Langkah-langkah Memulai Bisnis Awal

Langkah-langkah Memulai Bisnis Awal

Friday, April 16th, 2010
oleh : Roy Tjahjo Suzanto

Saya adalah seorang marketer sejati, saya selalu berhasil mencapai target yang dibebankan perusahaan terhadap saya. Akan tetapi, saya selalu tidak merasa puas menjadi seorang pegawai. Saat ini saya ingin sekali memulai usaha sesuai dengan pengalaman yang saya miliki menjadi seorang marketing. Apa saja yang harus saya persiapkan, mengingat modal yang saya miliki tidak besar.



Jawaban
Selamat untuk Bp Yana Supriatna karena anda selalu berhasil mencapai target yang dibebankan perusahaan, ini suatu prestasi yang dapat dibanggakan. Kita juga mengucapkan selamat kepada Bp Yana karena anda sudah mempunyai keinginan yang kuat untuk memulai suatu usaha.

Pertama-tama, jika anda ingin sukes dalam berbisnis anda wajib menjawab beberapa pertanyaan kita terlebih dahulu :

  1. Sebutkan minimal 4 alasan yang menyebabkan anda ingin memulai bisnis ?
  2. Mengapa anda memilih ingin terjun di dunia bisnis ?
  3. Jika bisnis anda berhasil, apa yang akan anda lakukan dari hasil bisnis tersebut ?

  4. Jika bisnis tersebut gagal, apakah anda sudah siap menerima resikonya? Dan mengapa anda harus menerima resiko tersebut?
  5. Apa yang terjadi jika anda tidak segera memulai bisnis ?

  6. Kapan anda segera memulai bisnis anda ?

  7. Siapa yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan bisnis anda ?

  8. Dalam kondisi bagaimana anda akhirnya menghentikan bisnis anda ?

Langkah langkah yang wajib segera dilakukan oleh anda :

1. Sadari keberhasilan tergantung pada diri anda sendiri.

Assets paling berharga dalam menjalankan bisnis adalah diri anda sendiri. Diri anda sendiri perlu menjawab pertanyaan pertanyaan diatas. Anda wajib memiliki alasan yang kuat dan tidak tergoyahkan mengapa anda perlu berbisnis dan harus segera berbisnis. Tanamkan mental sebagai seorang juara di diri anda, anda akan berlatih terus menerus sampai anda meraih gelar sang juara.

2. Tekadkan bulat dan tindakan nyata

Keinginan yang kuat tidak cukup untuk berhasil, keberhasilan karena melakukan tindakan nyata yang akan saya pandu beberapa saat ini. Ambil kertas sekarang juga, cari tempat yang nyaman dan lakukan beberapa hal di bawah ini sekarang juga, jangan menunda nunda. Anda pasti bisa

3. Menentukan beberapa alternatif usaha.

Jangan terburu buru menentukan suatu usaha yang ingin anda geluti, lebih baik cari 3 bidang alternatif usaha yang akan anda geluti. Pertimbangan utama memilih bidang usaha adalah kondisi permintaan konsumen terhadap produk yang anda tawarkan. Berapa besar minat konsumen terhadap produk anda dan apakah minat konsumen ini dapat bertahan sampai 10 tahun kedepan. Analisa permintaan konsumen dan jumlah pesaing yang akan anda hadapi dari 3 bidang usaha tersebut. Permintaan konsumen bisa saja besar dan mungkin bertahan 10 tahun ke depan, tetapi jika sudah terlalu banyak pesaing, maka bisnis ini akan masuk ke red ocean (persaingan bisnis yang tidak sehat).

4. Memilih satu bisnis dari 3 alternatif bisnis diatas.

Pilih salah satu bisnis dari 3 alternatif bisnis yang telah ditentukan. Berikut adalah beberapa pertimbangan utama untuk membantu anda memilih 1 bisnis yang akan anda geluti, pertimbangan tersebut antara lain :

1. Cepat menghasilkan uang atau tidak.

2. Seberapa besar resiko yang akan anda hadapi jika produk tersebut tidak laku.

3. Seberapa besar keunikan produk anda dibandingkan pesaing yang ada.

4. Seberapa besar anda memiliki keahlian untuk menjual produk tersebut.

5. Perlu ruang usaha atau showroom yang besar atau tidak.

6. Apakah konsumen anda dapat melakukan pembelian berulang kali terhadap produk anda.

7. Produk anda mudah ditiru orang lain / tidak.

8. Berapa besar modal yang dibutuhkan untuk 6 bulan kedepan agar bisnis anda tetap berjalan dengan baik.

9. Apakah bisnis anda dapat diwariskan ke anak cucu anda.

5. Buatlah perencanaan bisnis dari bisnis yang sudah anda pilih.

The Queensland Small Business Corporation mensurvei sekitar 500 pengusaha yang memiliki bisnis plan dan menemukan beberapa fakta manfaat dari bisnis plan sebagai berikut : efektif menunjang goal 100%, membantu meningkatkan penjualan 91%, menunjang profit 81%, meningkatkan jumlah karyawan 79%, meningkatkan produktivitas beberapa kali lipat dari sebelumnya. Mari kita melihat bersama, hal apa saja yang seharusnya ada di dalam bisnis plan anda :

1.  Visi Perusahaan.

Visi adalah suatu keadaan bisnis anda di masa yang akan datang, mungkin sekitar 100 tahun ke depan. Visi wajib dapat menginspirasi team agar bersama sama bergerak mencapai visi perusahaan.

2. Tentukan target market anda.

Pelanggan anda dapat ditentukan dari berbagai sisi antara lain : usia, jenis kelamin, rata rata penghasilan, status pernikahan, pendidikan, pekerjaan, hobi, geografis, dimana mereka sering berkumpul, media apa saja yang sering mereka lihat.

3. Tentukan target.

Tentukan target omzet penjualan dan target jumlah customer anda dalam 1 tahun ke depan, kemudian dijabarkan target tiap bulan.

4. Komunikasi pemasaran.

Tentukan media komunikasi yang tepat dan efisien untuk mengkomunikasikan produk anda ke target market yang sudah ditentukan. Agar target market membeli produk anda maka isi dari komunikasi wajib memenuhi kriteria AIDA (Attention, Desire, Interest dan Action)

5. Action plan.

Tentukan detail pelaksanaan dari rencana komunikasi pemasaran, meliputi : siapa yang menjalankan, bagaimana menjalankan, budget yang diperlukan, siapa mengontrol pelaksanaannya dan kapan diselesaikan.

6. Jalankan setiap perencanaan bisnis anda.

Keberhasilan suatu bisnis bukanlah karena anda sudah membuat perencanaan yang hebat, tetapi seberapa anda konsisten dan komitmen menjalankan apa yang sudah anda rencanakan. Kesuksesan adalah karena tindakan kecil yang terus menerus anda lakukan. Sukses buat anda…

Kesukseskan tercipta jika “Plan your work and work your plan” Remember, people do not plan to fail, they fail to plan! So ensure your success by planning diligently! You deserve it!

http://swa.co.id/2010/04/12686/

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: