Google Earth 5 : YouTube – New 3D Ocean Sangat Fun..tastik..

Metamorfosis Google Earth ialah ketika Google menambahkan sky view, di mana kita bisa menikmati berjuta-juta bintang di langit, nebula-nebula dan bahkan juga galaksi-galaksi. Saya sendiri jarang menggunakan fitur sky ini. Fitur yang paling dinikmati tetap saja bumi sendiri, sehingga walau belum pernah ke suatu daerah, setidaknya bukan hanya bayangan tetapi ada pandangan real dari langit mengenai daerah itu.

Berikut  fitur-fitur terbaru dari Google Earth 5.

Google Earth baru ini juga memberikan kita topografi laut, yang dalam versi sebelumya hanya warna biru begitu saja, sekarang lekak lekuk di dalam launtnya juga dimapkan oleh Google Earth. Warna biru muda artinya laut dangkal dan warna biru tua artinya laut dalam. Kalau zoom lebih jauh maka topografi laut pun dapat kita lihat.

1. Google Ocean : Tambahan layer baru di Google Earth 5 ini telah menjawab rumor tentang kehadiran Google Ocean. Sebelumnya Google telah mengupdate image dasar laut tersebut, namun belum dalam tampilan 3 dimensi. Google tidak menjadikan Google Ocean sebagai bagian tersendiri, namun menjadi satu dengan dengan Google Earth itu sendiri. Tidak perlu mengubah tampilan Google Earth yang ada, seperti user ingin mengubah tampilan menjadi Google Sky, namun cukup mengaktifkan layer Terrain, dan mengarahkan kursor mouse untuk menyelami lautan.

Layer Ocean menyediakan berbagai sumberdaya pengetahuan tentang laut dan dasar permukaan laut. Menu tersebut diantaranya Explore the Ocean, Ocean Sports, Ocean Expeditions, Animal Tracking, Census of Marine Life dan Underwater Features yang memuat content berupa video, foto dan artikel.

2. Historical Image : Ada satu fitur yang saya suka, yaitu Time Slider. Kalau buka Google Earth, lihatlah gambar jam. Dengan fitur ini kita bisa melihat dari udara perkembangan atau perubahan yang terjadi pada suatu lokasi dalam beberapa tahun terakhir. Rupanya Google menyimpan semua data yang dari dulu dan menyusunnya sebagai layer. Baru saja menikmatu Dubai pakai Time Slider ini dan melihat bagaimana Dubai berkembang drai padang pasir dengan segelintir gedung menjadi kota penuh gedung megah saat ini.  Thank Google, karena turut menyimpan meori jutaan lokasi di dunia ini. Google Earth menyediakan fitur baru yang tersedia di menu button, yaitu Historical Image.

Dengan menu ini, user bisa melihat transisi image dari waktu ke waktu sesuai dengan tanggal perekaman image. Sehingga user bisa menampilkan image dengan perekaman paling tua hingga yang terbaru dengan menggeser time sliding yang tersedia. Untuk image di beberapa wilayah di Amerika bahkan tersedia untuk tahun 1950-an.

Untuk Jakarta, yang saya explore kemarin, image yang paling tua adalah tahun 2002. Tentu saja ini sangat menyenangkan, karena user bisa melihat perkembangan kota dari tahun ke tahun, walaupun untuk Indonesia hanya tersedia image hingga 6-7 tahun yang lalu.

3. GPS Support : Menu GPS Support sebelumnya hanya tersedia di Google Earth Plus dengan membayar $2o per tahun, namun setelah layanannya tidak dilanjutkan lagi, menu GPS Support kini tersedia secara gratis bersama dengan Google Earth 5 ini. Menu GPS tersedia di Tools –> GPS.

Tab Historical

Tab Historical

Pada tab Historical, user bisa melakukan import data GPS baik Waypoints, Tracks maupun Routes dari GPS Garmin dan Magellan (sementara hanya dua brand ini yang tersedia). Sementara pada tab Realtime, user bisa melakukan live tracking dengan melakukan koneksi antara GPS dan Google Earth. Saya belum sempat mencoba menu GPS ini. Saya akan posting nanti setelah saya mencobanya.

Tab Realtime

Tab Realtime

4. Google Mars : Google memberikan kita fitur baru lainnya, yaitu Mars. Bagi yang berminat untuk melihat lihat Mars, siapa tahu ada rencana suatu saat mau piknik ke sana, maka Google Earth bisa menjadi travel guide yang baik, setidaknya untuk saat ini. Untuk mengubah mode menjadi Google Mars, tersedia menu button dengan gambar planet merah, cek pilihan menjadi Mars. Google Earth akan melakukan transformasi dengan sendirinya mengubah tampilan menjadi planet merah, Mars. Simulasi yang tersedia sangat lengkap seperti halnya Google Earth, dengan layer image galery, place name dan terrain.

Screenshoot Google Mars, tersedia di bawah ini :

Image diambil dari gearthblog.com

3D Terrain Valleris Maneris – Image diambil dari gearthblog.com

Walau masih ada kekurangan seperti ada bugs, cari lokasi kadang ngga dizoom atau malah sama sekali ngga bergerak, tetapi secara keseluruhan, apalagi gratis, sungguh suatu persembahan yang besar dari Google untuk umat manusia.

Ada satu fitur yang sudah saya coba berkali-kali tetapi selalu gagal. Fitur yang saya maksudkan ialah flight simulator, alias memiloti pesawat mengelilingi dunia. Silahkan pilih mau terbang dari kota mana dan silahkan piloti pesawat dan mendaratlah di salah satu airport yang ada di mana saja di dunia ini.

Sumber lain :

http://inigis.info/blog/fitur-baru-di-google-earth-5/

4 Tanggapan

  1. Wah bisa buat nyari kapal tenggelam dunk…

  2. salam kenal

    saya mau tanya tentang google earth OSEAN.
    Kenapa saya tidak bisa mengunakan nya? di mana saya bisa mendownload nya?

    Mohon bantuan nya.Terima kasih

  3. dengan menggunakan gps yang bayar dapatkah google earth melihat pergerakan ikan didalam laut?

  4. saya ingin menggunakan F-16 untuk menelusuri dunia tapi kok harus pake joystik yah ?
    apakah ada petunjuk untuk menggunakan tombol keyboard atau mouse saja ?
    mohon pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: