Barack Obama Menang populer vote dan electoral vote…

Electoral Votes 270 Needed to Win

Obama sweeps to victory as first black president

President-elect Barack Obama and his wife Michelle and Vice president-elect Joe A
P – President-elect Barack Obama and his wife Michelle and Vice president-elect Joe Biden and his wife Jill …

WASHINGTON – Barack Obama swept to victory as the nation’s first black president Tuesday night in an electoral college landslide that overcame racial barriers as old as America itself. “Change has come,” he told a jubilant hometown Chicago crowd estimated at nearly a quarter-million people.

The son of a black father from Kenya and a white mother from Kansas, the Democratic senator from Illinois sealed his historic triumph by defeating Republican Sen. John McCain in a string of wins in hard-fought battleground statesOhio, Florida, Iowa and more. He captured Virginia, too, the first candidate of his party in 44 years to do so.

On a night for Democrats to savor, they not only elected Obama the nation’s 44th president but padded their majorities in the House and Senate, and in January will control both the White House and Congress for the first time since 1994.

A survey of voters leaving polling places showed the economy was by far the top Election Day issue. Six in 10 voters said so, and none of the other top issues — energy, Iraq, terrorism and health care — was picked by more than one in 10.

===

Seperti yang telah diprediksi banyak kalangan, Barack Obama akhirnya berhasil mengukir sejarah baru di AS. Politikus berkulit hitam itu berhasil membuktikan kalau perbedaan ras tak mampu menghalangi dirinya untuk memimpin negeri adidaya itu.

Obama terpilih menjadi presiden AS ke-44 sekaligus presiden kulit hitam pertama di negara yang pernah dilanda isu rasial itu.

Di usianya yang semuda itu, Obama telah berhasil mengalahkan rivalnya, John McCain yang telah berumur 72 tahun. Dengan terpilihnya Obama, pria berumur 47 tahun itu menambah panjang daftar presiden AS yang terpilih di usia relatif muda.

Obama akan berumur 47 tahun 5 bulan saat dilantik menjadi presiden baru AS pada 20 Januari 2009 mendatang. Obama lahir pada 4 Agustus 1961 di Honolulu, Hawaii, AS.

Namun dari 43 presiden AS sebelumnya, ada 4 presiden yang usianya lebih muda dari Obama saat mulai menduduki kursi kepresidenan. Mereka adalah:

1. Ulysses S. Grant: 46 tahun 10 bulan
2. Theodore “Teddy” Roosevelt: 42 tahun 10 bulan
3. John F. Kennedy: 43 tahun 7 bulan
4. Bill Clinton: 46 tahun 5 bulan

Secara keseluruhan, menurut News.com.au, ada 8 presiden AS yang memimpin Gedung Putih saat usia mereka 40-an tahun. Empat lagi adalah: James Polk (49 tahun 4 bulan), Franklin Pierce (48 tahun 3 bulan), James Garfield (49 tahun 3 bulan) dan Grover Cleveland (47 tahun 11 bulan).

Usia rata-rata presiden AS saat dilantik adalah 55 tahun. Jadi presiden termuda AS saat terpilih untuk memimpin Gedung Putih adalah John F. Kennedy. Sedangkan presiden termuda saat harus melanjutkan kepemimpinan adalah Theodore “Teddy” Roosevelt, setelah presiden William McKinley terbunuh.

Presiden SBY juga mengucapkan selamat kepada Barack Obama yang terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). SBY berharap hubungan bilateral RI dan AS dapat ditingkatkan di bawah kepemimpinan Obama.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Senator Barack Obama atas keberhasilannya menjadi Presiden Amerika Serikat pada periode mendatang,” kata SBY di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (5/11/2008).

SBY juga mengucapkan selamat kepada rakyat AS yang telah menggunakan hak pilihnya untuk menyukseskan pemilihan presiden tersebut.

“Saya berharap hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan presiden baru dapat ditingkatkan secara lebih konstruktif,” ujar SBY.

Menurut dia, hubungan atau kerjasama atas dasar saling hormat menghormati dan menguntungkan, membawa manfaat bagi Indonesia dan Amerika Serikat.

“Saya memiliki keyakinan kita bisa meningkatkan kerjasama yang konstruktif dan adil mengingat Indonesia dan Amerika Serikat adalah sama-sama negara demokrasi yang besar. Indonesia ingin Amerika Serikat terus meningkatkan perannya untuk betul-betul membangun perdamaian dan keamanan dunia,” papar dia.

SBY selanjutnya mengucapkan selamat untuk Obama dengan menggunakan bahasa Inggris melalui alat telepromter (alat yang biasa dipakai presenter televisi untuk membaca berita)

Wakil Presiden Jusuf Kalla yakin Presiden terpilih AS, Barack Obama akan mampu mengatasi krisis finansial yang sedang mendera negara adikuasa itu. Jika Obama hebat, maka dia akan bisa menyelesaikan krisis hanya dalam waktu 1 tahun.

Hal tersebut disampaikan JK usai mendengarkan pidato kemenangan Obama dari saluran televisi di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (5/11/2008).

“Yang pasti bisa, persoalannya berapa lama dia bisa mengatasi itu,” jawab JK saat ditanya tentang kemampuan Obama menyelesaikan krisis.

“Kalau dia hebat, bisa setahun tapi kalau biasa, bisa 2 tahun atau 3 tahun. Yang jelas secara pribadi, Obama lebih baik dari McCain dan dianggap lebih mampu oleh dunia untukmenyelesaikan persoalan ini,” imbuhnya.

Presiden AS yang baru Barack Obama dibebani tugas yang sangat berat dalam mereformasi sistem keuangan AS. Obama harus memperbaiki kesalahan dalam sistem keuangan AS yang menyebabkan krisis global merebak.

Hal tersebut disampaikan ekonom Christianto Wibisono di sela-sela seminar ISEI di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (5/11/2008).

“Saya harapkan AS dapat mengoreksi juga kesalahan ini. Kesalahan ini terbesar di AS, sistem keuangan AS telah menciptakan produk derivatif yang kriminal. Kriminal yang diizinkan untuk menguras duit orang banyak di seluruh dunia. Jadi yang dijual di Wall Street itu sertifikat-sertifikat aspal. Sertifikat yang aspal selama tujuh kali itu tidak ada realnya dijual,” ujarnya..

Penasehat ekonomi Obama seperti George Soros, Robert Rubbin, Lawrence Summers harus memberikan nasihat agar Obama jangan mengulangi kesalahan yang sudah dilakukan.

“Sebenarnya ini kesalahan multi partai. Semua terlibat utang di AS. Produk-produk itu harus dianggap sebagai penipuan,” ujarnya.

Sebagai presiden AS kulit hitam pertama berarti Amerika lolos dari sejarah, AS membuktikan bahwa AS bisa memilih siapapun yang dianggap sebagai yang terbaik yang bisa mengawasi sistem keuangan dunia.

“Kepemimpinan AS harus ditantang agar mereka harus merombak dan untuk membentuk lembaga supra nasional baru yang mampu mengawasi sistem keuangan dunia agar tidak terulang lagi,” ujarnya.

Untuk memperbaiki kesalahan sistem keuangan itu, pemerintah AS di bawah administrasi Obama harus merangkul negara-negara di negara Eropa dan Asia seperti Indonesia.

“Indonesia harus masuk ke G-20, masukkan konsep kita untuk reformasi keuangan dunia. AS harus menghargai pemegang saham lain di Eropa dan Asia. Sekarang yang punya duit banyak itu Arab dan China, mereka harus diajak. Indonesia dalam G-20 mewakili ASEAN harus bisa merombak struktur itu” ujarnya

Direktur Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia Halim Alamsyah mengatakan dengan kemenangan Obama maka filosofi pengaturan keuangan akan mengalami perubahan. “Standar sektor keuangannya akan lebih ke tengah dan ke kiri. Jadi akan jauh berbeda dari yang ada pada saat ini,” ujarnya.

Sementara itu pengusaha Indonesia juga lebih suka pria kulit hitam yang pernah tinggal di Indonesia ini yang menang menjadi orang nomor satu di AS.

Kenapa? Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi, karakteristik Barack Obama yang selalu menyelesaikan masalah dari internal dinilai akan menguntungkan Indonesia.

Jika Obama fokus menangani krisis AS dari dalam negeri AS sendiri, maka ekonomi AS bisa lebih cepat pulih.

“Obama kan selalu berusaha menyelesaikan masalah dari dalam, apalagi kalau dia didukung anggota Kongres yang sebagian besar Demokrat. Maka penyelesaian krisis bisa lebih cepat,” katanya disela-sela Rakornas Kadin Indonesia Bidang Kerjasama Ekonomi Internasional di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (5/11/2008).

Jika penyelesaian krisis ekonomi AS lebih cepat, maka diharapkan dampaknya juga akan segera terasa melalui pesanan-pesanan untuk industri ke Indonesia.

“AS memang bukan lagi satu-satunya super power ekonomi dunia, sekarang ada Jepang, China, India. Tapi tetap saja perdagangan di AS yang paling besar dan sangat berpengaruh,” katanya.

Sofjan menambahkan, dampak kemenangan Obama baru terasa di Indonesia ataupun negara lain setelah 1-2 tahun. Karena dalam masa itu Obama akan fokus menyelesaikan masalahnya di dalam negeri dulu.

Sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam jumpa pers di Istana Merdeka Jakarta, juga berharap AS dengan pemimpin yang baru berada di depan dalam mengatasi krisis.

“Secara khusus Indonesia berharap agar AS dengan kepemimpinan yang baru berdiri di depan dan mengambil langkah-langkah yang nyata untuk mengatasi krisis keuangan global yang sedang terjadi dewasa ini karena krisis itu dipicu oleh keadaan atau krisis keuangan di AS sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: