Pasar Besar Madiun terbakar….

MADIUN – Seorang pedagang di Pasar Besar Madiun menyesalkan mengapa tidak ada penjagaan serius di pasar tersebut. Padahal, dijadwalkan pagi ini akan dilaksanakan pencoblosan pemilihan Wali Kota Madiun di sana.

“Kenapa Pasar Besar tidak dijaga padahal saat ini statusnya siaga satu karena nanti akan menjadi lokasi pencoblosan Pilkada Kota Madiun,” kata salah satu pedagang di Pasar Besar, Heru Sutaryo di lokasi, Kamis (23/10/2008).

Meski hingga kini belum dapat dipastikan apakah pilkada akan diundur atau tidak, namun yang pastinya konsentrasi akan pemilihan ini terpecah.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah personel gabungan dari Polresta Madiun, Polwil Madiun turut membantu para pemilik kios untuk mengamankan barang-barang yang masih bisa terselamatkan.

Madiun – Ribuan kios di Pasar Besar Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (23/10) sekitar pukul 02.00 WIB terbakar. Api bahkan menjalar ke perkampungan di sekitarnya.

Petugas pemadam kebakaran kota setempat yang mengerahkan 20 mobil pemadam kebakaran, baru sekitar sekitar pukul 05.00 WIB berhasil menjinakan amukan si jago merah. Selain dari Dinas pemadam kebakaran setempat, petugas PDAM dan masyarakat sekitar pasar juga ikut bahu-membahu mencegah api menjalar.

Melihat api yang terus merajalela, diperkirakan 1.616 kios yang ada di pasar ini ludes dilalap api. Keseluruhan kios itu adalah milik 825 pedagang. Beberapa pedagang nampak histeris. Sebagian lainnya langsung jatuh pingsan akibat tidak kuat menyaksikan kios dan barang dagangannya terbakar.

Saat berita ini diturunkan ribuan warga dan pedagang terus berdatangan ke lokasi kebakaran yang ada di Jl Pahlawan. Walikota Madiun Kokok Raya dan Kapolresta Madiun AKBP Setidjak Junianta juga terlihat di sekitar pasar yang tengah terbakar itu.

Imam, salah satu dari 2.200 pemilik kios, mengaku rugi ratusan juta rupiah. “Saya belum sempat menyelamatkan barang dagangan, api sudah keburu membakar kios saya, ” kata pedagang pakaian itu.

Sementara Subandi, salah satu dari ribuan pedagang di pasar itu, memperkirakan, asal mula api diduga dari Blok D-4 (lantai dasar), tepatnya di bagian barat Pasar Besar Kota Madiun.

Api yang membakar Pasar Besar Madiun mulai membesar dan merembet ke
stand-stand yang sebelumnya tidak tersentuh api. Pedagang semakin panik setelah mendengar suara ledakan dari dalam pasar.

Api yang merembet itu terletak sisi timur lantai dua pasar, tepatnya di stand yang berjualan sembako dan ayam potong. Dugaan sementara, api merembet berasal
dari stand yang ada di lantai dua.

Sementara itu di lokasi kebakaran terdengar beberapa kali suara ledakan. Ledakan itu membuat panik pedagang dan petugas pemadam kebakaran. Asal ledakan masih belum bisa diketahui.

Hingga pukul 07.00 WIB, api masih menguasai Pasar Besar Madiun. Ratusan pedagang terpantau memadati jalan dan menjaga barang dagangan yang masih bisa diselamatkan.

Barang yang bisa diselamatkan itu sebagian besar adalah sembako. Pasar Besar Madiun terbakar dini hari tadi. Ratusan lapak dan stand ludes dilalap si jago mereka

Api mengamuk di Pasar Besar Kota Madiun, Jawa Timur. Ribuan lapak dan ratusan kios pun menjadi korban si jago merah.

Api diketahui mulai menjalar sejak pukul 03.30 WIB, Kamis (23/10/2008). Belum diketahui apa penyebabnya, hanya saja ribuan pedagang kini berupaya menyelamatkan barang-barang mereka.

Polisi pun menutup Jl Panglima Sudirman dari arah barat. Upaya ini dilakukan agar tidak terjadi penjarahan. Hingga pukul 05.25 WIB api masih berkobar.

“Api berasal dari lantai 1 tengah yang langsung meluas dan kebetulan di bawah tidak ada yang buka, yang ada hanya di lantai 2, tempat penjual sayur,” ucap pedagang sayur, Ngadiran di lokasi.

Pantauan detikcom, 10 pemadam bekerja ekstra dari PMK Kota dan Kabupaten Madiun. Kebakaran yang kedua kalinya, dahulu pada 1999. Kebetulan kebakaran ini, bersamaan dengan digelarnya pemilihan walikota Madiun

====

Kiosku…. hik-hiks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: