Lebaran : tipe kendaraan yang banyak diminati jenis mobil keluarga alias multi purpose vehicle (MPV).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang Idul Fitri,  seperti biasa, bisnis persewaan mobil ( (rent a car) lagi diserbu konsumen alias kebanjiran order. Ada yang untuk dipakai mudik ke luar kota atau hanya di dalam kota saja. Dari pantauan Kompas.com, tipe kendaraan yang banyak dimintai jenis mobil keluarga alias multi purpose vehicle (MPV).

Daddy Doxa Manurung, National Operation Manager TRAC-Astra Rent a Car mengatakan, kebutuhan konsumen untuk mudik utamanya jenis mobil dengan volume besar. Karena saat mudik ada tradisi untuk mengajak seluruh anggota keluarga dan tambahan barang bawaan yang tak sedikit.

Tak heran, dari penelusuran Kompas.com, berbagai perusahaan rental lebih banyak menyediakan MPV.  “Hampir 90 persen penyewaan di saat lebaran itu MPV, baik low, medium atau high,” ujar Daddy kepada Kompas.com, hari ini.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Rental Kendaraan Indonesia (Asperkindo) Pongki Pamungkas menambahkan, secara umum memang terjadi peningkatan penyewaan kendaraan ketimbang 2009 lalu. Hanya, kalau pasar rental ke ritel atau konsumen langsung masih sangat kecil jumlahnya hanya 5 persen dari total.

“Memang bertambah, tapi bisnis utama rental mobil itu adanya di penyewaan perusahaan (fleet). Kalau menjelang lebaran seperti ini, masih kecil sekali jumlahnya, cuma sebagai appetizer saja,” tambah Pongki.

Bagi Anda yang punya niat menyewa kendaraan untuk ke luar kota (tanpa sopir),  mungkin harga yang tertera ini bisa jadi patokan dasar. Pertama, model low MPV yang dihuni berbagai jenis seperti (Avanza, Xenia dan APV).  Harga yang ditawarkan sekitar Rp500.000 per hari. Kalau seminggu dikenakan biaya antara Rp3,5juta-Rp4juta.

Kedua, mobil medium MPV seperti  Innova  harga yang ditawarkan lebih tinggi sekitar Rp660.000 per hari. Biasanya juga disediakan ada paket seminggu atau sepuluh hari dengan dikalikan lama penyewaan plus PPn 10 persen. Ketiga, MPV Premium seperti Alphard yang ditawarkan Rp2,5 juta per hari.

Selain tipe MPV,  juga ada sedan dengan beberapa model. Mulai dari tipe sedan mini  dibanderol Rp700.000 per hari. Selanjutnya, tipe sedan kecil (small) dibandrol Rp1,1 juta per hari dan sedan menangah (mid-size) Rp1,5 juta per hari.

Ditanggung Asuransi
Memang ada banyak perusahaan rental yang ada di Ibukota dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi, ada beberapa layanan yang perlu diperhatikan konsumen saat menentukan tempat menyewa mobil untuk mudik. Salah satu yang utama adalah pastikan perusahaan menanggung biaya asuransi kendaraan.

“Kalau di Trac, memang harga lebih kompetitif tapi pelayanan di atas rata-rata. Seluruh mobil dan penumpang dapat asuransi. Kalau ada insiden di jalan, disediakan mobil pengganti atau masuk ke bengkel rekanan terdekat. Selain itu, menabrak mobil lain, maka biaya perbaikan pihak ketiga akan ditanggung perusahaan maksimal Rp50 juta,” beber Daddy.

Nah, jangan sampai salah pilih kendaraan mudik atau perusahaan rental yang ada. Pastikan juga, mobil yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan terutama kantung Anda.

Penulis: AGK
Editor: Bastian

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Nice blog..good info:)
    Salam kenal.ttp berkarya…..
    Ditunggu kunjungan baliknya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: