Lowongan Kerja Departemen Keuangan menawarkan 2.630 posisi bagi para sarjana Indonesia

Selamat Datang

Bergabung Bersama Kami Membangun Bangsa

“Departemen Keuangan menawarkan 2.630 posisi bagi para sarjana Indonesia untuk menjadi calon pejabat di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar pada 1.063 kantor di seluruh Indonesia.”

Departemen KeuanganDepartemen Keuangan adalah salah satu departemen yang mempunyai fungsi strategis, karena hampir seluruh aspek perekonomian negara berhubungan dengan kebijakan Departemen Keuangan, antara lain perencanaan, penyusunan, serta pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Selain itu, terdapat pula kebijakan perpajakan; kepabeanan dan cukai; dan penerimaan negara bukan pajak. Termasuk pula kebijakan di bidang penyusunan dan alokasi anggaran; perbendaharaan negara; pengelolaan kekayaan negara; perimbangan keuangan pusat dan daerah; pengelolaan utang; serta pasar modal dan lembaga keuangan non-bank.

Departemen Keuangan memiliki kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, yang memberikan layanan langsung kepada masyarakat, dengan jumlah pegawai mencapai 63 ribu orang. Oleh karena itu, menjadi wajar bila publik menuntut profesionalisme birokrasi Departemen Keuangan yang mampu menghasilkan kebijakan yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik kepada publik.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut Departemen Keuangan melaksanakan Reformasi Birokrasi yang bertujuan untuk (i) menciptakan aparatur negara yang bersih, profesional, dan bertanggung jawab, serta (ii) menciptakan birokrasi yang efisien dan efektif sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang prima.

Proses Reformasi Birokrasi yang saat ini tengah berjalan membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, kompeten, bebas dari segala bentuk korupsi, dan penyalahgunaan jabatan serta memiliki keinginan untuk senantiasa memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, mampu memenuhi rasa keadilan masyarakat, dan mendahulukan kepentingan rakyat.

Apabila anda, putera-puteri terbaik Indonesia, berminat serta mempunyai kemampuan, integritas, dan komitmen kuat untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, sekaligus berkeinginan berperan dalam proses transformasi bangsa menuju masyarakat adil, makmur, dan berperadaban tinggi, kami memberikan kesempatan untuk bergabung bersama di Departemen Keuangan.

Departemen Keuangan menawarkan 2.630 posisi bagi para sarjana Indonesia untuk menjadi calon pejabat di 12 unit Eselon I Departemen Keuangan yang tersebar pada 1.063 kantor di seluruh Indonesia.

Selamat Bergabung.

Sekretaris Jenderal

Mulia P Nasution
NIP 060046519

Persyaratan disisni http://ppns.depkeu.go.id/Persyaratan.asp

DEPARTEMEN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

PENGUMUMAN
NOMOR : PENG-01/PANPEN/ VI/2008

TENTANG

PENYARINGAN/ PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
TINGKAT SARJANA DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN KEUANGAN
TAHUN ANGGARAN 2008


Dalam rangka mengisi formasi pegawai Departemen Keuangan R.I. Tahun Anggaran 2008, Departemen Keuangan memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang berijazah Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2) untuk diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan ditugaskan di lingkungan Departemen Keuangan R.I. yaitu :

I. UNIT ESELON I YANG MEMBUTUHKAN TENAGA SARJANA/PASCA SARJANA

1.    Sekretariat Jenderal;
2.    Direktorat Jenderal Anggaran;
3.    Direktorat Jenderal Pajak;
4.    Direktorat Jenderal Bea dan Cukai;
5.    Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
6.    Direktorat Jenderal Kekayaan Negara;
7.    Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan;
8.    Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang;
9.    Inspektorat Jenderal;
10.  Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan;
11.  Badan Kebijakan Fiskal;
12.  Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

II. KUALIFIKASI PENDIDIKAN

KODE
JENJANG
PENDIDIKAN
KODE
KUALIFIKASI PENDIDIKAN
01
Sarjana (S1)
01
Administrasi Negara
02
Hubungan Internasional
03
Akuntansi (mempunyai Register)
04
Ekonomi Akuntansi
05
Ekonomi Manajemen
06
Ekonomi Studi Pembangunan
07
Ekonomi Syariah
08
Hukum
09
Hukum Internasional
10
Psikologi
11
Pendidikan
12
Perpustakaan
13
Kearsipan
14
Sastra Inggris
15
Komunikasi
16
Geografi
17
Kehutanan
18
Sosial Ekonomi
19
Pertanian (Agro Industri)
20
Statistik
21
Aktuaria
22
MIPA (Matematika)
23
Sistem Informatika
24
Manajemen Informatika
25
Teknik Informatika
26
Teknik Elektro (Arus Lemah)



KODE
JENJANG
PENDIDIKAN
KODE
KUALIFIKASI PENDIDIKAN
27
Teknik Sipil
28
Teknik Pertambangan
29
Teknik Geodesi
30
Teknik Geologi
31
Teknik Industri
32
Teknik Mesin
33
Desain Grafis
02
Pasca Sarjana
01
Manajemen Keuangan
(S2)
02
Manajemen  Aset dan Penilaian Properti
03
Psikologi/Profesi

III. SYARAT DAN TATA CARA PENDAFTARAN

A. Persyaratan Umum

1.
Warga Negara Indonesia;
2.
Berusia minimal 18 tahun, pada tanggal 30 Juni 2008;
3.
Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
4.
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
5.
Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS;
6.
Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
7.
Berkelakuan baik;
8.
Sehat Jasmani dan Rohani;
9.
Bersedia bekerja pada instansi-instansi dalam lingkungan Departemen Keuangan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B. Persyaratan Khusus

1.
Mempunyai Indek Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3.0 dalam skala 4 bagi lulusan Sarjana (S1) dan 3,25 dalam skala 4 bagi lulusan Pasca Sarjana (S2);
2.
Umur pada tanggal 30 Juni 2008, tidak lebih dari 27 tahun bagi pelamar lulusan S1 non Akuntan (batas tanggal lahir 30 Juni 1981 dan setelahnya), dan 30 tahun bagi pelamar lulusan S1 Akuntan beregister dan lulusan S2 (batas tanggal lahir 30 Juni 1978 dan setelahnya).

C. Tata Cara Pendaftaran

1.
Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui Portal Departemen Keuangan www.depkeu.go.idmulaitanggal 30 Juni 2008 Pukul 00.00 WIB sampai dengan tanggal 6 Juli 2008 Pukul 24.00 WIB;
2.
Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online akan memperoleh Nomor   Registrasi;
3.
Pelamar wajib mencetak formulir pendaftaran secara online (setelah memperoleh Nomor Registrasi), membubuhi pas photo berwarna terbaru ukuran 4×6 cm dan menandatanganinya sebagai salah satu syarat pendaftaran ulang (pengambilan Tanda Peserta Ujian);
4.
Pengumuman tempat dan waktu Daftar Ulang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2008 melalui portal Departemen Keuanganwww.depkeu.go.id;
Informasi lebih lanjut mengenai Penyaringan/ Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat dilihat melalui portal Departemen Keuanganwww.depkeu.go.id.

IV.   LAIN-LAIN
Dalam proses pendaftaran, Penyaringan/ Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Keuangan Tahun Anggaran 2008 berlaku ketentuan sebagai berikut :
1.
Dalam rangka Penyaringan/ Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun selama proses seleksi/tes.
2.
Biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti tahapan tes ditanggung oleh pelamar.
3.
Setiap Pengumuman, ditayangkan secara online pada portal Departemen Keuangan www.depkeu.go.id.  Setiap Pelamar dapat melihat Pengumuman hasil setiap tahapan tes secara online pada portal Departemen Keuanganwww.depkeu.go.id. dan Papan Pengumuman di KantorPerwakilan Departemen Keuangan di daerah sesuai dengan lokasi tes (TIDAK DIUMUMKAN DI SURAT KABAR).
4.
Bagi mereka yang pernah mengajukan lamaran untuk bekerja ke lingkungan/unit Departemen Keuangan yang sampai pengumuman ini belum mendapat balasan, sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini, supaya mengajukan lamaran kembali sesuai prosedur yang berlaku (lamaran yang pernah dikirim ke Departemen Keuangan dianggap tidak berlaku).
5.
Unit pilihan hanya merupakan bahan pertimbangan panitia untuk penempatan peserta yang dinyatakan lulus/memenuhi syarat dan dalam hal kebutuhan unit eselon I yang dipilih telah terpenuhi, maka peserta yang dinyatakan lulus/memenuhi syarat harus bersedia ditempatkan pada unit eselon I lainnya sebagaimana tersebut pada angka romawi I.
6.
Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap tahap tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7.
Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan sehingga dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut.
8.
Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan, Departemen Keuangan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana di Pengadilan Negeri, karena telah memberikan keterangan palsu

17 Tanggapan

  1. Ko D3 nya ga da si….

    hiksz…
    😦

  2. d3 nya mana??????

  3. kalo d3, depkeu nggak ngambil dari luar instansi, mereka diambil dari STAN. sekarang STAN lagi buka….untuk tamatan SMA……

  4. Kalo mau tip’s and trik ikut ujian STAN..lihat di http://www.pintuhidayah.blogspot.com

  5. yang IPK tinggi belum tentu pintar, mungkin aja dia dapat ipk tinggi hasil contekan.. gimana kalo yang ipknya rendah juga diterima lamarannya terus dites lagi.. siapa taukan yang dibutuhkan perusahaan/PT tersebut ada pada yang IPKnya rendah..

  6. ga semua IPK tinggi hsl nyontek loh…jd gw setuju2 aja klo ada range IPK bwt pelamar.coz klo semua pelamar di tes rasanya kok ga efisien banget.lagian IPK 3 ud mending drpd minta 3.5….mana ada c kuliah sekian thn cuma dpt IPK 2…ga usaha banget tuh org ;))

  7. pake ijazah asli yah????
    kalo pake skl gmn???
    kan baru lulus, ijazahnya byum kluar
    piye ki…..

  8. hikz iya knapa ga ada D3, pan banyak tuh lulusan D3 keuangan!

  9. iye nih, bukanx pinter dikampus blm tentu sip kerjax, gw setuju kalo diadain tes seleksi,
    oiya gmn klo pke STLS, ijazah blm kelwr ni……

  10. infonya kurang update mas.
    yang di copas edisi ppns.depkeu.go.id yang jumat yah???
    skarang dah diubah tuh, ga ad ajumlah pegawai yang akan diterima, dan tulisan pejabat diganti pegawai.

  11. apa semua jurusan sarjana boleh masuk ya?

  12. harus ijazah asli yah…? emang kalo yang di legalisir asli gak bisa? kan ijazahnya ditahan sama pihak outsource, gimana dong? kenapa juga pemerintah pake nge boleh in ada outsource, udah cuma ngerugiin karyawan aja, gak ada untung nya. kaya sekarang nih mw ngwdaftar lagi di tempat lain kan jadi susah.

  13. lamaran kerja

  14. Posisi Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan kerjanya berkutat tentang apa ya.. Jurusan Teknik Elektro Lemah..

  15. kenapa situs bwt lowongan perawat yang ada dilingkungan departemen keuangan tidak bisa dibuka,padahal info nya masih baru,klo g salah tertanggal 07 november,kok sekarang udh kagak ada lagi sich

  16. yang tamatan sarjana pendidikan b. inggris boleh kan mas? oya? pendaftaran untuk tahun 2009 belum ada ya?

  17. untuk tahun 2009 nya mana???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: