Obama “satu presiden pada satu waktu” Bela Diri Soal Sikap Diamnya Mengenai Israel

Obama Bela Diri Soal Sikap Diamnya Mengenai Israel
Rita Uli Hutapea – detikNews

Washington – Presiden terpilih AS Barack Obama tetap tidak mau berkomentar mengenai krisis Gaza. Kebisuan Obama itu bukan tanpa alasan.

Kepada para wartawan di Washington, Obama kembali membela sikap diamnya itu. Dikatakan Obama, jika menyangkut kebijakan luar negeri, dirinya akan mengacu ke prinsip “satu presiden pada satu waktu.”

“Kita tidak bisa memiliki dua suara yang berasal dari AS di saat kita punya begitu banyak yang dipertaruhkan,” kata Obama.

Penjelasan seperti itu pernah dikemukakan pihak Obama sebelumnya. Sebelum dirinya dilantik menjadi presiden AS pada 20 Januari mendatang, Obama tak akan banyak berkomentar mengenai kebijakan luar negeri. Alasannya Obama tidak ingin menimbulkan kebingungan mengingat George W Bush saat ini masih menjadi presiden AS.

“Selama periode transisi ini, kami tidak terlibat dalam tindakan apapun yang bisa mengirimkan sinyal membingungkan ke dunia mengenai siapa yang berbicara atas nama AS,” tegas asisten transisi Obama seperti dilansir Reuters, Selasa (6/1/2009).

Sejumlah kritikus mencetuskan, dengan sikap diamnya, Obama telah kehilangan kesempatan untuk melepaskan diri dari sikap Presiden Bush yang pro-Israel.

“Diamnya Obama selama 10 hari mematikan di Israel ini telah menggema dan terdengar di seluruh dunia,” cetus ahli strategi Partai Republik, Scott Reed.

Namun Shibley Telhami dari lembaga Pusat Saban untuk Kebijakan Timur Tengah membenarkan sikap diam Obama soal agresi militer Israel di Gaza.

“Sangat bijak bagi dia untuk tak berkata apapun,” ujar Telhami. Sebab menurut Telhami, dengan posisinya sekarang yang belum resmi dilantik menjadi presiden, Obama tak bisa berbuat banyak untuk mempengaruhi apa yang terjadi saat ini.(ita/iy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: