Analisa: AS jadi menerbitkan surat utang, penguatan dolar akan terus terjadi dan membahayakan semua mata uang dunia, termasuk rupiah.

Jakarta – Rupiah masih akan mengalami tekanan tinggi terutama dari faktor eksternal. Fluktuasi mata uang lokal ini terus berlanjut karena ketatnya likuiditas dolar di dunia yang semakin membahayakan nilai tukar rupiah.

Pada perdagangan valas pukul 08.00 WIB, Senin (24/11/2008) rupiah ada di posisi 12.650 per dolar AS dan diperdagangkan di kisaran 12.500-12.800 per dolar AS. Posisi rupiah pagi ini melemah jika dibandingkan penutupan Jumat pekan lalu (21/11/2008) di level 12.000/US$.

Farial Anwar ketika dihubungi detikFinance, Minggu (23/11/2008) mengatakan tekanan terhadap rupiah belum hilang  apalagi jika pemerintah AS jadi menerbitkan surat utang, penguatan dolar akan terus terjadi dan membahayakan semua mata uang dunia, termasuk rupiah.

Sepanjang awal tahun hingga 21 November 2008, rupiah bersama mata uang regional lainnya telah mengalami pelemahan yang signifikan.  Rupiah melemah 22,4%,  rupee India melemah 21,3%, won Korea melemah 38%, peso Filipina melemah17,2% dan baht Thailand melemah 16%.

Farial mengatakan rencana AS menerbitkan surat utang senilai US$ 500 miliar disebabkan pemerintah AS tidak memiliki dana untuk merealisasikan bailout US$ 720-750 miliar. “AS akan defisit besar jika tidak menerbitkan surat utang. Nilai surat utang yang akan diterbitkan belum pasti, tapi yang jelas akan berpengaruh besar pada seluruh mata uang dunia,” jelas Farial.

Penerbitan surat utang miliaran dolar diperkirakan bakal menyerap dolar dari seluruh dunia ke AS. Menurut Farial, dalam kondisi seperti sekarang ini, penyerapan dolar akan menyebabkan dolar semakin langka di pasaran.

“Ini akan mendorong penguatan drastis mata uang dolar terhadap seluruh mata uang dunia, terutama negara-negara yang ikut membeli surat utang AS. Rupiah bakal anjlok tajam. Saya belum bisa perkirakan angkanya, yang jelas anjlok cukup tajam,” jelas Farial.(ir/ir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: