Hari ini General Motors Corp. Dinyatakan Bangkrut

Satu persatu berguguran….

Hari ini General Motors Corp. Dinyatakan Bangkrut
Senin, 1/6/2009 | 09:04 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Perusahaan mobil terbesar Amerika (sebelumnya juga terbesar di dunia), General Motors Corp (GM)., yang baru saja merayakan ulang tahun ke-100-nya September lalu, hari ini dinyatakan bangkrut. Menurut informasi, pengumuman tentang kebangkrutan GM ini dilakukan pukul 8.00 pagi Senen, 1 Juni waktu  Washington. Di Jakarta, pada 19.00 WIB.  Selanjutnya akan dibentuk perusahaan baru dengan operasional yang lebih efisien.

Perkembangan pada  beberapa hari terakhir telah mempercepat proses GM dibangkrutkan . Antara lain, persetujuan pemerintah Jerman dengan keputusan GM menjual penjualan Opel ke Magna International Inc.  Dalam hal ini, pemerintah Jerman juga akan membantu memberikan suntikan dana kepada Opel.

Di samping itu, pada Sabtu sore waktu Amerika Timur, mayoritas perusahan yang memiliki piutang pada GM  setuju untuk mengubahnya menjadi  saham. Dalam laporan terakhir, setelah melakukan reorganisasi, GM masih punya utang US$ 27 miliar.

Terbesar Ketiga. Bangkrutnya  GM merupakan ketiga terbesar dalam sejarah kebangkrutan perusahaan di Amerika Serikat. Kendati demikian,  terbesar untuk perusahaan mobil dengan proses yang paling rumit.

GM telah kehilangan pangsa pasar sejak awal 1980-an ketika menguasai 45 persen pasar Amerika Serikat. Perusahaan ini  hancur karena terlalu mengandalkan produk  pada truk dan  tenggelam lebih dalam ketika kredit diperketat pada 2008.

Kini, GM bisa dikatakan sebagai BUMN-nya Amerika Serikat. Pasalnya, dana yang dimiliki pemerintah untuk menalangi perusahaan tersebut mencapai 72,5 persen dari seluruh kekayaan yang dimilik perusahaan tersebut.

Sementara itu,  Presiden Amerika Serikat  Barack Obama dalam wawancara televisinya Sabtu kemaren mengatakan, administrasinya terpaksa   membangkrutkan  GM karena tidak punya pilihan lain, namun mereka harus membuat keputusan.

ZBJ
Sumber : Reuters, Bloomberg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: