Mau Punya Rumah Murah? hanya 500 Dollar AS

Mau Beli Rumah? Di AS Hanya 500 Dollar AS

NEW YORK, MINGGU – Pasar perumahaan di Amerika Serikat saat ini sudah sedemikian buruknya sehingga masyarakat berlomba-lomba membanting harga rumahnya, hingga di kisaran 1.000 dollar AS.

Menurut Realtor.com, di Flint, Michigan, terdapat 18 unit  rumah yang dijual di bawah 3.000 dollar AS. Kemudian di Indianapolis 22 unit, 46 unit di Cleveland, dan 709 unit di Detroit. Pasar rumah sangat tertekan akibat penyitaan oleh bank akibat ketidakmampuan si pemilik membayar hipotek. Sebagian besar rumah tersebut merupakan sitaan dan dijual kembali oleh bank-bank.

“Penyitaan telah mengubah bank menjadi perusahaan manajemen properti. Dan terkadang lebih murah bagi mereka untuk memberikan rumah tersebut, dibandingkan untuk menjualnya berdasarkan nilai pasarnya,” ujar Juru Bicara Trulia.com Heather Fernandez.

Di Detroit, misalnya, pemilik vila Century 21Randy Eissa, yang memiliki rumah dengan tiga kamar dan satu kamar mandi, dengan total seluas 1,000 kaki persegi (sekitar 300 meter persegi), hanya membandrol rumahnya dengan harga 500 dollar AS. Tempat Eissa sebenarnya merupakan tempat yang baik, namun membutuhkan renovasi total, dengan biaya sekitar 15 .000-20.000 dollar AS. “Hal ini tidak terlalu buruk, mengingat pada akhir tahun 2007, rumah tersebut dijual senilai 72.000 dollar AS,” sebut Zillow.com.

Dengan harga sedemikian rendah ini, para pemilik modal tidak mencari keuntungan dalam kesepakatan ini. Mereka hanya ingin mengenyahkan rumah-rumah tersebut karena tidak ingin terbebani oleh pajak properti dan biaya perawatannya.

Bahkan, uang sebesar 500 dollar AS, 1.000 dollar AS, atau 3.000 dollar AS tersebut langsung masuk ke kantong broker sebagai komisi mereka. “Tidak jarang para pemilik modal harus mengeluarkan uang ekstra untuk membuat rumah tersebut terlihat menarik,” kata Eissa.

Rumah Setengah Jadi

Rumah-rumah yang dijual biasanya membutuhkan pengerjaan ulang. Misalnya, pemasangan listrik, pipa ledeng , sistem pemanas yang perlu diganti, dinding dan atap yang terkelupas, hingga pemasangan perkakas dapur.

Bahkan, banyak pembeli yang secara sah diminta untuk memperbaiki rumah yang akan dibeli terlebih dahulu. Di Detroit, pembeli diminta menandatangani Affidavits of Compliance Responsibility, yang mewajibkan mereka untuk memperbaiki seperti yang dijelaskan dalam laporan inspeksi. Setelah itu, pembeli baru dapat mendapatkan sertifikat kepemilikan, yang membuat rumah tersebut sah secara hukum untuk ditinggali.

Cleveland adalah kota yang memiliki rumah-rumah yang berharga murah. Di Ardenal Avenue, Cleveland Timur, misalnya, McMullen Realty telah membandrol satu unit rumah dengan empat kamar tidur, lengkap dengan kamar mandi, seharga 1.900 dollar AS. Walaupun isi rumah tersebut berantakan, namun tampak bagus dari luar.

Rumah tersebut memiliki beranda yang menarik, dua jendela atap, serta garasi yang terpisah. Menurut agen properti Tonya Stoudamire, tawaran tersebut sangat menarik. Menurut Zillow.com, pada  Maret 2008, rumah tersebut laku terjual dengan harga 16.677 dollar AS.   “Kawasan Cleveland memiliki rumah-rumah yang indah. Rumah-rumah tersebut hanya membutuhkan seseorang yang datang kepadanya, dan sedikit mencintainya,” sebut Zillow.

Rumah dengan harga miring lainnya berada di Birmingham, Alabama. Rumah antik dengan satu kamar tidur dan kamar mandi dibandrol 1.900 dollar AS. Namun, rumah tersebut pernah terbakar, kata Tom Murphy Realty.

Kendati demikian, rumah tersebut berada di tanah yang indah, dekat dengan perkotaan. Selain itu, transportasi di sekitar rumah yang dibangun pada tahun 1923 tersebut mudah diakses. Menurut Zillow, jika berada dalam kondisi bagus, rumah tersebut dapat bernilai 100.000 dollar AS.

Uang Rehabilitasi

Sebagian besar rumah seharga 1.000 dollar AS ini dapat direnovasi dengan harga yang relatif tidak mahal, dan calon pembeli sebenarnya dapat mendapatkan bantuan dari pemerintah. Departemen Perumahan (HUD) AS memiliki program pinjaman khusus untuk pembelian semacam di atas.

Jaminan surat utang rehabilitasi ditujukan untuk menghimbau bank untuk mengeluarkan pinjaman jangka panjang kepada calon pembeli rumah. Jaminan surat utang tersebut meliputi akuisisi dan rehabilitasi properti, kata Juru Bicara HUD Brian Sullivan.

Sullivan menambahakan, ada juga uang sebesar 4 miliar dollar AS dari Program Stabilisasi Lingkungan. Program ini merupakan bagian dari undang-undang penyelamatan rumah yang disetujui Kongres AS pada bulan Juli lalu, yang bertujuan untuk membantu calon pembeli dengan dana yang dapat digunakan untuk pembayaran awal.
HIN
Sumber : CNN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: