boleh kan merindukan presiden mendatang perempuan…..

sri mulyani saat 41, 20, dan 12<!–
— Oleh Pepih Nugraha – 4 December 2007 : 02.31 – Dibaca 900 Kali0 Tanggapan

–>

Oleh wisnu nugroho – 11 November 2008 – Dibaca 505 Kali –
srimulyani/jp

srimulyani/jp

ini bukan tulisan soal umur sri mulyani indrawati yang pada 26 agustus lalu genap berusia 46 tahun. ini cerita tentang sri mulyani indrawati yang di lingkungan istana harus selalu disebut mbak ani, bukan bu ani.

meskipun tiga jabatan kementrian sudah dan masih ada di tangannya, menteri negara perencanaan pembangunan nasional, menteri keuangan, dan menteri koordinator bidang perekonomian, sebutan bu ani tetap terlarang disebut di istana untuk menunjuk dirinya.

bu ani, sejak empat tahun lalu sudah “dipatenkan” untuk menyebut isteri pak beye atau yang disebut sebagai ibu negara, kristiani herawati.

jabatan menteri negara perencanaan pembangunan nasional ditinggalkannya saat perombakan kabinet pertama, desember 2005. pak beye memberinya kepercayaan menjadi menteri keuangan. pangkat mbak ani naik jika dilihat dari nomor kendaraan dinas yang digunakannya yaitu dari ri 41 menjadi ri 20.

dua tahun menjadi menteri keuangan dan mengenakan nomor polisi ri 20, pada mei 2008, mbak ani mendapat tugas tambahan. tugasnya tentu bukan tugas sampingan. jika dilihat dari nomor kendaraan dinas yang digunakannya, mbak ani naik pangkat lagi. kini nomor kendaraan dinas yang digunakannya ri 12 setelah boediono menjadi gubernur bank indonesia.

bagi yang bingung sebagai apa mbak ani datang, lebih baik melongok ke parkiran. nomor polisi ri berapakah yang dikenakan di sedan dinasnya. saat bertamu ke istana pun, mbak ani kerap berganti-ganti memakai nomor polisi itu. jika dipanggil pak beye dalam kapasitas sebagai menteri keuangan, nomor ri 20 yang digunakan. jika dipanggil pak beye dalam kapasitas sebagai menteri koordinator bidang perekonomian, nomor ri 12 yang digunakan.

jika nomor dijadikan acuan, menyandang nomor polisi ri 12 menjadikan mbak ani sebagai pembantu perempuan yang paling dekat dengan pak beye. memang di atas mbak ani masih ada bu ani (ri 3) dan bu ida (ri 4). namun, dalam tata kelola pemerintahan, kedekatan keduanya dengan pak beye bisa dikatakan kurang intensitasnya.

karena intensitas itu dan besarnya kekuasaan yang ada di tangannya, mbak ani menjadi perempuan terkuat di indonesia saat ini. kekuatan mbak ani terlihat nyata saat indonesia terkena dampak krisis keuangan global.

menengok dari nomor kendaraan dinas yang saat ini dikenakannya, tak ada satu pun pejabat perempuan di atasnya. bahkan, aburizal bakrie, orang terkaya di indonesia tahun 2007 versi majalah forbes pun, berada tepat di bawahnya yiatu ri 13. aburizal bakrie pernah mendapat kendaraan dinas ri 12, tetapi hanya bertahan setahun saja sebelum diminta pemberi kuasa.

entah kenapa pihak istana memberi nomor kendaraan dinas menteri koordinator bidang kesejahteraan rakyat ri 13. nomor itu diberikan sejak dirinya dinyatakan sebagai orang terkaya di indonesia untuk menggantikan nomor ri 14. saya hanya menebak-nebak saja, mungkin menjadi kaya saat menjadi pejabat negara itu adalah sebuah kesialan.

masakan pelayan dan pembantu kaya raya?

menutup tulisan tidak penting ini, ada kutipan penting dari peneliti senior lipi, ikrar nusa bhakti yang menyebut mbak ani adalah contoh pahlawan masa kini yang tidak takut kehilangan jabatan demi mempertahankan agar indonesia tidak bangkrut karena ulah tak terpuji segelintir pengusaha.

dengan gelar pahlawan masa kini yang diamini banyak orang ini, mungkin saja nomor kendaraan dinas mbak ani akan naik lagi. setelah ri 41, ri 20, ri 12, bisa jadi ri 2 atau mungkin ri 1.

boleh kan merindukan presiden mendatang peremuan? menurut bu ani, isteri pak beye, perempuan bersifat lebih baik dari laki-laki.

hayoooo, siapa mau mendukung mbak ani?

sumber : http://wisnunugroho.kompasiana.com/2008/11/11/sri-mulyani-saat-41-20-dan-12/

===

Wah wah komentarku kalo bu ani e salah ding… mbak ani jadi RI 1 ato RI 2 aku dukung lah… siapa tahu sepak terjangnya kalo jadi seperti PM Margaret T Perdana Menteri Inggris itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: