Zaskia Adya Mecca dan Aib Sinetron Religi Karena Merokok ?????

http://citizennews.suaramerdeka.com/index.php?option=com_content&task=view&id=309 PDF Cetak E-mail
Ditulis Oleh Udin Attar
26-06-2008,
Jilbab warna biru yang membalut paras manis Zaskia Adya Mecca tampak kontras dengan sebatang rokok yang menancap dibibirnya. Ini bukan adegan dalam sinetron, tapi justru dilakukan di sela-sela syuting sinetron Munajat Cinta.

Munajat Cinta adalah salah satu judul sinetron yang dibintangi dara manis mantan pacar Syahrul Gunawan yang kini dikabarkan dekat dengan sutradara muda Hanung Bramantyo itu. Selain Munajat Cinta, masih berderet sinetron dan film layar lebar yang telah melibatkan perannya. Menyebut diantaranya “Kun Fayakun”, “Ayat-Ayat Cinta”, akan menyusul “Ketika Cinta Bertasbih” dan yang pertama kali melejitkan namanya sinetron “Kiamat Sudah Dekat” arahan sutradara Deddy Mizawar.

Berkat perannya di sejumlah tayangan bernuansa religi itu, para pemirsa dan pengagum mengenal Zaskia sebagai sosok perempuan salehah. Penilaian itu wajar ketika kita menghubungkan dengan perannya di “Kiamat Sudah Dekat” sebagai “Sarah” yang pandai mengaji. Para fans pun tentunya menduga dan berharap bahwa apa yang diperankan idolanya dalam sinetron sejalan dengan perilaku kesehariannya.

Tapi image Zaskia kemudian justru dibantah sendiri oleh infotaiment yang selama ini telah turut serta membesarkan namanya. Dalam Bibir Plus pagi di SCTV dikabarkan Zaskia tengah pesta rokok di lokasi Syuting ditemani kekasihnya Hanung Bramantyo dan teman syutingnya, Baim Wong. Foto-foto Zaskia yang tengah merokok pun kini telah beredar luas di internet.

Demam Simbol

Kabar miring Zaskia itu akan mengejutkan siapa saja yang selama ini mengenalnya lewat layar kaca. Anda barangkali akan bilang, Zaskia ternyata tak ubahnya sejumlah selebritis lain yang manis di depan kamera tapi perilakunya liar ketika di luar tuntutan perannya.

Lepas dari kesahihan gosip infotainment dan gambar yang beredar di internet, masyarakat tak perlu memberikan reaksi yang berlebihan. Dalam dunia peran, siapapun bisa menjadi apa yang diinginkan oleh sang sutradara. Dan kebetulan saja Zaskia dianggap lebih pas, atau dalam istilah pasar lebih marketable, untuk memerankan sosok muslimah yang salehah. Di luar itu, Zaskia punya otoritas penuh untuk menjalani kehidupannya sendiri.

Sikap semacam itu penting untuk menghindarkan sentimen kita terhadap simbol agama dan perilaku –kalau merokok bagi perempuan, apalagi dia berjilbab dianggap– menyimpang sang penyandang atribut. Saya tidak sedang mempermasalahkan Zaskia yang mengenakan jilbab dan oleh karenanya ia tak boleh merokok. Tapi ingin menunjukkan betapa hebatnya media membangun citra seseorang, dalam hal ini Zaskia Adya Mecca.

Jika karena ulah FPI yang mengenakan pakaian jubah putih dan menggunakan nama Islam, namun dalam aksinya kerap melakukan kekerasan, lantas kita mencurigai setiap orang yang kita jumpai berpenampilan layaknya FPI sebagai ancaman. Jika demikian halnya, maka efek dari Zaskia yang kedapatan merokok itu akan menjadikan kita menanam curiga kepada setiap perempuan yang berjilbab dengan anggapan negatif.

Kondisi yang sama, sikap sejumlah negara barat yang demam terhadap islam sebagai akibat gerakan sejumlah kalangan muslim –yang disebut barat- fundamentalis yang dianggap akan mengancam perdamaian dunia. Meski dalam satu pihak kalangan muslim itu menganjurkan kekerasan dalam perjuangannya, namun kekerasan itu sebenarnya juga sebagai reaksi atas sikap barat sendiri yang banyak mencampuri negara lain, termasuk negara muslim.

Sikap kita yang mencurigai setiap orang yang berjubah, dan juga negara barat yang demam terhadap Islam, sebagai akibat cara pandang yang menempatkan simbol dan atribut di atas perilaku orang perorangnya. Yang kita pandang adalah jubahnya, yang membuat demam adalah orang islam yang melakukan kekerasan. Padahal jubah itu putih, islam itu damai.

Efek Pencitraan

Kembali ke Zaskia, pembangunan citra bagi seorang aktris itu penting. Ia menjadi semacam bumbu penglaris untuk menguatkan image yang diperankan. Sebagian masyarakat kita tampaknya tak menyadari hal itu. Mereka berharap banyak bahwa sang idola yang mereka kenal lewat layar kaca demikian adanya dalam dunia keseharian. Ekspektasi para fans terhadap idolanya akhirnya berujung dengan kekecewaan ketika mereka mengetahui jika sang idola cuma tampil manis di layar kaca, tapi tidak demikian halnya dalam dunia nyata.

Zaskia tak salah. Mau merokok atau menjadi pelacur sekalipun itu adalah haknya. Tapi tentu ia akan menyadari bahwa dengan terkuaknya aib itu akan menjadi batu sandungan bagi karirnya. Bisa saja ia akan dengan sekuat tenaga menutupi, mengelak, tapi tampaknya juga akan percuma.

Ibarat barang dangangan, brand bernama Zaskia telah cacat. Kelalailan atau kecolongan dalam menjaga citra produk yang dijualnya sungguh sebuah kesalahan yang fatal, tentu saja jika dilihat dari sisi pemasaran. Segmen pasar yang telah dibidik selama ini telah keruh.

Jika pun fans akhirnya menghujat dan memilih meninggalkan Zaskia, itu bukan salah mereka. Tidak bijak juga kita menyebut mereka sebagai penonton tidak dewasa. Audiens film dan sinetron di negeri ini sebagain besar tampaknya masih melihat figur di belakang aktor, bukan semata karena kematangan berakting. Tapi jangan lupa, mereka juga yang telah turut melariskan sinetron dan film bercorak religius yang booming belakangan ini. Meski ada juga yang menikmati akting Zaskia dan aktor lainnya dalam film tanpa peduli kesehariannya.

Zaskia punya pilihan untuk meraih kembali simpati dan kepercayaan dari para fans dengan membuktikan bahwa gambar itu tidak benar adanya, bahwa gambar itu dalam rangka tuntutan peran, atau mengundang pakar spesialis dalam soal ini Roy Suryo untuk bersaksi bahwa gambar itu palsu.

Tapi jika itu benar, dan Zaskia berbohong untuk menutupi kenyataan itu, maka akan percuma saja. Jika kabar miring itu benar, katakan saja apa adanya. Pengakuan Zaskia meski pahit akan membantu publik penikmat sinetron dan film di negeri ini menempatkan posisinya. Dari kejadian ini, setidaknya masyakat kita bisa belajar banyak untuk menjadi lebih kritis dan lebih arif dalam menyikapi setiap tayangan atau peristiwa yang disampaikan lewat media.

Bagi saya pribadi, apapun yang terjadi pada Zaskia, selama dia bisa menunjukkan aktingnya dengan baik, tidak sekadar bintang karbitan yang dipoles untuk memenuhi keinginan pasar, Zaskia akan tetap anggun dengan jilbabnya.
Iklan

44 Tanggapan

  1. kayaknya dia sudah klarifikasi kalo itu hanya latihan buat pengambilan scene, tapi gak taulah benar apa salah

  2. aib seseorang mestinya ditutupi, tidak disebarluaskan. jika apa yang anda tulis itu benar, maka itu adalah ghibah. jika salah, maka anda melakukan fitnah.
    dua2nya memiliki bobot dosa (terutama dosa sosial) yang sangat besar. prinsip saya, stop ghibah, stop infotainment!

  3. Apa yang orang lain lakukan itu hak mereka sebelum kita melihat orang disekitar,lihat dulu kedalam diri kita sudah bener apa tidak?

  4. Kalau memang baik-baik, dan dia memang merokok, ya ngaku aja. kalau kata Gus Dur, “Gitu aja kok repot…”. toh merokok gak ada hubungannya sama moral orang. Ya walaupun menurut saya pribadi Zaskia Mecca adalah seorang yang hanya menjual citra dan hipokrit…

    Kunjungi blog saya dan komentari di http://airdiataskrisan.wordpress.com</a

  5. Untuk Muftiaziz, menurut saya itu tidak ada salahnya sebagai pembuka mata untuk kita semua. lagi pula Infotainment bukan Ghibah kok. kita sudah keburu tercemarkan sama kata gosip. padahal gosip sendiri berarti isu, sebuah topik. sedangkan infotainment juga acara informatif yang menghibur. tayangan berita yang gak ada embel-embel infotainment juga banyak yang ngangkat aib orang. kita bisa bilang itu ghibah? berita tentang dugaan korupsi juga kan ngangkat aib orang dan malah itu baru dugaan dan ada pembentukan wacana di publik. Apa kita bisa bilang tiu ghibah dan fitnah?

  6. Kunjungi blog saya dan komentari di http://airdiataskrisan.wordpress.com

  7. Biarlah orang beralasan apapun yang penting Tuhan Maha Segalanya

  8. @gntong
    Aib adalah kejelekan seseorang yg pada prinsipnya tidak merugikan orang lain, misalnya : cacat tubuh, atau perilaku menyimpang, selama itu bukan kriminal/ kejahatan. Aib tidak selalu terkait dengan moral.
    Korupsi bukan aib, karena ia adalah kriminal/ kejahatan.
    Apapun berita dan format beritanya, jika menyebarkan aib/ kejelekan seseorang berarti ghibah.
    Dalam sebuah hadits, dikatakan bahwa ghibah adalah bagaikan makan daging busuk seseorang.
    Tidak ada manfaatnya membuka mata semua orang akan kejelekan seseorang. Toh itu bukan perbuatan kriminal yang berpotensi merugikan orang lain.
    Kenapa saya tidak suka infotainment?
    1. Isinya sebagian besar hanya sampah. Kalo bukan ghibah, ya fitnah. Jarang infotainment memberitakan hal2 yang bagus.
    2. Masyarakat cenderung meniru dan mencari pembenaran atas perilaku selebritis. Padahal, seperti kita tahu, banyak perilaku mereka yang tidak baik, dan sebaiknya memang tidak disebarluaskan.
    3. Infotainment adalah informasi yg menghibur? Saya nggak melihat bahwa cari-cari aib orang adalah hiburan. Itu perbuatan busuk.
    Saya setuju dg indigo. Jika aib itu adalah perilaku menyimpang (berdosa but not crime), maka biarkan itu menjadi urusan dia dg Tuhannya. Mau bertobat, mau enggak bukan urusan kita.

    That’s all.

    Kunjungi saya dan komentari di http://muftiaziz.wordpress.com

  9. ita Ga nyangKa bgt klo seorang zaSkia bsa ngerokok!!!!!!!
    pdahal ita pling ga ska liaT Cwo ngErokok palaGi klo Cwe duhhhhhhh……………….

  10. Mas Mufti, Mas Gntong, mbok ya sudah, masing2 punya dasar sendiri2, jangan jadi debat yang tidak berkesudahan.
    Tapi kalo boleh urun rembug sih, saya juga gak suka infotainment, lha isine (menurut saya) banyak bohongnya je…., mending nonton siaran bola, seru.
    Masalah Zaskia, ya biarin aja, lha wong itu hidupnya dia, mau dapet citra buruk, ato dapet citra baik, ya tergantung orangnya ndiri…

    Piisss yooo 😀

  11. Ya tapi kan tergantung orangnya. buktinya saya banyak mengambil hikmah dari infotainment. lagipula kan kalau memang orangnya tidak berotak sempit dia bisa mengambil hikmah dari apa yang dilihatnya. Tapi kalau ada tuduhan macam-macam yang diberitakan atas seseorang bukannya itu fitnah ya? seperti dulu media dijadikan alat fitnah oleh pemerintah. sampai sekarang juga ada berita yang berisi tuduhan dan fitnah… ya, tapi ini hanya opini, bukan untuk diperdebatkan…

  12. g usah terlalu dipermasalahkan buaT mas2 dan mba’2 yang ada di atas, yang jelaz yang namanya zaskia addyamecca itu kan memang seorang aktris, apalagi kebanyakan aktris itu suka sekali yang namanya nyari sensasi_ wallahu a’lam
    🙂

  13. lebih baik tanya saja kebenarannya kepada yang bersangkutan gitu aja kok sibuk….

  14. padahal, aku sangat meng-idolakannya.
    tapi jangan berfikir yang neko neko dulu sebelum bener bener jelas. he he tapi ya nggak apa apa ding, lawong urusanya dia ko’. klo bener begitu kita nasehati ajah, oke…..

  15. Mau ngrokok kek, mau jungkir balik kek! itu urusannya mbak meka!

  16. emang gak salah ad org ngerokok..
    tapi kalo menurut aku cewe ngerokok enggak banget dechhh..
    PREMAN banget dan gak layak untuk dicontoh..
    apalagi seorang yang pakai kerudung..
    harusnya jadi contoh buat yang lain…
    ini nichh salah satu yang mencemarkan org berkerudung…
    gak semua orang berkerudung bersifat jelek dan suka ngerokok

  17. ..Setiap langkah manusia adlh ujian, sejauh mana kita menjaga hati dan perbuatan. Jika kita semua menghukum orang lain atas tingkah lakunya dengan menyebarkan issue, hanya hati anda yang dapat menilainya. Hal yang sering terlupakan adlah, mengapa kita lebih menyoroti peran vs ROKOK nya Zaskia, tapi mengapa dia seperti itu??? kita tak pernah tau kan?? Jadi berpositif Tinking lah…. CAYO…!!! Ambil HIKMAHNYA aje…

  18. aduhh.kalo menurut aku kalo itu buat ambil adegan aja kayaknya ga deh.masa ambil adegan pas ada sutradara di sampingnya?

  19. tuh berita baru sebagian lagi. temen gw bilang dia punya gbr zaskia lagi ngerokok ma pcrnya hanum tangan 1 lg mgg roko tgn 1 lg sambil megang anu {maaf} hanum sambil naekin kakinya ke paha hanum. gila ga sich u….

    wanita berkedok………….??

  20. Assalamu’alaikum,,
    Temen-temen,kita ga pernah tau apa alasan sebetulnya ukhti zaskia melakukan hal tersebut,,
    Saya sebagai Muslimah memang merasa terlecehkan, karena JILBAB ini adalah sarana dakwah, dan ternodai oleh sikap seorang ukhti yang mengaku MUSLIMAH,tapi tak usah berkecil hati ALLAH YANG MAHA KUASA PASTI AKAN MEMPERBAIKI SEMUANYA,,
    Merokok memang bukan hal yang Allah HARAMkan tapi MAKRUH,apa artinya makruh, perbuatan yang dicela Allah seperti halnya bercerai,,
    Sekarang, siapa yang benar atau siapa yang salah tidak usah terlalu diributkan, setiap orang punya hak mengeluarkan pendapat, jadi temen2 semua ga perlu jadi ribut gara2 perbuatan ukhti zaskia, terlalu banyak mudharatnya, sayang..seharusnya kira merapatkan barisan untuk melawan setiap kemaksiatan dan kemungkaran, bersatu melawan kezaliman,bukan meributkan hal sepele..masih banyak saudara2 kita yang kelaparan, dibunuh oleh orang2 kafir,dan kita hanya meributkan masalah ukhti zaskia???? SubhanaLLah,kemana akal sehat ini dibimbing???Yang temen2 harus tau adalah ALLAH TIDAK PERNAH MEMBERIKAN SESUATU SIA2,BERARTI DIBALIK KEJADIAN INI ADA HIKMAH YANG BISA DIAMBIL OLEH SETIAP ORANG YANG MELIHAT ATAU MERASAKAN KEJADIAN TERSEBUT,,,
    Sudah jadikan semua pelajaran utk kita hidup kedepan,,
    Smoga Allah Melindungi Teman-teman dari hal2 yang menjerumuskan kita ke dalam kemaksiatan, dan senantiasa membimbing kita untuk menggunakan Anggota Tubuh ini untuk kebaikan,bukan untun mendzalimi orang,,,
    ALLAHU AKBAR!!!!!!
    Wassalam.

  21. Ambil aja yang bagusny, tinggalin yang jelek…
    Jilbabnya boleh ditiru ama cewe2, tapi ngerokoknya jangaaan..
    Gitu aja repoot.. 🙂
    Ya iyaaalaah… masa ya iya doonk…

  22. @Reni
    Ck..ck… patriarkis sekali ya klo cewe ngrokok = ga banget, tapi klo cowo ngrokok?

    Anda bilang:
    “gak semua orang berkerudung bersifat jelek dan suka ngerokok”

    Mari kita ubah sedikit kalimat anda :
    “gak semua orang berkerudung bersifat baik dan ga suka ngerokok”

    Secara semantis kedua kalimat tersebut punya inti yang sama. Akan tetapi, rasa kedua kalimat tersebut sedikit berbeda ya?

    Selalu ada dua/lebih cara untuk melihat sebuah fakta.
    Jadi sebisa mungkin kita jangan berat sebelah dalam menanggapi suatu isu.

    orang berjilbab ngrokok? biasa aja kaleee…..

  23. kenapa sie orang merokok diributkan????
    maupun berjilbab ato ga juga sama2 wanita.
    wanita ya wanita
    merokok ya merokok

    aku cuma bingung aja, kenapa sie wanita muslimah harus berjilbab????

    mending ga usah berjilbab, tapi lakukan hal yang benar
    ketimbang berjilbab, malah jadi MUNAFIK
    ngomongnya “ENGGAK” tapi jauh dalam hati “PENGEN BANGET”

    semoga aja di dunia ini semakin berkurangnya manusia2 MUNAFIK seperti ZASKIA ADYA MECCA

  24. aduh,klo da jelek aja jangan digembar-gemborkan!!!
    padahal peredaran film fitna kmaren terus digembar-gemborkan sampai menuai kecaman bagi agama lain!!
    jangan gtu donk klo emang jelek ya tetep aja jelek!!!
    gk usah munafik la..
    ap seh gunanya sok suci?? buka deh tuh kedok!!!
    MUNAFIK!!!!

  25. yah, cukup prihatin juga siy ngeliat brita ini.
    pertama kali denger dari bokap, gue kira bohong,
    coz gue juga jadi ILFEEL ngeliat dia.
    padahal udah sempet ngira dia itu cewek baek2.
    about latihan pengambilan scene. .yah tetep aja wlaupun latihan itu gak pantes dilakukan.
    tapi yah terserah dia juga siy.

    check my diary http://aborahlaurafuwel.wordpress.com/

  26. iya tuwh.

    orang munafik paling d benci ama masyarakat seluruh dunia
    y kagak tau y ama kepercayaannya si Sazkia

    mungkin ajarannya mengajarkan dia tuk jd orang MUNAFIK

    MUNAFIK???????????
    go to hell

  27. Salam.

    Numpang pengumuman 🙂

    Download ebook pemikiran Islam, pemikiran umum, biogafi tokoh, Fiqih, Al Quran, Hadist, Novel, Bahasa Arab, Pernikahan dan keluarga Islami di

    http://arifrahmanlubis.wordpress.com/38/

    Hatur nuhun.

  28. pengumuman

    sepertinya gak perlu buku mengenai agama dan sejenisnya
    karna itu hanya dari 1 sumber

    yang kita perlukan adalah fakta

    orang yang udah menutup aurat, berarti udah menutup diri dengan keduniawian

    sepertinya pandapat bee to udah jelas banget
    gak ada yang perlu di jelaskan lagi

    gak lama lagi dunia bakal di penuhi orang2 MUNAFIK
    y semoga aja Tuhan menyeimbangkan dunia yang indah ini

    ameen………….

  29. hei arifrahmanlubis……..

    sebenarnya tau gak seh isi dari Quran to semua????
    sudah di pelajari tidak tuch tiap kata dan tiap hurufnya???

    sudah nonton film FITNA belum??
    kalau belum, nonton aja di youtube.com
    search disana
    film apa aja ada koq di sana
    tinggal masukkan kata kunci aja

    ingat

    gak semua wanita berjilbab bersifat jelek dan suka merokok

    tapi

    gak semua wanita berjilbab bersifat baik dan gak suka merokok

    intinya

    jangan MUNAFIK

  30. Ya ampun.
    Kslahan ky gt ja k0q dgemb0r2in ch.
    Santai aja npa.
    Sazkia kn bru bbrpa thn yg lalu pke krdung,dan it btuh wkt pnjg bwt mmprbaiki skap’y dmasa lalu.
    Liat lha skap dy dmsa lalu ky pa qt jg tw, ,
    Sazkia kn dlu’y jg sk ngr0k0,ngr0k0 it kl0 qt udh kcanduan sush bwt kmbli n0rmal.
    Btuh wkt bgt.
    Wjar sja kl0 dy mch mengk0nsumsi it.
    Mgkn yg jd prmslhn,”mengapa hrz dtmpt umum” ya kn.
    Sazkia jg mnusia,pny khilafan.
    Dgn kjdian ky gni,insyaallah smwa jdiin plajaran ja.
    Gk ush dbwa pucng,
    Dy pny khdupan’y sndr,saia yqn sazkia tw pa yg dy prbuat.
    Liat dri qt ja ky pa,gk ush k0mentar yg mcm2.

  31. Wih ribet amt seh??
    Knp seh kbyakan org trlalu menyibukan drinya utk urusan org lain? Knp ga cba “merapihkan” dri sndri dlu? Hm.. Manusia memang slalu suka yg ribet2 ya? Huhu.. Wahai manusia yg ada d bumi ini, ga pnting ngurusin mslah org lain! Tuh artis mw ngrokok kek, jungkir blik kek, biarin aja “kasih daaaah” dy artis ini knp qt yg repot? Bwt te2h zaskia, laen x hti2 ya.. Peace love n gaul… Hidup perdamaian!!!

  32. resiko karier……sbg celeb yah gitu deeeeh siap siap privacy berkurang…wkwkwkwkw piss

  33. udah pada gila to………..
    gila…..
    gila…..
    gila…..

    kalian udah pada gila………

    hahahahahahahahahahahahaha

  34. muftiaziz, saya setuju dengan Anda. stop ghibah (fitnah), stop infotainment. Acara ndak mutu. Mending bangsa yang udah terpuruk ini bikin filem kayak jackie chan, biar ndak malu2in. Thailand udah bisa bikin filem sehebat ongbak, kok indonesia cuman bikin gosiiiiipppp… bikin sinetron nangiiiiisssss….
    Buat zaskia sendiri, biarken ajah dia, wong itu urusan dia. kalo dia mau dosa yah biar dia yang dosa, kalo ndak dosa yah biar ndak dosa. knapa musti kita menghakimi? sepertinya kita udah terlampau suci untuk melihat hal2 buruk orang lain.
    terus ajah racuni bangsa dengan tayangan cengeng dan ndak mutu. dijamin indonesia semangkin terpuruk.
    Gemes gue sama produser2 dan sutradara2 indonesia

  35. buat mbak intan, yang anda kataken benul. orang harusnya bawa diri karena akan menjelek2kan agama kalo merokok sambil berjilbab. pertama, merokok itu harom, menurut sebagian ulama, dan sebagian lain bilang makruh.
    btw, menurut saya, biarken ajah. toh kita ndak bisa jamin foto2 itu aseli. kalopun aseli, kita ndak bisa masuk ke area hak pribadi orang. dakwah itu ada batasannya, terutama bagi kalangan yang dianggap belum melek syariat. jangan sampai dakwah dianggap momok karena serba melarang. dan sepanjang pengalaman dakwah saya, mencela perbuatan orang ndak akan mendekatken orang tersebut pada kita.

  36. weleh…weleh…weleh

    Jacky Chan?????

    gak banget

    mending Naughty America seperti My Friend Hot Mom, My Sister Hot Friend, Adultery Latina ato Bangbross

    Itu baru namanya Tontonan

    dijamin Bangsa kita lebih maju dari Amerika………

    :D:D:D:D:D

  37. walaupun dia merokok ngak ada salahnya khan, ? ? ?

    Kenapa pusing mikirin orang lain, ? ? ? ? ?

    Merokok tidak sama dengan Negatif kan ? ? ? ?

    apa hubungannya jilban dan rokok ? ? ? ?

    Ryan yang tidak merokok aja bunuh 11 orang ? ? ? ?

    apa lagi ya, males aaah ? ? ? ? ?

  38. ngak papa ngerokok mas, sebelum rokok dinyatakan haram oleh mui

  39. fucking bitch…

    g usah pake jilbab aje…

    g mutu beth…

    gw lbh ngehargain cw dgn credibility sekalian buruk daripada buruk dibalut ama kesucian…

    apaan…

    najis!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  40. qt gk ush ribut2…….yg pntng dr kejdian yg sprti itu qt ambl pelajaran sj biar qt jd lbh baik.okey……..

  41. jilbab sebagai topeng, wong dari dlu emank suka dugem tu meka, sapa sih ga tau???

    lo lo lo ga tau??? BASIII dahhh…

    laen kali jilbab e d copot, pindahin ke mulut, biar pas ngerokok ga ketauan…kebakaran dehhh…

  42. Bro, sis.. tiap org punya hidupnya masing2.. jangan ditiru kalo itu jelek.. tapi yg jelas… liat diri sendiri…. kalo kau ingin menilai sesuatu.. mulai dari dirimu, baru bicara org lain ok!.. peace for all…

  43. Mbok oRnG berjILbaB Ko’ NgRokoK SicH??????M4nG G’ M4lU P4????

  44. mmmpppphhhhh…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: