya pun sederhana sekali. Misal tanah seluas 100 m2 dihargai 300ribu/m2. Sehingga harga tanah adalah 30 juta. Bangunan tipe 45 seperti hitungan di atas adalah 90 juta. Artinya modal anda adalah 120 juta. Survey harga rumah yang setipe dengan rumah anda. Misal harga tipe 45 di sekitar lokasi anda adalah sebesar 300 juta. Logika sederhana, jika anda menjual rumah anda dengan harga 250 juta laku tidak? Keuntungan anda kotor anda adalah 130 juta bukan?

Jika anda memodali seluruhnya yakni sebesar 120 juta artinya anda mempunyai keuntungan kotor 108,33%. Padahal konsumen memodali anda 75 juta (ingat uang muka), artinya anda hanya memodali 45juta yang artinya anda mempunyai keuntungan kotor 288% dari modal anda. Padahal tanah yang anda kuasai adalah tanah kerjasama dengan sahabat anda seharga 30juta (ingat harga tanah), artinya modal anda cukup 15juta, artinya keuntungan kotor anda 866,67%. Nabung dimana dengan 15 juta bisa menghasilkan 866,67%? Fantastis kan?

Padahal (lagi) kekurangan anda sebesar 15 juta untuk pembayaran kontraktor akan anda bebankan dalam pencairan KPR, artinya modal anda 0 rupiah!!! Ehmm yang ini sedikit tidak masuk akal. Walau bagaimanapun, anda pasti akan keluar modal, tapi semangatnya adalah MODAL TIDAK HARUS BESAR!

Alur Kerja Mudah

Alur kerja ini bisa dipahami jika anda mengetahui siapa stake holder anda. Anda akan berhubungan dengan pemilik tanah, kontraktor, konsumen, rekanan bank, dan birokrasi. Sebagian besar sebenarnya sudah terbaca dari tulisan-tulisan di atas. Saya singkat sebagai berikut :

Pemilik tanah – Pemasaran – Kontraktor — Perbankan

Dengan pemilik tanah, anda musti mempersiapkan perjanjian perikatan jual beli (notaril bila diperlukan). Ini adalah langkah awal. Langkah kedua adalah memasarkan produk anda. Anda bisa memasarkan dengan brosur, iklan di media massa atau mailing list. Jika terjadi kesepakatan dengan pembeli, anda musti mempersiapkan perjanjian perikatan dengan pembeli / konsumen.

Rangkaian pemasaran selain perjanjian dengan konsumen adalah penagihan uang muka, persetujuan desain rumah dan proses persyaratan KPR (kredit pemilikan rumah) di bank.

Apabila sudah terpenuhi, maka anda musti mengundang kontraktor yang akan membangun. Perjanjian dengan kontraktor juga musti dibuat. Biasanya termaktub di dalamnya adalah gambar kerja, spesifikasi bangunan, harga kontrak pembangunan, cara pembayaran, jangka waktu pembangunan dan target pembangunan.

Setelah rumah selesai 100%, anda bisa memproses pencairan KPR di bank. Di sinilah anda musti mempersiapkan legalitas dengan konsumen, legalitas rumah yakni dengan proses jual beli di notaris, berikut juga IMB.

State Mission, Fokus dan Kerja Cerdas

State mission sebenarnya adalah kalimat yang menggugah pertama kali yakni Think Big. Berpikir besar! Tujuan anda tentunya tidak hanya berhenti dengan menjual 1 rumah saja bukan. Hanya dengan menjual 1 unit rumah SAJA belum tentu akan membuat anda bisa mapan.

Jadi tetapkan tujuan anda, misalnya tujuan anda adalah mendapatkan pasive income dari properti. Sungguh, bukan hal mustahil. Dengan keuntungan 1 unit rumah, anda sudah bisa membeli 1 aset rumah kelas RSS dan anda bisa mendapatkan passive income dengan menyewakan rumah tersebut.

Atau tujuan anda misalnya menjadi developer perumahan terbesar di kota anda. Maka jadikanlah bisnis kecil anda ini adalah kurva belajar menuju sesuatu yang anda cita-citakan.

Atau anda ingin mendapatkan passive income dengan mengikuti bisnis properti berjaringan. Anda tinggal taruh keuntungan anda tersebut dalam bisnis properti berjaringan, sembari terlibat dalam operasional yang tentunya akan meningkatkan kemampuan anda berbisnis properti. Tujuan ini juga tidak mustahil.

Artinya anda memang harus fokus dan bekerja cerdas agar state mission yang sudah anda cita-citakan sejak awal akan terwujud.

Demikian sekelumit ilmu yang ingin saya sampaikan kepada semua. Tentu ini tulisan ini sangat terbatas, namun saya bersedia untuk berdiskusi panjang di YM : aryodiponegoro. Jika anda memang benar-benar berminat, silahkan bergabung dengan milist YukBisnisProperti@yahoogroups.com dengan mengirimkan email kosong ke YukBisnisProperti-subscribe@yahoogroups.com atau klik link berikut FeedBurner untuk mendapatkan RSS Feed dari blog ini.

Selamat, anda telah menjadi pengusaha properti! Salam!

penulis : aryodiponegoro

About these ads

93 Tanggapan

  1. ilmu baru, asyik juga

  2. sore pak,
    ngomong2 sekitar belajar jd developer,.,apakah bapak inigin mengethui lebih dalam tentang bisnis ini??

    kebetulan saya bekerja sebagai staff “School of Property” do you know PANANGIAN SCHOOL OF PROPERTY????

    u/ lebih jelas bapak bisa website kami di. http://www.panangian.com/
    atau bisa hub saya di e-mail & friendster saya : “sweet_dhien86@yahoo.com”

    • Saya sangat kepingin jadi deplover,dan ini impian saya sejak remaja….tapi saya tdk tau dari mana saya harus memulai…adakah kursus/pelatihan yg bpk selenggarakan yg bisa saya ikuti?

      • Saya ada e-book panduannya untuk jadi developer, hub ke propertype@gmail.com

      • DEVELOPER PROPERTY
        SIAPA BILANG JADI DEVELOPER PROPERTY MAHAL.SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI.DARI HASIL IKUT PELATIHAN seharga Rp12jtan.Saya bisa punya projek perumahan diatas tanah seluas 2h.hanya dg modal 10jtan
        ANDA MAU ?? SAYA BAGIKAN ILMUNYA DLM BENTUK CD DG MATERY sbb:
        BAB I EVALUASI KOMPETITOR
        BAB II ANALISA PENILAIAN TANAH
        BAB III PERIJINAN PERUMAHAN
        BAB IV PEMBAYARAN TANAH DAN PROSES NEGOSIASI.
        BAB V STUDI KELAYAKAN PROYEK
        BAB VI PROMOSI
        BAB VII MEMBANGUN KERJA SAMA DENGAN BANK
        BAB VIII PENJUALAN
        BAB IX PERJANJIAN JUAL BELI
        BAB X PROSES PRODUKSI/PEMBANGUNAN
        BAB XI PENGENDALIAN KUALITAS
        BAB XII SISTEM PEMBIAYAAN KEPADA SUB KONTRAKTOR
        BAB XIII SERAH TERIMA RUMAH
        BAB XIV MANAJEMEN KEUANGAN PENGEMBANG
        -BONUS CD KALKULATOR AJAIB AKUNTING,HPP sebelum proses dil tanah.
        Semua ilmu tersebut saya jual cukup hanya Rp300rb termasuk ongkir. yang penting anda harus AKTION.
        PESAN SMS 081952877334
        ASAL SERIUS & AKTION!!

    • mau.. mau… jadi developer property.

  3. oia,
    untuk Informasi & Pendaftaran :

    BBD PLAZA N0. 61
    Jakarta 10310
    Telp : 021 . 3908308, 3908288
    Fax : 021 . 3103771, 2303987

    Up : Marketing Executive ( Dina )
    sweet_dhien86@yahoo.com
    dinamariama@gmail.com

  4. Dear Pak Aryo,
    Ilmu yang Bapak tulis (posting), ilmu yang sangat ingin saya pelajari.
    Cita-cita saya memiliki SOR Futsal, mohon bantuannya (saran-saran)

  5. suatu ilmu yang sangat membantu…trims om!

  6. boleh dicoba nanti

  7. benar-benar mbuka pemikiran saya, terlihat begitu mudah dan real

  8. mohon diperinci ttg birokrasi pak, krn saat ini sy sdh melawati tahap pemilik tanah dan kontraktor, tinggal penentuan harga lalu pemasaran, saya kira saya perlu petunjuk lebih lengkap mengenai apa itu IMB, BPHTB dsb
    thx b4

    • DEVELOPER PROPERTY
      SIAPA BILANG JADI DEVELOPER PROPERTY MAHAL.SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI.DARI HASIL IKUT PELATIHAN seharga Rp12jtan.Saya bisa punya projek perumahan diatas tanah seluas 2h.hanya dg modal 10jtan
      ANDA MAU ?? SAYA BAGIKAN ILMUNYA DLM BENTUK CD DG MATERY sbb:
      BAB I EVALUASI KOMPETITOR
      BAB II ANALISA PENILAIAN TANAH
      BAB III PERIJINAN PERUMAHAN
      BAB IV PEMBAYARAN TANAH DAN PROSES NEGOSIASI.
      BAB V STUDI KELAYAKAN PROYEK
      BAB VI PROMOSI
      BAB VII MEMBANGUN KERJA SAMA DENGAN BANK
      BAB VIII PENJUALAN
      BAB IX PERJANJIAN JUAL BELI
      BAB X PROSES PRODUKSI/PEMBANGUNAN
      BAB XI PENGENDALIAN KUALITAS
      BAB XII SISTEM PEMBIAYAAN KEPADA SUB KONTRAKTOR
      BAB XIII SERAH TERIMA RUMAH
      BAB XIV MANAJEMEN KEUANGAN PENGEMBANG
      -BONUS CD KALKULATOR AJAIB AKUNTING,HPP sebelum proses dil tanah.
      Semua ilmu tersebut saya jual cukup hanya Rp300rb termasuk ongkir. yang penting anda harus AKTION.
      PESAN SMS 081952877334
      ASAL SERIUS & AKTION

  9. luar biasa … amazing … hanya itu yang ada di benak saya saat ini … its time to do … bisa

  10. tolong saya di beri informasi seputar ijin kelengkapan developer, khususnya tentang siup developer. badan usaha bentuk PT. trims

  11. Bagus nih..

    Ayo jadi developer.. jangan lupa belajar saham & options he he…

  12. saya ta,atam sma,saya ingin sekali menjadi developer seperti paman saya,dan saya sekang sudah bekerja bersamapaman say,tapi saya tidak paham konsep dasar dari bangunan ini..
    saya ingin bapak bisa menjelaskan kpd saya cara memahami pembagian dasar untuk menjadi seorang developer..
    trmksh…

    • itu suatu pluang yang sangat bsr
      pmn anda sudah mnjadi dvlover tinggal contek saja ilmunya:
      1. banyak tanyalah
      2. mnurt saja apabila pmn mu menyuruh
      3. jngn tinggalkan pmn mu smpi kau bnr2 mngerti tntang dvlover

  13. apakah segampang itukah?
    saya pernah mencoba membeli rumah seharga 150 jta dan saya mengajukan KPR di bank Mandiri syarta2nya sangat rumit dan bank hanya menynggupi klw gol skitar 70%
    bgaimana solusinya?

  14. wah bagus bgt ilmunya..

    mw tanya, apa yang perlu di pelajari pertama2 untuk belajar menjadi kontraktor? kebetulan ka2 saya adalah kontraktor..

  15. wah artikel yg keren, boleh aku copas ya pak…..

    thanx…..

  16. Gak gampang yang kita pikirka untuk menjadi Developer.
    Kita harus mempunyai Kapasitas, Integritas dan Loyalitas yang tinggi.
    Power kita harus ada. Kemampuan Bisnis ini harus memiliki Jiwa yang besar artinya kita harus siap untuk menghadapi cobaan di depan nanti.
    Maka dai itu sebelum melangkah kita harus bertanya kepada orang yang berpengalaman.

  17. boleh minta tolong di ajari lebih serius nggak pak?? saya berharap banyak!! makasih sebelumnya

    • Saya ada CD nya trik developer,langkah demi langkah dikupas detil..hub saya 081952877334…& jika anda mau serius belajar sambil praktek siapkan dananya 50,jt+praktek+profitanda dapatkan

  18. sy jg pengen jd developer. tanah bpk sy masih ada d beberapa tempat yg blm di garap. sayang. tp blm ada yg membimbing. tolong dong kalo m ada yg kerjasama bisa hub. ke email sy.

  19. Saya butuh mitra kerja sama untuk memvbangunan perumahan di Bandung Timur diatas lahan 19,500 M2 , modal yang dibutuhkan hanya 20 M untuk membanguan rumah :
    Type 150/160 : 40 unit
    Type 128/120 : 45 unit
    Type 80/40 : 7 unit
    Ruko 126/210 : 5 unit

    Eddy Sudiro edsud_05@yahoo.com

  20. Diulas lengkap strategi menjadi Developer Property dengan Modal NOL !!

    INILAH TRIK Bagaimana Anda bisa menjadi Pengusaha Developer Property bisa dengan Tanpa Modal. Ebook ini akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara memanfaatkan elemen-elemen yang sudah ada sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang.

    Temukan RAHASIANYA hanya di http://developer-property.com

  21. Developer begini, bagaimana ya kalau ketemu pembeli yang cari “beli rumah tanpa uang malah dapat uang”

    yang developer merasa mudah jual rumah

    yang investor merasa mudah beli rumah..

    keduanya korban seminar “mimpi bersama di properti”

  22. Beli Property, Nggak Pake Duit tapi Dapet Duit, Tiap Bulan Cuma Bayar Bunga Aja, Setelah 10 tahun dilunasin orang lain ?!??? benerkah …..? kalau ada saya juga mau tuh…hehehe..ni no hp saya 087820430678

    • Tidak ada sesuatu yang mudah. Jika sesuatu itu mudah pasti sdh dilakukan semua orang. Naik sepeda yg mudah saja orang harus berdarah-darah. Apalagi Property. Itu bisnis pusing kepala 7 keliling. Akan tetapi, bagi yang sabar & mau belajar keras, pasti bisa. Property tanpa modal itu omong kosong, pasti pakai modal, cuma barangkali modalnya pinjam dari orang lain, atau “ngakali” pihak lain. Yang diakali siapa? Kontraktor, Bank and Konsumen. Begitulah riil nya. Saya pakai bahasa yang jelas saja. Tidak bohong2.

  23. yg penting cara menemukan pembeli dulu dan kalo dp 30% biasanya agak susah jualnya rata2 dp di developer saja 10-20% itupun bisa dicicil….ada solusi siasatin dp

  24. yang mo belajar bisnis developer silahkan liat

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2563316&page=44

    coba pelajari hal2 sebelumnya

  25. nice info Pak .. terima kasih atas pencerahannya…bagi yang berminat share mengenai property silahkan kunjungi http://kprtanpadp.wordpress.com.

  26. Pak, tolong dong kasih saya ilmu / rinciannya lebih banyak lagi utk saya download. saya sdh banyak belajar, tapi tetap belum berani prkteknya, terutama kendala keuangan n teknis. terima kasih ya..

  27. Tapi sewaktu Workshop di Hotel Mutiara – Bandung sabtu dan minggu kemaren tidak seperti yang tertulis di Majalah materi workshop yang diberikan , gimana ini Pak Bambang ?

  28. sangat bagus, Insaallah secepatnya sy aplikasikan

  29. semuanya bisa saja, yg penting optimis berusaha…
    makasih pak untuk sharing nya…

  30. assalamualaikum.. Salam Penghormatan dalam Kerendahan hati dari saya di Pontianak (kalimantan Barat)..
    Puji Syukur kpd Allah yg memertemukan kita..
    Semoga Ilmunya dapat bermanfaat dan Mohon dukungan Doanya supaya saya dapat mengapai cita2 utk menjadi Developer di Kota Pontianak..Amien

  31. pak boleh minta YMnya, ini YM saya

    kylintz

    saya mau belajar lbh banyak pak, smoga nanti kita bisa saling bantu

  32. subhanallah,
    terimakasih ilmnya pak….
    saya juga masih belajar dan bekerja di bidang property

  33. Salam kenal,

    Klo boleh tahu, di bandung dia atas berapa kapling harus ijin prinsip?

    trimd

  34. malam kang dipo..,lama saya menemukan blog seperti ini dan sangat berharap bantuan untuk bs kerjasama dan ingin sekalian belajar sekaligus sukses,saya ada lahan punya tetangga sktr 3988m di Bandung,n nyaman untuk tmpt tinggal n usaha kos2an,namun harga tanah sangat tinggi..kr2 4jt / m itu harus dibayar cash…bisakah kita wujudkan impian saya lewat strategi ilmu yang akang bangun ini,semoga bisa untuk dipertimbangkan…,terima kasih

  35. malam kang dipo..,lama saya menemukan blog seperti ini dan sangat berharap bantuan untuk bs kerjasama dan ingin sekalian belajar sekaligus sukses,saya ada lahan punya tetangga sktr 3988m di Bandung,n nyaman untuk tmpt tinggal n usaha kos2an,namun harga tanah sangat tinggi..kr2 4jt / m dan bisa nego tp harus dibayar cash…bisakah kita wujudkan impian saya lewat strategi ilmu yang akang bangun ini,semoga bisa untuk dipertimbangkan…,terima kasih

  36. salam sejahtera
    bpk saya adalah seorang developer yg baru berjalan, tapi d tengah jalan ada saja masalah yang timbul, dalam arti masalah disini cosh bayak yang keluar.contohny hal2 yang menyangkut birokrasi.tetati alahamdulilah market kami sangat baek.
    kesulitan yang saya hadapi adalah dana yang harus kami sediakan untuk menopang berjalannya project, tolong beri kami solusi bapak.
    terimakasih

  37. semua tentang masalah properti di bahas secara gamblang di dalam buku panduan yang satu ini….

    http://www.theproperty-developer.com/?id=nomz21

    satu-satunya panduan bisnis properti developer tanpa modal besar,tanpa hutang bank,bergaya ala otak kanan…
    Ditulis oleh ARYO DIPONEGORO, The Real Estate Magician, yang telah berhasil membangun bisnis developer property dengan berbagai strategi dan sinergi. Lebih dari 15 lokasi telah dikembangkan di berbagai kota di Indonesia, tidak lepas dari sentuhan seorang AD…

  38. ada traningnya ga ya?

  39. terimakasih ini sangat membantu saya untuk mewujudkan impianku

  40. Thank untuk infonya, sangat insfiratif..

  41. mantap

  42. keren… Tinggal harus berfikir cerdas :)
    sedikit promosi, sy arsitek dan kami punya tim desain, pembuatan maket hingga atribut pemasaran klo ada yg punya tanah dan ingin kerjasama silahkan hubungi 04115295317 atau email rauf1710@yahoo.com

  43. saya py lahan 2 tempat yg 1. 38.000m2 dan 2.17.000m2. letaknya strategis datar pinggir jalan lintas sumatera palembang-betung jambi. Sumatera selatan. Sy butuh tutor atau rekanan yg ahli dan pengalaman utk kerjasama atau bagi hasil. tx. bisa hub saya di 085267159999. Mhn infonya.tx

  44. ass …
    salam kenal..
    ehmmmm .. bisa nambah wawasan n ilmu ni ..
    mksh ya ..
    eprilshop.blogspot.com

  45. blognya bagus sekali, dan saya ucapkan terimakasih atas info belajar bisnis property. semoga blognya semakn banyak pengunjungnya dan ramai order!

    bagi rekan-rekan yang memiliki lahan, jangan buru-buru dijual sebab, ada peluang kerjasama yang menguntungkan dengan pengembang professional plus kesempatan belajar gratis menjadi developer langsung dari pelaku bisnisnya. baca selengkapnya http://tinyurl.com/jadi-developer. Semoga bisa bermanfaat bagi semua! [ACR]

    terima kasih,
    http://www.ayocarirumah.com

  46. mohon sarannya, saya punya PT. tapi belum ikut REI. saya ada lahan 1.5 ha yang mau saya jadikan perumahan mohon bantuan ijin2 apa saja yg harus saya lengkapi untuk membuat perumahan. makasih

  47. Mohon info lebih rinci mengenai bentuk kerjasama kita dengan pihak Bank.

  48. makasi infonya pak

    menjadi developer adalah impian saya
    saya mw tanya pak,kalau saya sedang kuliah apakah bisa menjalankan bisnis ini????

  49. Mantap sekali artikelnya Gan.. Sebagai praktisi bisnis properti saya mengakui panduan sampeyan bener-benar pas dengan kenyataan di lapangan. Saya sendiri memulainya dengan “tanpa modal”.
    Bagi yang ingin tahu lebih jelas silakan silaturrahmi ke blog saya.

  50. @Alls: DI Universitas Negeri Malang pada tanggal 15 Oktober 2011 akan diadakan seminar “Jadi Property itu mudah!” yang bekerja sama dengan Property Plus Indonesia. Bagi yang berminat bisa mengikuti seminarnya gratis. Anda yang masih awam tentang “Bisnis Property”, pada seminar ini akan dibukakan wawasan anda mengenai itu. Dan jika anda berminat dengan bisnis property, akan dibukakan juga pelatihan bisnis property senilai 3jt, dilaksanakan 7 hari setelah pelaksanaan Seminar GRATIS tanggal 15 Oktober 2011.

    • Property plus bukan tempat untuk belajar jadi developer tp tempat penggalangan dana buat property plus sendiri. Byk yg kecewa setelah ikut unggulan

  51. saya mau nanya pak, kalo pribadi bisa juga untuk bisinis properti ini?
    ga mesti kita mempunyai PT. CV?

  52. Keren, saya langsung join millisnya:)

  53. mas..saya baru mau menjalakan bisnis ini…tolong infokan analisa perhitungan tanah dan lainnya.

  54. dear mas aryo saya pengin belajar jadi developer tapi masih dangkal ilmunya, kemarin saya beli buku raja bisnis properti megaprofit no2 tapi saya masih belum bisa menggaplikasikan. mohon bimbingannya. kebetulansaya sudah mulai beli rumah satu langkah yg tepat buat saya gimana mas?

  55. Saya mpunyai tanah 300 m,yg letaknya strategis,keluar masuk tol,tpi ada didalam gang yg bisa dilalui hnya 1 mobil,dan dibelakang tanah sy masih bnyak tanah yg kosong seluas 2000m,sy tertarik dg bisnis ini,mulai dari mama ya sy harus memulainya.trims

  56. postingnya sama yah,,,hehehe dengan http://www.aryodiponogoro.com

  57. DIJUAL TANAH DI WILAYAH CITRA RAYA CITY
    Dijual cepat tanah sangat strategis berada di wilayah Hunian Execlusive Citra Raya City (sebuah Konsep KOTA MANDIRI pertama di Provinsi Jambi persembahan dari CIPUTRA) yang terintegrasi dengan konsep Pembangunan Berkelanjutan seluas 1.200 Ha.

    Spesifikasi tanah tersebut adalah sebagai berikut :
    1. Luas Tanah ± 820.000 M²
    2. Lokasi tanah berdekatan dengan komplek yang dibangun PERUMAHAN ELITE oleh CITRA RAYA CITY The International Lifestyle (Ciputra Group)
    3. Kondisi tanah relatif datar dan Surat SHM. Harga Rp. 100.000/M²
    Berdasarkan site plan CITRA RAYA CITY The International Lifestyle, Tanah tersebut berada di Hunian Eksklusif bertaraf International dengan Eco-Culture dan Eco-Green yang tetap menjaga keseimbangan alam dengan lingkungan yang hijau nan Asri, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan Anda dan keluarga serta kemudahan untuk bisnis Anda, di samping fasilitas-fasilitas dipemukiman pada umumnya. Sehingga sangat cocok sebagai wilayah pengembangan sarana investasi. Bila berminat Hub. Masduki. 0853 5772 0040

  58. Jambi, 29 Desember 2012

    Kepada Yth.
    Investor Pengembang Property
    di-
    Tempat

    Bersama ini dengan hormat kami sampaikan kehadapan Investor Pengembang Property bahwa Data Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Pada triwulan III 2012 mencatat sektor pembangunan properti mengalami pertumbuhan sebesar 10,5% akibat tingginya permintaan konsumen terhadap perumahan sederhana maupun perumahan mewah, dengan ditandai banyaknya developer skala nasional yang membangun perumahan berklaster di sekitar wilayah Kota Jambi, seperti CITRA RAYA CITY yang dibangun oleh GROUP CIPUTRA.

    Sehubungan dengan hal tersebut di atas, bersama ini dengan hormat kami sampaikan penawaran tanah strategis untuk property.
    Adapun spesifikasi tanah dimaksud adalah sebagai berikut :
    1. Luas tanah ± 464.500 M² (46,45 Ha), dengan lebar mengikuti jalan aspal 254 M .
    2. Lokasi tanah berada di Jalan Lintas Timur, Desa Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, seberang perumahan Aur Duri, dari arah Simpang Mendalo terletak di sebelah kiri jalan.
    3. Dokumen kepemilikan SHM seluas ± 12.000 M² (12 Ha), dan ± 349.500 M² (34,95 Ha) masih sporadik
    Kelebihan dari tanah tersebut adalah :
    1. Kawasan berdekatan dengan Perumahan Aur Duri, Perumahan Aur Duri Bahari Makmur, Gedung SMP, Hotel Batanghari, dan berjarak ± 2 KM terdapat Perumahan Aston Villa, Citra Raya City, Kampus IAIN dan Kampus Unja.
    2. Lokasi tanah tersebut merupakan jalan perlintasan kendaraan dan/atau pintu gerbang Kota Jambi dari Pekanbaru.
    3. Berdasarkan hal tersebut, maka LOKASI USAHA yang kami tawarkan sangat tepat sekali bagi pengembangan usaha Bapak, dan/atau investasi yang prospektif
    Harga :
    Penawaran harga tanah tersebut adalah Rp. 120.000,-/M² atau Rp. 12.000.000,-/tumbuk.

    Demikian penawaran ini disampaikan, dan atas perhatian serta kerja sama yang baik diucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,
    Ttd.
    M a s d u k i
    HP. 085357720040

  59. Jambi, 29 Desember 2012

    Kepada Yth.
    Investor Pengembang Property
    di-
    Tempat

    Data Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Pada triwulan III 2012 mencatat sektor pembangunan properti mengalami pertumbuhan sebesar 10,5% akibat tingginya permintaan konsumen terhadap perumahan sederhana maupun perumahan mewah, dengan ditandai banyaknya developer skala nasional yang membangun perumahan berklaster di sekitar wilayah Kota Jambi.

    Sehubungan dengan hal tersebut di atas, bersama ini dengan hormat kami sampaikan kehadapan Bapak/Ibu bahwa kami (Masduki) yang berkedudukan di Jambi menawarkan tanah dengan keterangan di bawah ini :
    Adapun spesifikasi tanah dimaksud adalah sebagai berikut :
    1. Luas tanah ± 860.000 M² (86 Ha)
    2. Lokasi tanah berada di kawasan CITRA RAYA CITY Pematang Gajah Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi
    3. Dokumen kepemilikan SHM sebanyak 12 sertifikat dengan kepemilikan 1 orang
    Kelebihan dari tanah tersebut adalah :
    1. Tanah tersebut berbatasan dengan kawasan rencana pembangunan perumahan CITRA RAYA CITY.
    2. Berdasarkan hal tersebut, maka LOKASI TANAH yang kami tawarkan sangat tepat sekali bagi pengembangan AREAL “CITRA RAYA CITY”.
    Harga :
    Penawaran harga tanah tersebut adalah Rp. 80.000,-/M² atau Rp. 8.000.000,-/tumbuk, belum termasuk pajak dan surat-surat lainnya.

    Demikian penawaran ini disampaikan, dan atas perhatian serta kerja sama yang baik diucapkan terima kasih. Bila berminat dapat menghubungi 085357720040

    Hormat Kami,

    Ttd.

    M a s d u k i

  60. Hey I am so excited I found your weblog, I really
    found you by error, while I was researching on Yahoo for something else, Anyhow I am here now and would
    just like to say many thanks for a fantastic post and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to
    browse it all at the minute but I have book-marked it and also added your
    RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the superb b.

  61. saya juga mau info ne di jual tanah cash seluas 17 hektar lokasi tepi jalan sungai ambawang kubu raya degan harga 450.000rbu/m yg berminat sms 085652147605

  62. I’m now not positive the place you’re getting your information, however good topic.
    I must spend a while studying much more or figuring out more.

    Thanks for excellent information I used to be
    in search of this information for my mission.

  63. Katanya harus langsung Action dan kerja Cerdas yah.
    Okelah kalo begitu. Langsung saja.
    Bismillah. Saya hadir disini untuk memberi info properti.

    Dijual tanah (ada bangunan tua) dgn luas 750 m2.
    Alamat: Jl. Rambutan 2, no 9. Rt 002/011. Jati Asih. Pd. Gede Bekasi.
    Lokasi tanah cocok untuk anda yg mau berbisnis sbg juragan kosan atau kontrakan.
    Dekat dgn Giant dan Mc Dee. Bnyak karyawan yg pastinya butuh tempat singgah dekat dgn tempat kerja.

    Langsung bicara harga, saya jamin ini paling murah.
    Hanya Rp. 1.800.000 /m2. Masih bisa nego!
    Harga tsb hanya harga tanah, bangunan tidak dihitung (gratis) krn sudah tua juga.
    Jika anda cari harga tanah di daerah Jati asih, banyak yg buka harga di atas Rp. 2.000.000 /m2.
    Tapi saya buka murah aja.

    Sekali lagi, hanya Rp. 1.800.000 /m2 nya.
    Minat? Hubungi saya: 089614629378 / 081298980394
    A/n Tommy Sarwo Utomo.
    Terima kasih.

  64. SPECIAL INVITATION
    “Singkap Tips-Trik Investasi Properti & Prospek 2014 ditengah krisis saat ini”
    • Bagaimana Menciptakan Uang 9M dengan Modal 180 juta.
    • Bagaimana Cara Memilih Lokasi Investasi Yang Sunrise dan Premium
    • Bagaimana Prospek Bisnis Properti Indonesia 2013-2014
    • Sharing Pengalaman Panangian Simanungkalit Berinvestasi di Properti bisa meraih Untung 100% / tahun
    • Merubah Mindset Anda dalam Memisahkan Uang, Bisnis dan Properti
    • Properti Apa yang Booming Sekarang?
    • (berbagi pengalaman dan Tips Oleh Praktisi Properti )
    Waktu : Rabu, 09 Oktober 2013 Pukul 9:30 – 13:30 Wib
    Tempat : Thamrin City Lantai 6 Lot 636 Jakarta Pusat – dibelakang Grand Indonesia (parkir di lt.6 N25)
    Pembicara :
    • Dr. Ir. Panangian Simanungkalit, MSc (Pakar Properti No.1 di Indonesia)
    • Andy K natanael (Dir. Modern Land)
    Untuk Daftar Hub: Hadi 0811.184.889 / 0812.1905.5991
    atau kunjungi http://www.panangianproperty.com
    Terima kasih
    Panangian School of Property (PSP)

  65. SPECIAL INVITATION
    “Singkap Tips-Trik Investasi Properti & Prospek 2014 ditengah krisis saat ini”
    • Bagaimana Menciptakan Uang 9M dengan Modal 180 juta.
    • Bagaimana Cara Memilih Lokasi Investasi Yang Sunrise dan Premium
    • Bagaimana Prospek Bisnis Properti Indonesia 2013-2014
    • Sharing Pengalaman Panangian Simanungkalit Berinvestasi di Properti bisa meraih Untung 100% / tahun
    • Merubah Mindset Anda dalam Memisahkan Uang, Bisnis dan Properti
    • Properti Apa yang Booming Sekarang?
    • (berbagi pengalaman dan Tips Oleh Praktisi Properti )
    Waktu : Rabu, 09 Oktober 2013 Pukul 9:30 – 13:30 Wib
    Tempat : Thamrin City Lantai 6 Lot 636 Jakarta Pusat – dibelakang Grand Indonesia (parkir di lt.6 N25)
    Pembicara :
    • Dr. Ir. Panangian Simanungkalit, MSc (Pakar Properti No.1 di Indonesia)
    • Andy K natanael (Dir. Modern Land)
    Untuk Daftar Hub: Hadi 0811.184.889 / 0812.1905.5991
    atau kunjungi http://www.panangianproperty.com
    Terima kasih
    Panangian School of Property (PSP)

  66. SPECIAL INVITATION
    “KAMI BIMBING ANDA SAMPAI KAYA-RAYA DARI BISNIS PROPERTI”

    Dapatkan Inspirasi baru di Workshop Panangian Simanungkalit
    Pakar Properti terkemuka di Indonesia akan berbagi pengelaman Apa Tips & Strategi dalam berbisnis Properti, baik Sebagai Investor dan Developer Properti
    BUKTIKAN..! Investasi dan bisnis di properti, bila dilakukan dengan benar akan membuat Anda bebas finansial seumur hidup !

    Waktu : Rabu, 09 Oktober 2013 Pukul 9:30 – 13:30 Wib
    Tempat : Thamrin City Lantai 6 Lot 636 Jakarta Pusat – dibelakang Grand Indonesia (parkir di lt.6 N25)

    Pembicara :
    • Dr. Ir. Panangian Simanungkalit, MSc (Pakar Properti No.1 di Indonesia)
    • Andy K natanael (Dir. Modern Land)
    Untuk Daftar Hub: Hadi 0811184889 / 081219055991
    atau kunjungi http://www.panangianproperty.com

  67. wkwkwkw… cara yg diungkapkan disini terdengar sangatlah mudah, perlu diingat utk KPR indent suatu Bank, diperlukan legalitas tinggi agar dipercaya oleh suatu bank.

  68. Yang utama…..kalau ngajukan kpr kebank itu juga gak segampang membalikkan telapak tangan.costumer yang betul betul joss yang bisa diacc bank.

  69. salam kenal pak yusak sunaryanto.numpang lewat ya om . bagi teman-temanyg sdg butuhkan kusen pintu jendela kayu berkualitas,garansi 1 tahun dpt hub kami di cahaya wood industry.CP: yusak indra 0821 4931 3378 021 9815 9922
    terima kasih sebe

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: