Kaskus : Kumpulan berita / foto2 kalian soal Gerhana Matahari 26 Januari 2009

Kumpulan berita / foto2 kalian soal Gerhana Matahari 26 Januari 2009

gw cuman coba ngumpulin
gimana kalo hasil foto2 kalian dijadiin satu tempat aja
biar lebih enak dan gampang liatnya

Spoiler for :

*UPDATE

Cincin Pangeran Matahari di Langit Jakarta
Quote:
Jakarta – Kekhawatiran masyarakat Jakarta yang menyangka tidak bisa menyaksikan gerhana matahari cincin di Jakarta tidak terbukti. Hembusan angin telah menyingkirkan awan mendung yang sedari pagi menaungi Jakarta.

Spoiler for more:
Pantauan detikcom, Senin (26/1/2009), mulai pukul 16.25 WIB, bagian bulan sudah mulai menutupi bagian dari matahari.

Perlahan tapi pasti, bulan mulai menutupi keseluruhan bagian matahari. Setelah membentuk sabit, akhirnya pada sekitar pukul 16.40, bulan menghalangi sinar matahari sehingga membentuk gerhana matahari cincin atau annular solar eclipse.

Dinamakan gerhana matahari cincin karena bulan tidak menutup total matahari. Di sisi
lingkaran terluar, cahaya matahari masih terlihat sehingga berbentuk mirip cincin.

Puncak gerhana matahari cincin berlangsung kurang dari 5 menit. Setelah beberapa kali terhalang awan mendung yang belum sepenuhnya hilang, matahari akhirya perlahan-lahan kembali terlihat jelas.

Pada sekitar pukul 16.55 WIB pancaran sinar matahari sudah berpendar dengan derasnya. Fenomena alam langka gerhana matahari cincin yang kemunculannya belum bisa terjadi 10 tahun sekali itu pun usai.

Bagian barat Indonesia sudah disuguhi kekuatan alam yang luar biasa. Jika Anda belum bisa menyaksikannya, jangan khawatir fenomena serupa akan terjadi lagi pada tahun 2016.

Indahnya Gerhana Matahari Cincin dari Kota Pahlawan
Quote:
Surabaya – Puncak gerhana matahari cincin bisa dilihat dengan jelas dari Kota Surabaya, Senin (26/1/2009) sore. Dengan mata telanjang, masyarakat bisa menikmati matahari yang membentuk sabit.

Spoiler for more:
Fenomena alam ini bisa berlangsung cukup lama, sekitar pukul 16.00 – 17.50 WIB. Warga Surabaya terlihat banyak menanti detik-detik terjadinya proses gerhana dari depan rumah atau tempat-tempat umum.

Cuaca yang sempat mendung namun akhirnya kembali cerah ini membuat warga tampak girang. Seperti di sekitar Kali Mas, banyak pengendara motor yang berhenti untuk menyaksikan gerhana.

Begitupula di kampung-kampung. Pantauan detiksurabaya.com, warga di kampung Dukuh Kupang rela menanti sejak pukul 14.00 WIB.

Mereka membawa kaca mata gelap untuk melindungi mata dari bahaya kebutaan. Ada pula yang menarik. Seorang pemuda mengenakan kaca mata las yang warna hitamnya cukup pekat.

“Ini saya beli khusus tadi. Saya tak ingin melewatkan begitu saja,” kata dia sambil membawa kamera saku untuk mengabadikan gerhana.

Ada pula pelajar salah satu SMA yang datang ke kawasan Masjid Agung dengan melengkapi teleskop. “Biar kelihatan jelas dan aman di mata,” katanya.(gik/gik)

Ratusan Pelajar Nonton Bareng Gerhana Matahari Cincin
Quote:

Sumenep – Peristiwa gerhana matahari cincin juga dengan mudah� bisa disaksikan di wilayah Kabupaten Sumenep, Madura. Fenomena alam ini seolah menjadi ajang rekreasi mendadak pada liburan.

Spoiler for more:
Pantauan detikcom, Senin (26/1/2009), mulai pukul 16.25 WIB, bagian bulan sudah mulai menutupi bagian dari matahari.

Perlahan tapi pasti, bulan mulai menutupi keseluruhan bagian matahari. Setelah membentuk sabit, akhirnya pada sekitar pukul 16.40, bulan menghalangi sinar matahari sehingga membentuk gerhana matahari cincin atau annular solar eclipse.

Dinamakan gerhana matahari cincin karena bulan tidak menutup total matahari. Di sisi
lingkaran terluar, cahaya matahari masih terlihat sehingga berbentuk mirip cincin.

Puncak gerhana matahari cincin berlangsung kurang dari 5 menit. Setelah beberapa kali terhalang awan mendung yang belum sepenuhnya hilang, matahari akhirya perlahan-lahan kembali terlihat jelas.

Pada sekitar pukul 16.55 WIB pancaran sinar matahari sudah berpendar dengan derasnya. Fenomena alam langka gerhana matahari cincin yang kemunculannya belum bisa terjadi 10 tahun sekali itu pun usai.

Bagian barat Indonesia sudah disuguhi kekuatan alam yang luar biasa. Jika Anda belum bisa menyaksikannya, jangan khawatir fenomena serupa akan terjadi lagi pada tahun 2016.

Spoiler for berita2 sebelumnya:

Mendung, Gerhana Matahari Tak Terlihat Maksimal di Jakarta



Penampakan gerhana Matahari yang terlihat dari Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung sekitar pukul 16.00 WIB.

Quote:
JAKARTA, SENIN – Meski tertutup lapisan awan gerhana Matahari yang terjadi Senin (26/1) sore ini tetap dapat dinikmati. Beruntung awan yang menutup tidak terlalu tebal.

“Kalau lihat langsung malah nggak enak soalnya agak silau,” kata Dewi, salah satu warga di Jatibening, Pondok Gede yang menghubungi kompas..com. Ia mengaku tak berani berlama-lama memandang langsung dengan mata telanjang karena takut dapat merusak mata.

Ia mengatakan dapat melihat dengan nyaman menggunakan kaca mata filter yang memang khusus untuk melihat Matahari. Kaca mata tersebut dibeli suaminya dari Koperasi Observatorium Bosscha seharga Rp 25.000 beberapa waktu lalu.

Melalui kaca mata tersebut, Matahari yang tertutup Bulan sehingga tinggal berbentuk bulan sabit terlihat jelas. Dari rumahnya gerhana Matahari berbentuk sabit menghadap ke bawah saat puncak sekitar pukul 16.41.

“Dari pantulan kaca riben juga kelihatan jelas,” ujarnya..

Puncak Gerhana Matahari Cincin di Jakarta
Quote:
Jakarta – Gerhana matahari cincin mencapai puncaknya pada pukul 16.41 WIB di Jakarta. Walau tidak terlihat sempurna, puncak gerhana ini disambut sorak sorai para pengunjung planetarium.

Pada pukul 16.05 WIB, Senin (26/1/2009) bulan baru menutup sebagian kecil matahari. Pada pukul 16.15 WIB matahari tidak terlihat sama sekali.

Pada pukul 16.20 WIB hampir setengah bagian matahari tertutup. Pada pukul 16.25 WIB hingga 16.30 WIB terlihat hampir tiga perempat permukaan matahari tertutup.

Pengunjung yang membawa HP berkamera atau kamera digital segera mengabadikan peristiwa langka ini. Mereka tidak ingin melewatkan momen yang hanya terjadi 10 hingga 20 tahun sekali ini.

Gerhana Jelas Terlihat dengan Kaca Mata dan Pantulan di Kaca Riben
Quote:
JAKARTA, SENIN – Meski tertutup lapisan awan gerhana Matahari yang terjadi Senin (26/1) sore ini tetap dapat dinikmati. Beruntung awan yang menutup tidak terlalu tebal.

“Kalau lihat langsung malah nggak enak soalnya agak silau,” kata Dewi, salah satu warga di Jatibening, Pondok Gede yang menghubungi kompas..com. Ia mengaku tak berani berlama-lama memandang langsung dengan mata telanjang karena takut dapat merusak mata.

Ia mengatakan dapat melihat dengan nyaman menggunakan kaca mata filter yang memang khusus untuk melihat Matahari. Kaca mata tersebut dibeli suaminya dari Koperasi Observatorium Bosscha seharga Rp 25.000 beberapa waktu lalu.

Melalui kaca mata tersebut, Matahari yang tertutup Bulan sehingga tinggal berbentuk bulan sabit terlihat jelas. Dari rumahnya gerhana Matahari berbentuk sabit menghadap ke bawah saat puncak sekitar pukul 16.41.

“Dari pantulan kaca riben juga kelihatan jelas,” ujarnya..

Quote:

Nantikan! Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

klik sini
titiknya satu [ . ]dilangin dulu

POTO2 dari detik

Quote:

walopun dari detik dah gw niat2in upload ulang
soalnya gk bisa kalo lnsng dari detik, ato gwnya yg terlampau nubi ya

ada trit yg bahas gerhana

Quote:

Sharing dari kaskuser

Quote:
Quote:
Laporan Gerhana Dari Surabaya ( Share Foto)
credit to TS :alam_smp_1

kaskusser yang liat gerhana barusan,,

saya mau nyampaikan laporan gerhana matahari di Surabaya

Keadaan cukup berawan,, untung matahari tetep terlihat

malah, awan mendung tipis membantu matahari terlihat tekstur gerhananya!

kalo dilihat mata telanjang, emang gk keliatan!

tapi, kalo pake kacamata hitam yg didobeLLl,, keliatan jelas cuy!!

kayak bulan sabit ….

hha…

Spoiler for Foto gerhana:

Quote:
Quote:
Foto-foto gerhana dari tempat gwe
credit to TS :LahirTanpaNama

sorry gambarnya kecil n kabur gan… just share, males share di lounge pic…

Spoiler for pic:


Quote:
Quote:
Originally Posted by aleron212 View Post
Sore ini jam 16:30-17:06 ini di surabaya, kita iseng-iseng foto gerhana di dekat rumah….
Jadinya ya kayak gini deh…

Spoiler for :
Penampakan pertama… masih berharep gerhananya kaya di “Heroes”….

waktu asyik liat gerhana, eh ada kucing liwat…. ya kita poto juga…mumpung nampang…

Pake Filter-nya bekas disket…. he he..

Yah… gerhananya gak kaya di pelem2 gan…. tapi gpp…

Saking terburu2nya upload jadi salah judul…. bener gan namanya gerhana matahari…he he he

dari malaysia

Quote:
Quote:
[LAPORAN] Gerhana Matahari 26 Januari 2009 Malaysia( Share Foto)
credit to TS :asd2x

Quote:
Originally Posted by asd2x View Post
Sekilas pandangan mata dari tanah malaysia, tepatnya di cyberia apartment di cyberjaya, selangor Malaysia.

Foto ini diambil sekitar 18.00 waktu malaysia, di kala mendung dan berawan hitam alias mau hujan

Dari sini cuma keliatan matahari seperti bulan sabit, penuh perjuangan karena nunggu awan yang seakan2 ngerjain kita nutupin pandangan mulu,..
tapi, akhirnya kita dapet satu foto yang ga terlalu baek tapi bisa dinikmatin,..

Spoiler for Foto yang terambil::

karena banyak awan so, saya coba jelaskan dikit apa yang terlihat, seperti pada foto di bawah ini:

ok,. sekian laporan pandangan matanya

salam

Quote:
Quote:
[LAPORAN] gerhana matahari( Share Foto)
credit to TS :easydollar

Quote:
Originally Posted by easydollar View Post
masyarakat di kota padang sedang tidak beruntung, gerhana matahari yang langka tidak dapat di saksikan secara penuh karena mendung dan hujan, tapi saya masih sempat mengabadikan nya sedikit waktu masih belum hujan, saya bagi buat kaskuser yang mau liat hasil jepretan saya

waktu sekitar jam 16.00

Spoiler for :


Quote:
Quote:
gerhana matahari dari jakarta ( berurutan )
credit to TS :briano.kawenang

Quote:
Originally Posted by briano.kawenang View Post
gan,tadi foto2 gerhana dari rumah,ni hasilnya.selamat dinikmati.
thanks ya…
di klik aja,post pertama nih,jadi lom tau cara upload yg bener.hehe

Spoiler for :
kalo yg dibawah nggak keliatan,klik ini aja

Quote:
Quote:
Gerhana di Sumatera selatan
credit to TS :christian_21757
Quote:
Originally Posted by christian_21757 View Post
Gerhana matahari ditempat gw

Spoiler for :


mohon maklum kalo jelek

Quote:
Quote:
Originally Posted by MWG View Post
Nih gue post beberapa foto yang gue ambil sendiri pake N73 dari lantai 3 rumah gue. Sorry kalo pic agak buram. Gue ambil pake teropong + film yang terbakar sebagai filter.

Spoiler for :
pic 1 :

pic 2 :

pic 3 :

Ngga menolak cendol. Mohan partisipasinya. Anda memberi saya pasti masuk surga.

Quote:
Originally Posted by SAMTWO View Post
gerhana matahari di atas jakarta ngambilnya di atas kost an ane gan

Spoiler for :
Quote:
Originally Posted by GreatSultan View Post
Ini bro

Spoiler for :

videonya

Quote:
Quote:
[vid] gerhana matahari 26-01-09( Share Foto)
credit to TS :frozenyoghurt

Quote:
Originally Posted by frozenyoghurt View Post
Nih buat kaskuser yang tadi sore ga sempet liat secara langsung gerhana parsial:

waktu sekitar jam 16.00

bagi yg punya poto gerhana share aja disini dan kalo ada trit serupa

smoga gw update terus

bagi pmilik trit2 yg bersangkutan mohon maaf
mungkin sebagian gw blom minta ijin
pm aja kalo kurang berkenan

mngkn yg lebih pantes dapet grp ntu yg dah share bukan saia
tapi kalo seandainya mau memberikan grp kepada TS yg telah coba ngumpulin
kirim ke siniaja


Last edited by 5hi+HE11; Yesterday at 10:46 PM..

5hi+HE11 is offline Add to 5hi+HE11's Reputation vbrep_register(“65166477”) Report Post Report Post Multi-Quote This Message

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: