Ini Dia Mobnas dari Madiun

Ini Dia Mobnas dari Madiun
Waskito Andiyono – detikSurabaya


Interior GEA. Foto: Waskito A

Madiun – PT INKA (Industri Nasional Kereta Api) mulai membuka lebar informasi tentang GEA, mobil nasional yang dikembangkannya di Madiun. Tampilannya ternyata jauh lebih baik ketimbang Kancil, model awal yang dikembangkan PT INKA sebelumnya. Setidaknya itulah yang disaksikan detiksurabaya saat berkunjung ke PT INKA, Rabu (8/10/2008).

Untuk GEA ini, eksteriornya sudah mendekati mobil di kelas citycar lainnya, hanya perlu sedikit polesan aksesori agar menawan. Sementara interiornya, saat ini terbilang masih sederhana. Belum ada AC, tape stereo maupun power window. Namun jika nanti saat siap dipasarkan bisa jadi setelah interiornya takkan jauh berbeda tampilannya dengan citycar lainnya.

Jaminan ini dberikan oleh Humas PT INKA, Fathor Rashid. “Sementara ini, dari 3 mobil yang telah diuji coba memang belum ada fasilitas yang memadai karena harganya juga murah, namun pasti ke depannya pasti lebih nyaman. Karena niat awalnya memang kita utamakan ramah lingkungan dan murah,” tutur Rashid.

Untuk rencana penyempurnaan fisik eksterior dan interior, Rashid mengatakan PT INKA berkomitmen untuk menggandeng indutsri kecil, sehingga keberadaan komponen lokal pada mobil GEA tetap tinggi. Saat ini saja , kandungan lokalnya telah mencapai 80%. “Kita akan gandeng industri kecil untuk kelengkapan yang kita butuhkan seperti jok misalnya harus melibatkan industri kecil untuk mempercepat proses.”

GEA sendiri memiliki spesifikasi mesin berkapasitas 650 cc (bandingkan dengan Daihatsu Ceria yang punya kapasitas 800 cc). Mesinnya bekerjasama dengan sebuah industri di Cina, yang mampu dipacu sampai dengan kecepatan 85 km/jam.

PT INKA sendiri sampai saat ini masih menunggu hasil ujicoba yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai pihak yang pertama berwenang melakukan uji kendaraan sebelum dilemparkan ke pasaran. Sejauh ini, 3 sampel produk telah diserahkan kepada BPPT.(bdh/bdh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: