Hampir 53 Ribu Anak Sakit Akibat Susu Bermelamine di China

AFP
Beijing – Jumlah anak yang jatuh sakit akibat skandal susu bermelamine di China telah mencapai angka yang mencengangkan. Jumlahnya kini hampir 53 ribu anak!

Kementerian Kesehatan China menyatakan, sebanyak 52.857 anak dilarikan ke rumah sakit setelah meminum susu formula terkontaminasi melamine. Sebagian besar dari jumlah itu “pada dasarnya telah sembuh” dan dibolehkan meninggalkan rumah sakit.

Namun sebanyak 12.892 anak hingga saat ini masih dirawat di rumah sakit. Demikian diungkapkan pejabat Kementerian Kesehatan seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (22/9/2008)

Lebih dari 80 persen dari anak-anak itu berumur 2 tahun atau di bawahnya. Empat anak telah meninggal dan 104 anak yang dirawat di rumah sakit saat ini dalam kondisi serius.

Menurut Kementerian Kesehatan China, sebagian besar anak yang dirawat di rumah sakit karena meminum susu bubuk atau susu formula. Kebanyakan dari mereka mengkonsumsi susu formula dari satu pabrik, Shijiazhuang Sanlu Group Co., yang merupakan pusat skandal susu berbahaya ini.

“Anak-anak yang dirawat di rumah sakit mengkonsumsi susu bubuk bayi merek Sanlu. Tak ada kasus yang ditemukan dari mengkonsumsi susu cair,” demikian statemen kementerian.

Menyusul skandal susu bermelamine di China, sejumlah negara telah menghentikan impor susu dari China. Melamine, zat kimia yang biasa digunakan untuk membuat plastik bisa menimbulkan sakit batu ginjal bahkan gagal ginjal akut pada manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: