Krismon di Indonesia : Krakatau Steel Akan Rumahkan Karyawan

Krakatau Steel Akan Rumahkan Karyawan

Jakarta, (ANTARA News) – Menteri BUMN Sofyan Djalil membenarkan bahwa PT Krakatau Steel sedang menurunkan produksi yang berakibat sekitar 2.500 orang karyawan akan dirumahkan sementara.

“Mungkin, merumahkan karyawan merupakan tindakan yang disengaja, karena satu di antara dua pabrik saat ini sedang dalam perawatan,” kata Sofyan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

Menurut Sofyan, alasan perseroan mengurangi produksi terkait dengan merosotnya harga baja di pasar internasional dan turunnya permintan di saat jumlah persediaan baja perseroan masih sangat besar.

“Dengan menurunkan produksi stok yang ada diharapkan bisa dijual, sambil juga memperbaiki pabrik,” katanya.

Sebelumnya Dirut PT Krakatau Steel Fazwar Bujang dalam suatu kesempatan sempat menginformasikan akan merumahkan sekitar 2.500 karyawan selama proses perawatan pabrik.

Namun kemudian dibantah, dengan alasan bukan merumahkan tetapi menurunkan kapasitas pekerjaan sejumlah karyawan.

Sofyan menjelaskan, langkah yang diambil manajemen tidak menjadi masalah asalkan sebelumnya telah diperhitungkan dengan tepat.

Masalah serupa (menurunkan kapasitas) sesungguhnya bukan saja dialami Krakatau Steel, tetapi juga seluruh perusahaan baja termasuk perusahaan yang baru beroperasi sekalipun, mengalami nasib yang sama.

Ia tidak merinci sampai kapan perusahaan menjalankan program menurunkan kapasitas kerja karyawan itu akan berlangsung.

“Tergantung bagaimana persediaan baja yang dimiliki. Yang pasti gaji karyawan tetap penuh, namun tidak ada bonus, dan tunjangan lain-lain,” ujarnya.

Dalam situasi seperti sekarang yang penting bagi pemerintah diutarakan Sofyan, bagaimana pemerintah membuat kebijakan supaya baja illegal tidak masuk ke dalam negeri.

“Menurunkan kapasitas sifatnya hanya cyclical saja, di tengah upaya pemerintah mengantisipasi berbagai praktik yang merugikan perusahaan nasional seperti adanya penyelundupan baja, maupun dumping,” katanya.

Terkait rencana penjualan saham perdana (IPO) Krakatau Steel yang diprediksi baru bisa direalisasikan pada tahun 2009 akibat pasar saham yang sedang ambruk, Sofyan menegaskan fokus saat ini adalah mengambil tindakan untuk penyelamatan perusahaan di tengah krisis keuangan global yang berimbas pada penurunan permintaan baja di pasar.

“Kita bicara selamat dulu lah, baru kemudian bicara IPO,” katanya.(*)

=====

Jakarta Kyoei Hentikan Produksi Baja
Indro Bagus SU – detikFinance


(Foto: Irna-detikFinance)

Jakarta – Perusahaan baja, PT Jakarta Kyoei Steel Works Tbk (JKSW) menghentikan kegiatan produksi bajanya sejak Oktober 2008 karena anjloknya permintaan di pasar.

“Turunnya permintaan barang di pasar domestik serta turunnya harga sekitar 40% sejak bulan Agustus 2008. Untuk menyesuaikan dengan turunnya harga baja impor menjadi penyebab utama berhentinya kegiatan produksi,” kata Dirut JKSW M Djauhari dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (19/11/2008).

Djauhari menjelaskan, bahwa kelompok industri baja lonjoran di Indonesia yang berjumlah 70 perusahaan, dimana JKSW menjadi salah satu anggotanya, dalam kurun 2 bulan terakhir mengalami penurunan produksi yang signifikan. Bahkan sebagian besar kelompok industri baja lonjoran telah menghentikan kegiatan produksinya.

Dengan berhentinya produksi, turunnya permintaan serta melemahnya harga baja, perseroan memperkirakan penjualan tahun 2008 hanya akan mencapai Rp 179 miliar, atau hanya naik 36% dari penjualan tahun 2007.

Perseroan juga menegaskan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) meski kegiatan produksi berhenti sementara. Perseroan hanya merumahkan sementara sebagian karyawan di bagian produksi dan hanya melakukan kegiatan maintenance saja.

Harga saham JKSW pada penutupan perdagangan saham Selasa kemarin (18/11/2008) ada di level Rp 81 per saham.
(ir/ir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: