Spiderwomen : With great power comes great responsibility

Jakarta – “With great power comes great responsibility“. Begitulah kalimat yang diucapkan Paman Peter Parker, kepada sang Spiderman. Kalimat itu pula yang menginspirasi Sri Mulyani sehingga bersedia menjadi Menteri Keuangan.

Wanita yang baru saja mendapatkan 2 penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik ini mengaku bahwa pada awalnya dirinya sempat tak pede ketika Presiden SBY mendapuknya sebagai Menkeu menggantikan Boediono, yang diangkat sebagai Menko Perekonomian.

Mantan Direktur IMF ini mengaku, menjabat sebuah posisi yang sangat kuat dan berpengaruh menjadi beban tersendiri.

“Saya tidak pede waktu presiden mempercayakan jabatan Menteri Keuangan. Mengurus keuangan ini sangat menantang punya kekuatan besar,” ungkapnya di sela-sela acara stakeholders meeting di Departemen Keuangan, Jakarta, Kamis (30/10/2008) malam.

Namun film Hollywood ‘Spiderman’ lah yang selanjutnya mendorong Sri Mulyani untuk mau menerima jabatan tersebut. Menurut wanita kelahiran Lampung, 46 tahun silam itu, dalam film tersebut ada sebuah kalimat yang selalu diingat dan dijadikan patokan dalam kesehariaanya.

With great power comes great responsibility (dengan kekuatan yang besar, muncul tanggung jawab yang besar pula),” ujarnya.

Kalimat yang diucapkan oleh Ben Parker kepada Peter Parker sebelum akhirnya Ben meninggal itulah yang selama ini tersimpan dalam wanita yang biasa disapa Ani itu.

“Kita bisa sangat mudah menyalahgunakan power, kita juga kadang terlalu takut untuk bertanggung jawab. Kita harus bisa membagi keduanya sama rata antar kekuatan dan tanggung jawab,” imbuhnya.

Ia pun bersyukur selama ini kekuatan dan tanggung jawab yang besar tersebut mendapat dukungan dari banyak pihak.

“Saya merasa bersyukur, saya mendapatkan support dari berbagai pihak. Teman, keluarga, rekan kerja untuk menjalankan great power tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini Indonesia membutuhkan institusi yang kuat, dapat diandalkan dan berkredibilitas tinggi. Ia berjanji dengan kekuatan dan pengaruhnya yang cukup besar akan membuat Departemen Keuangan menjadi institusi tersebut.

“Kami dalam hal ini akan 100 persen menjaga reputasi Departemen Keuangan. Indonesia punya Menkeu yang bisa menjaga selama 24 jam penuh. Itu yang kita janjikan, untuk responding dan anticipating, kemungkinan yang bisa terjadi dalam krisis ekonomi global,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: