Tahun 2009 : Tahun Indonesia Kreatif

Jumat, 19/12/2008 11:15 WIB
Depdag Canangkan ‘Tahun Indonesia Kreatif 2009’
Nurseffi Dwi Wahyuni – detikFinance


Foto: Suhendra/detikFinance

Jakarta – Dalam keadaan ekonomi melambat, peranan industri kreatif di Indonesia semakin strategis. Departemen Perdagangan pun mencanangkan ‘Tahun Indonesia Kreatif 2009’.

“Tahun 2009 merupakan tantangan bagi indonesia karena krissi ekonomi global, namun tantangan tersebut sekaligus dapat menjadi peluang dan ekonomi kreatiflah merupakan salah satu peluang tersebut,” ujar menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Ia menyampaikan hal itu dalam jumpa pers Sosialisasi Pencanangan Tahun Indonesia Kreatif 2009, di Gedung Depdag, Jalan Ridwan Rais No.5, Jakarta, Jumat (18/12/2009).

Mari menjelaskan pihaknya akan terus mendukung pengembangan ekonomi kreatif agar dapat menjadi tulang punggung ekonomi  indonesia sebab kontribusi ekonomi kreatif ini cukup besar yaitu mencapai 6,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Penciptaan 5,4 juta lapangan kerja, pengurangan angka kemiskinan dan pemberdayaan UKM,”  ujar Mari.

Selain itu, lanjut Mari, dukungan juga akan terus diberikan oleh Depdag kepada para pelaku industri kreatif mencakup 14 sektor agar dapat mengembangkan ide-ide dan karya kreatif.

“Sektor unggulan industri kreatif yaitu desain, kerajinan, fashion, percetakan, sedangkan yang ingin kita dorong adalah film dan musik nasional” jelasnya.

Pencanangan Tahun Indonesia Kreatif 2009 akan dilakukan oleh Presiden RI dan ibu negara bersamaan dengan peringatan hari ibu ke-80 di Jakarta Convention Center pada tanggal 22 Desember 2008.

sudah bacakan maksud tahun kreatif…. moga2 aja jangan kreatif yang jelek  .. padahal anak bangsa ini kalo soal kreatif  gak ada matinya… mulai internet, musik, seni, fashion dan lain-lain…

Satu Tanggapan

  1. emang bener banget klo tahun 2009 dinyatakan sebagai tahun kreatif. karena kemungkinan pada tahun tersebut perekonomian bakal carut-marut, lapangan pekerjaan juga semakin susah. sehingga kita harus berkreasi, mengembangkan ide dan kreatifitas merupakan kunci sukses seseorang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: