Profil Mobil : Toyota Kijang Innova, The Best Family Car

Profil Mobil

Toyota Kijang Innova, The Best Family Car

JAKARTA – Toyota Kijang Innova selalu identik dengan mobil keluarga Indonesia, karena mobil yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) ini memenuhi segala kebutuhan keluarga sejak pertama kali muncul di Indonesia.

Baik akomodasi penumpang maupun barang, pilihan mesin beragam (bensin dan diesel), kelengkapan fitur, konsumsi bahan bakar, kenyamanan hingga pilihan tipe, semuanya unggul dari MPV lainnya.

Ruang Kabin Terluas
Dengan konsep Global Quality Product, Kijang Innova memiliki akomodasi baik penumpang maupun barang terlapang. Karena dimensi bodi yang besar (P x L x t = 4.580 x 1.770 x 1.745 mm), membuat ruang interior luas.

Contoh ruang kepala penumpang yang lega. Pada baris pertama berjarak 955 mm. Sedangkan jarak kepala penumpang di baris kedua dengan atap 950 cm. Di baris ketiga, jarak ruang kepala mencapai 887 mm.


Duduk di baris ketiga nyaman

Sebagai family car, kenyamanan duduk selama berkendara sangat dibutuhkan. Terutama jarak kaki penumpang (saat duduk) dengan bangku di depannya. Bagi penumpang Kijang Innova, hal tersebut tak perlu diragukan lagi.

Karena jarak antara penumpang depan dan belakang juga dirancang lega. Tercatat, jarak baris pertama (depan) dan kedua mencapai 875 mm dan jarak baris kedua dan ketiga mencapai 840 mm. Artinya, meskipun duduk di baris ketiga, kaki penumpang di bangku paling belakang pun enggak capek menekuk.

Di disitu lah bukti kalau Kijang Innova adalah The Real MPV 8-seater. Tak hanya itu, kenyamanan dan kemudahan penumpang saat masuk kabin pun paling unggul.

Berkat kombinasi bukaan pintu yang lebar dan ketinggian hip point (ketinggian dari permukaan tanah ke kursi penumpang) yang proporsional dengan tinggi orang Indonesia menambah kenyamanan penumpang belakang.

Buat mengangkut barang bawaan pun tak perlu repot. Pasalnya manajemen pengaturan bangku Kijang Innova dapat diatur secara mudah sesuai kebutuhan barang yang dibawa.


Kenyamanan pengemudi sangat dimanjakan berkat audio control & MID switch di setir (tipe V)

Contoh, kondisi normal di mana seluruh kursi dipakai, barang masih dapat ditaruh di belakang bangku baris ketiga. Dengan bangku baris ketiga yang dilipat ke kiri dan kanan dengan cepat, menambah daya tampung barang.

Pun begitu jika bangku baris kedua dilipat plus bangku baris ketiga dilipat, kapasitas bagasi semakin bertambah besar hingga dapat mencapai luas 1.128 liter.

Si Market Leader
Sejak kehadirannya pada September 2004 silam, generasi ke-5 Toyota Kijang ini seakan menghipnotis masyarakat Indonesia. Buktinya, permintaan akan Kijang Innova terus meningkat dari tahun ke tahunnya.

Bahkan setiap tahunnya, Kijang Innova berhasil meraih predikat market dan volume leader karena mendominasi sekitar 70 persen dari total segmen MPV medium. Di tahun 2009 lalu, MPV yang telah dirakit di Toyota Indonesia ini meraih 70% pangsa pasar MPV.

Setahun kemudian, pada tahun 2010 lalu, Kijang Innova menuai penjualan lebih tinggi dengan peningkatan share hingga 60 persen lebih. Sehingga kembali meraih market leader di kelasnya dengan share 71 persen.

Kalau dari seluruh kategori atau model mobil yang dipasarkan di Tanah Air, Kijang Innova menjadi salah satu ‘Best Seller’ di Indonesia. Hal itu membuktikan kalau Kijang Innova tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Faktor Indonesia (Faktor “i”)
Demi memenuhi kebutuhan penggunanya, Kijang Innova memiliki dua pilihan mesin. Mesin bensin 4 silinder segaris 16 katup DOHC VVT-i 2.000 cc (1TR-FE) yang responsif, efisiensi bahan bakar yang baik seiring dengan dipakainya teknologi mesin yang memenuhi spesifikasi EURO2 dan ramah lingkungan.

Begitu halnya mesin diesel D4-D 4 silinder segaris 16 katup DOHC turbo direct injection 2.500 cc (2KD-FTV) menghasilkan performa maksimal dengan getaran dan suara yang halus, efisien bahan bakar serta ramah lingkungan.


Mesin bensin yang bertenaga namun tetap efisien dengan mesin standar Euro2(kiri).Mesin diesel D4-D 2.500 cc terkenal tangguh dan irit(kanan).

Faktor “i” atau faktor Indonesia sangat kental pada Kijang Innova. Hal ini karena Kijang Innova memang dibuat berdasarkan kondisi dan pasar Indonesia. Contoh nya adalah Ground Clearance dari Kijang Innova yang tinggi, sangat cocok dengan kondisi jalan di Indonesia mulai dari wilayah Indonesia bagian barat hingga Indonesia bagian timur sekalipun.

Seperti yang kita ketahui, kondisi jalan di Indonesia sangat beranekaragam, mulai dari jalanan yang halus beraspal hingga jalan yang tidak rata. Dengan Kijang Innova, segala kondisi jalan dapat dilalui dengan baik dan nyaman.

Selain itu kapasitas yang besar hingga 8 penumpang sangat cocok dengan karakter keluarga Indonesia yang selalu menginginkan mobil yang bisa muat banyak terutama ketika masa mudik lebaran tiba.

Raih Penghargaan Tertinggi
Kelebihan-kelebihan yang diusung Kijang Innova menjadikan mobil kaya fitur kenyamanan dan keamanan ini diapresiasikan oleh banyak pihak. Seperti penghargaan tertinggi yang diperoleh tiap tahunnya. (mobil.otomotifnet.com)

Tahun 2009 :

– Best Medium MPV OTOMOTIF Award

– Best MPV Diesel OTOMOTIF Award

Tahun 2010 :

– The Best MPV OTOMOTIF Award

– Marketeers Award (Markplus Inc.)

– Car n Tuning Guide Award

– Auto Bild Indonesia Award

Tahun 2011 :

– Top Brand Platinum Award (Frontier)

– Top Brand Award (Frontier)

Penulis : ADV | Teks Editor : Bagja | Foto : Dok.Otomotif
Iklan

Satu Tanggapan

  1. Wah spesifikasinya dijelaskan lengkap banget. makasih mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: