Petra Odebrecht, Caleg PDP Kebangsaan Jerman

Petra Odebrecht, Caleg PDP Kebangsaan Jerman
Kamis, 9 Oktober 2008 07:31:58

Denpasar, (PDP). Lagi-lagi PDP mencatat sejarah pada Pemilu 2009 ini. Setelah mengajukan caleg manusia tertinggi (M Rosyid) dan menjadi satu-satunya partai yang di salah satu Dapilnya mengajukan 100 % perempuan, kini PDP juga dicatat sabagai satu-satunya partai yang mengajukan seorang bule sebagai caleg. Tentu saja, sudah memegang KTP RI. Dia adalah Pe­tra Odebrecht, WNI keturunan Jerman yang maju sebagai Caleg untuk DPR dari PDP melalui Dapil Bali.
Saat berkunjung ke Kantor HU NusaBali bersama Koordinator Pimpi­nan Kolektif Nasional (PKN) PDP Ir. H. Laksamana Sukardi, Senin (6/1), Petra Odebrecht mengungkapkan ikhwal pen­calegannya. Menurut Petra, pilihannya terjun ke politik sebagai Caleg dari PDP melalui Dapil Bali, karena dia tekadnya untuk ‘campur tangan’ memperbaiki nasib Bali lewat jalur politik.
“Saya bisa berjuang lebih baik. Dengan kemampuan dan kolega yang saya miliki selama ini, saya terpacu untuk ikut berjuang bagi Bali. Tak masalah jika ada yang ragu, tapi semua itu akan terjawab dengan kerja keras,” papar Petra.
Perempuan kelahiran Hamburg, Jerman ini mengatakan su­dah merasa pas dengan apa yang dikerjakan saat ini. “Ini juga sudah menjadi komitmen saya, dan banyak teman-te­man yang mendukung. Apalagi, saya juga sudah memenuhi semua persyaratan Caleg yang ditetapkan KPU,” tegas Celeg nomor urut 6 ini.
Bagi Petra, kini saatnya untuk membalas budi daerah, setelah dia selama 15 tahun tinggal di Bali,. “Selama di Bali, sudah banyak yang diberikan Bali pada saya. Kini saatnya untuk ikut memberikan yang terbaik terhadap Bali,” terang bule perempuan yang sebelumnya bekerja se­bagai touristic travel agent dan destinations manager ini.
Lalu, bagaimana asal mulanya dia bisa tertarik terjun ke po­litik? Kepada NusaBali, Petra yang sudah menjadi warga negara Indonesia (WNI) sejak 1992 ini mengatakan, semua berawal dari obrolan tentang kondisi Indonesia dalam satu tahun belakangan. Terutama dari rekannya, I Nengah Netra, yang tak lain adalah Pimpinan Kolektif PDP Bali.
“Dia banyak cerita tentang nasib rakyat kecil yang sering menjadi korban pembangunan. Tetapi yang menakjubkan, mereka itu tak pernah mau menyerah dengan keadaan. Wauw, ini bikin saya tergugah sehingga tergerak untuk melakukan hal yang sama,” jelas Petra yang dua tahun terakhir mengajar Yoga di Canggu Club dan Desa Muda Village di Seminyak, Kuta, Badung.
Bagi Petra, saat ini banyak pembangunan yang belum ber­pihak kepada masyarakat kecil. Termasuk juga terhadap ling­kungan dan budaya lokal. Sehingga banyak petani yang terusir dari sawah garapannya. “Cerita-cerita seperti itu be­tul-betul membangkitkan inspirasi bagi saya,” ungkap per­em­puan yang juga sempat menetap di Jogjakarta ini.
Perempuan yang tinggal di Petitenget, Kerobokan, Badung ini mengatakan, ada beberapa permasalahan serius yang perlu dibenahi Bali. Di antaranya, mengenai lingkungan dan kebersihan. Berbekal pengalamannya berkecimpung di dunia pariwisata selema 10 tahun, masalah kebersihan perlu menjadi perhatian yang serius. “Selama ini masih banyak tempat yang kotor dengan sampah dimana-mana,” jelasnya.
Lewat kepiawaiannya dalam yoga, Petra yang telah menja­n­da ini ingin mengajarkan perlunya keselarasan bagi para anak didik di Bali, sehingga bisa tumbuh menjadi generasi yang cerdas. “Pendidikan adalah hal penting yang tak bisa diabaikan. Sebab jika pendidikan diabaikan, kita tak akan bisa bersaing dengan negara-negara lain yang lebih maju,” papar perempuan yang sudah tiga tahun tak pernah mene­ngok negara asalnya ini.
Petra mengaku merasa nyaman bersama PDP, karena se­mua keinginannya bisa diakomodasi dengan baik. “Itu juga menjadi konsens partai untuk memajukan pendidikan dan kesehatan,” tambah Petra yang kakak laki-lakinya menikahi perempuan Bandung.
Selain itu, yang menyebabkan Petra tertarik bergabung de­ngan PDP, karena partai bergambar banteng putih itu me­miliki kepemimpinan kolektif.
“Ini yang menarik bagi saya. Karena tak ada feodalisme ketua umum, semua ditentukan bersama-sama,” ungkapnya. (ma/ns)

Satu Tanggapan

  1. Assalamualaikum.
    Saya Errie Erlangga wirausahawan asal Bandung yang bergerak di bidang pengadaan atribut sosialisasi Partai Politik/Pilkada seperti Kaos,Bendera,Pin,Sticker,Banner… dsb.
    Mengingat telah dimulainya proses kampanye Pemilu thn 2009 maka saya bermaksud untuk mengajukan penawaran pengadaan atribut tersebut diatas.
    Jikapun ada yang membutuhkan jasa saya di bidang tersebut, Insya Allah saya siap membantu dengan kemampuan yang saya punyai. Saya sertakan pula alamat tempat proses produksi :
    Jl.Bojongloa GG.Kurnia No.4-6 Bandung Jawa Barat .
    Tlp (022)92176057-08157115475.
    Email:errie_erlangga@yahoo.com
    Demikianlah pengajuan penawaran dari saya.
    Atas perhatian serta kerjasamanya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Jazakallah.

    Errie Erlangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: