12 komputer tablet terbaru yang akan menjadi pesaing utama iPad Apple.

Dalam slide show-nya, IT Business Edge mengatakan, pasar tablet berkembang cepat dengan banyak tablet baru yang kompetitif dikenalkan kepada publik. Yang membedakan adalah konsumen, jaringan nirkabel, dan kualitas perangkat itu sendiri.

Lalu, apa saja 12 tablet yang kemungkinan akan mengguncang prestasi pasar iPad ke depan?

1. Samsung Galaxy Tab

Galaxy Tab diperkenalkan pada konferensi IFA di Berlin, sebuah tablet Android 7-inci dari Samsung.

Galaxy Tab dioperasikan dengan sistem operasi Android 2.2, berisi prosesor ARM, fitur layar AMOLED, memiliki resolusi layar 1024×600, dilengkapi pre-instal Flash Player, Google Maps, JavaScript 1.5, dan Bluetooth serta Swype.

2. BlackBerry Playbook

Quanta Computer yang ditugasi sebagai pembuat Playbook oleh produsen BlackBerry, Research in Motion (RIM).

Tablet yang dilaporkan akan dijual seharga US$499 ini akan memiliki koneksi Wi-Fi, teknologi Bluetooth dan memiliki kamera menghadap ke depan dan belakang.

Playbook tidak akan memiliki konektivitas seluler dan akan berfungsi sebagai perangkat pelengkap untuk smartphone BlackBerry. Tablet ini tidak akan menggunakan OS BlackBerry 6, tapi dengan sistem operasi QNX yang sudah dikembangkan.

3. Cisco Cius

Cisco Cius, disebut sebagai kolaborasi ponsel dan tablet bisnis yang mengintegrasikan virtual desktop dengan akses penuh kolaborasi aplikasi komunikasi dan Cisco.

Tablet bersistem operasi Android ini akan memiliki layar 7-inci, dijalankan pada prosesor Intel Atom dan fitur kamera menghadap ke depan dan belakang untuk video conference.

Perangkat ini mendukung untuk koneksi Wi-Fi dan 3G, menawarkan 32 gigabyte Flash, dan harga kurang dari 1.000 dolar.

4. Dell Streak

Pertama tersedia di Eropa, Streak Dell adalah smartphone/hibrida tablet yang ditawarkan melalui penyedia jaringan, AT & T, di Amerika Serikat.

Dilengkapi dengan layar sentuh WVGA 5-inci dan sistem operasi Android 1.6, Streak Dell telah menggoyangkan ruang antara kategori smartphone dan tablet, meski belum ada yang tahu akan berhasil atau gagal.

5. HP Slate 500

Tablet buatan Hewlett Packard (HP), Slate 500, akan menarget pengguna perusahaan. Meskipun sedikit yang diketahui tentang perangkat ini, telah dikonfirmasi bahwa tablet itu akan dijalankan dengan sistem operasi Windows 7 dan target pasar yang sama dengan Cius Cisco.

6. Toshiba Folio 100

Toshiba telah merilis dua tablet edisi terbatas, dual layar, Libretto W100 dan Libreto W105, namun semua mata tertuju pada tablet Android terbarunya.

Folio 100 diperkenalkan di sela acara IFA 2010 di Berlin. Perangkat ini memiliki layar 10.1-inci, dijalankan dengan Android 2,2 dan prosesor Nvidia Tegra 2.

Folio 100 juga didukung 16GB memori, mendukung Bluetooth 2.1, dilengkapi dengan output HDMI, dua port USB, SD slot kartu memori, dan konektivitas nirkabel 802.11 b/g/n serta 3G data.

7. HP PalmPad

Tablet ini salah satu produk dari hasil akuisisi Palm oleh HP. Tablet yang semula direncakan akan bersistem operasi Android buatan Google ini peluncurannya ke pasar ditunda.

HP justru sedang fokus untuk menggunakan platform WebOS Palm dan akan memasarkan tablet ini pada awal 2011.

Dilihat bentuknya, PalmPad sepertinya dibuat benar-benar untuk menyaingi iPad Apple dan merebut konsumennya.

8. LG Optimus

Sebelum akhir 2010, LG berencana memasarkan tablet ini. Perangkat akan dijalankan dengan sistem operasi Android.

LG yakin produknya itu lebih baik dari iPad dengan perangkat yang akan lebih produktif. Perusahaan juga berencana untuk merilis tablet ber-OS Windows 7, UX10, di masa mendatang.

9. Acer Tablet

Acer mengenalkan tablet layar sentuh 7-inci dalam sebuah presentasi di China bulan Mei lalu. Tidak seperti kebanyakan tablet, perangkat ini dilengkapi fitur keypad QWERTY.

Dalam presentasi, tidak diketahui tablet ini dijalankan dengan OS Android versi berapa.

10. Microsoft Windows 7 Tablet

CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan bahwa produk itu dipersiapkan untuk mengambil pasar iPad Apple.

Meskipun posisi tablet Microsoft dikritik banyak orang, termasuk Rob Enderle dari IT Business Edge, Microsoft tetap bekerjasama dengan Intel dan pembuat komputer lainnya untuk mengoptimalkan tablet itu.

11. OpenTablet 7

Perusahaan pendesain, pembuat, dan pengembang sistem komunikasi, OpenPeak, sedang mengembangkan perangkat multimedia layar sentuh yang juga dapat digunakan untuk panggilan telepon.

OpenTablet 7, tablet berbasis Flash ini akan membedakan diri dengan penggunaan perangkat lunak manajemen energi OpenPeak. Didukung oleh beberapa, termasuk Intel Capital dan GE, OpenPeak dijamin dengan 52 juta dolar dalam investasi baru.

12. Google/Verizon Tablet

Raksasa Internet, Google, bersama perusahaan telekomunikasi Verizon sedang mengembangkan tablet yang lagi-lagi untuk menyaingi iPad. HTC dan Motorola telah dikabarkan akan menjadi produsen perangkat itu.

Rincian mengenai perangkat itu sangat jarang, bahkan tidak diketahui apakah akan dijalankan dengan OS Android atau Chrome.

Spekulasi menyebutkan bahwa perangkat ini memiliki layar multi-sentuh 10-inci dan beresolosi 1280×720 pixel, berbasis platform Tegra Nvidia, 2 GB RAM, dilengkapi solid-state drive 32GB, konektivitas 3G/Bluetooth/WiFi, GPS, juga webcam.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, apakah selusin tablet itu mampu menyaingi atau menggeser iPad Apple? Kita tunggu. (Ant/OL-9)

2 Tanggapan

  1. Compare Prices LCD or LED or Plasma TV At inexpensive cost : lcdorled.com

  2. terimakasih atas infonya ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: