Kasus Plagiarisme Gelar Profesor Banyu Juga akan Dicopot

Selasa, 09/02/2010 17:12 WIB
Kasus Plagiarisme
Gelar Profesor Banyu Juga akan Dicopot
Pradipta Nugrahanto – detikNews


(Dok. Pribadi)

Bandung – Sanksi terhadap Prof Dr Anak Agung Banyu Perwita benar-benar berat. Gara-gara melakukan plagiarisme, Banyu akan diberhentikan secara tidak hormat oleh Universitas Parahyangan (Unpar). Tidak hanya itu! Gelar profesor yang diberikan kepada Banyu juga akan dicopot.

“Tadi pagi saya sudah menerima informasi dari yayasan terkait pencopotan gelar profesor pada Banyu Perwita. Namun kapan pelaksanaannya, saya masih belum tahu,” kata Rektor Unpar Dr Cecilia Lauw kepada sejumlah wartawan di Kampus Unpar, Jalan Ciumbeuleuit, Bandung, Selasa (9/2/2010).

Menurut Cecilia, Banyu dari dulu memang terkenal sebagai salah satu dosen yang rajin menulis. “Mungkin karena rajin menulis itu menjadi salah satu pertimbangan mengapa beliau mendapat gelar profesor,” kata Cecilia.

Profesor Termuda di Indonesia

Cecilia juga menjelaskan bahwa Banyu merupakan peraih gelar profesor termuda untuk bidang Hubungan Internasional (HI) se-Indonesia. “Dia adalah peraih gelar profesor termuda untuk bidang HI se-Indonesia. Beliau dapat gelar profesor pada umur 40 tahun,” kata dia.

Banyu dikukuhkan oleh Unpar sebagai guru besar/profesor pada 12 Januari 2008. Saat pengukuhannya, Banyu menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul ‘Dinamika Keamanan Dalam Hubungan Internasional dan Implikasinya Bagi Indonesia.’

Banyu merupakan pria kelahiran Jakarta 6 Februari 1967. Banyu menyelesaikan pendidikan dasar, menengah pertama dan menengah atas di Lembaga  Pendidikan Katolik Pangudi Luhur, Jakarta. Banyu kemudian menyelesaikan kuliah di Unpar pada 1990 di jurusan HI.

Pada tahun 1992, ia memperoleh beasiswa British Chevening Scholarship dari Pemerintah Inggris untuk meneruskan program pascasarjana dan memperoleh MA in International Relations and Strategic Studies dari Lancaster University-Inggris pada November 1994. Dan pada 2002, ia menggondol doktor dari Flinders University, Adelaide-Australia.
(asy/nrl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: