Anda Karyawan, Jangan lupa minta bukti potong PPh 21 – Formulir 1721 A1 dari perusahaan tempat Anda bekerja

Bulan Februari-Maret ini sepertinya sebagai karyawan akan disibukan untuk ngisi SPT dan mengirimkannya kekantor Pelayanan Pajak… kalo mau gak capek kirim aja lewat pos tercatat dan buktinya disimpan kalo-kalo suatu saat dibutuhkan…

Karena apa kan sebagi pembayar pajak… (soalnya rata-rata karyawan baru saat ini kan punya NPWP yang samapi saat ini heboh dipemberitaan nasional… istilah kerennya Sunset Policy …

Ok da…sebagai karyawan di sebuah perusahaan pastilah sudah membayar pajak  yang dipotong oleh perusahaan Anda dan disetor oleh perusahaan Anda. Terlepas dari Anda sudah punya NPWP atau tidak, bedanya kalo gak punya NPWP potongnya lebih besar 20% dibanding dengan yang punya NPWP…. sebagai karyawan  Anda telah membayar pajak jika Anda memiliki bukti potong PPh 21 dari perusahaan berbentuk formulir Lampiran I-A  SPT Tahunan PPh Pasal 21 nama formulirnya 1721 A1…. Jangan lupa meminta formulir 1721 A1 ini yang berisi nama Anda dan NPWP Anda (jika Anda memiliki NPWP) yang telah diisi bagian Gaji/Keuangan  tempat anda bekerja serta janga lupa juga… tanyakan udah disetor ke bank blom………jangan-jangan cuma formulir aja tetapi gak disetor… yo podo ae  bo..ong…

Kenapa hal ini perlu… karena formulir tersebut dibituhkan untuk mengisi SPT Tahunan Orang Pribadi . Anda membutuhkan bukti potong formulir 1721 A1 ini untuk Anda laporkan di laporan SPT Tahunan 2008 Anda  (tanggal terakhir untuk lapor SPT Tahunan Orang Pribadi  untuk Tahun Pajak 2008 adalah 31 Maret 2009). Jangan lupa pula gak usah nunggu sampai tanggal tersebut mulai hari ini juga bisa…. kirim pos tercatat aja… enak kan…

Ngisi SPT dulu ah………

Contoh Formulir 1721 A1 :

pajak2000.com

Formulir 1721 A1 ini wajib Anda lampirkan dalam laporan SPT Tahunan PPh orang pribadi Anda  jika Anda memiliki NPWP…. sepertinya pasti punya kan…. hari gini ….gak punya NPWP…

Berikut adalah Jenis – jenis SPT Tahunan Orang Pribadi berdasarkan peruntukannya :

  1. SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 diperuntukkan bagi Orang Pribadi yang melakukan pekerjaan bebas (tidak bekerja pada suatu perushaan atau pemberi kerja) seperti pengusaha atau wiraswasta.
  2. SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 S diperuntukkan bagi Orang Pribadi yang bekerja pada 1 perusahaan atau pemberi kerja dengan penghasilan bruto melebihi Rp. 30 juta setahun (pegawai dengan penghasilan bruto lebih dari Rp. 30 juta setahun).
  3. SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770SS diperuntukkan bagi Orang Pribadi yang bekerja pada 1 perusahaan atau pemberi kerja dengan penghasilan bruto tidak melebihi Rp. 48 juta setahun (pegawai dengan penghasilan bruto tidak melebihi Rp. 48 juta setahun).
====
Semoga Bermanfaat

10 Tanggapan

  1. Salam Kenal,

    Kalo persh-nya tidak membuat form 1721-A1 tsb bagaimana kita mengurus SPT ?

  2. 1721A ini apakah masing1 satu lembar untuk satu bulan ?

  3. ahhh.. yang pusing klo perusahaan nggak mau bayar pajak… padahal saya punya NPWP.. bt bt bt enaknya diapaain yaah?

  4. Salam,
    1721-A1 desember 2009 formnya beda ya,,gmn contoh isinya ya??

  5. Rakyat Indonesia sekarang mau hidup aja susah.. Hidup aja harus bayar.. Lebih enak dulu, pajak penghasilan tidak perlu dibayar. Sekarang seumur hidup bahkan yang udah mati pun harus lunasi pajaknya..
    Ada yg mau bikin partai politik yg membebaskan pajak rakyat? Saya isap memilih

  6. untuk SPT 1770SS yang dimaksud total harta semisal motor nilai sekarang atau pas beli y??*kan dah mengalami akumulasi*

    • 1770 ss, tentu saja nilai saat beli, kan hutangnya juga di akui..

      Contohnya beli 12.000.000 dan dibayar secara kredit dengan sisa 11.500.000. jadi total harta 12.000.000 dan total hutang 11.500.000.

      Memang dalam 1771 SS tidak se detail 1770 dan 1770 S karena tidak di tanya tentang kapan perolehan ahrta dan hutang.

      Yah namanya juga SS alias sangat sederhana..

  7. kesadaran membayar pajak adalah cermin budaya yang baik, tapi petugas pajaknya harus juga amanah agar pemanfaatannya betul-betul sesuai dengan peruntukannya.

  8. saya minta penjalan cara pengisian pph 21 ke 1770 caranya

  9. masih mencari referensi yang lain gan,,😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: