Hobbi Futsal yang ternyata bisnis mengiurkan!!!!

Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.


Peraturan

Lapangan permainan
1. Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m
2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos
4. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
5. Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang
6. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif

Bola
1. Ukuran: #4
2. Keliling: 62-64 cm
3. Berat: 390-430 gram
4. Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
5. Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu, tak berbahaya)

Jumlah pemain
1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2
3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
4. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
5. Metode pergantian: “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)

Perlengkapan pemain:
Kaos bernomor, celana pendek, kaus kaki, pelindung lutut, dan alas kaki bersolkan karet

Lama permainan
1. Lama: dua babak 20 menit; waktu diberhentikan ketika bola berhenti dimainkan. Waktu dapat diperpanjang untuk tendangan penalti.
2. Time-out: 1 per regu per babak; tak ada dalam waktu tambahan
3. Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit

PELUANG BISNIS

Sekarang telah mewabah di Indonesia termasuk Jakarta dan kota-kota lainnya. Saya dan temen-teman sekerja memiliki klub futsal yang latihan tiap hari senin sore sehabis pulang kantor. Main futsal itu …. wuahhh capeknya, ternyata umur ini sudah tua…. main 5 menit aja sudah ngos ngosan…..

Nah saat istirahat itulah saya bertanya dlam benak ini ” Kalo bikin lapangan gini lumayan juga ya… dana yang harus dikumpulkan dan berapa keuntungannya…….???

Ok sekarang mulai bermimpi dulu ya… luas tanah yang dibutukan untuk lapangan yang paling kecil adalah 25×15 = 375m2 tambah fasilitas untuk kamar ganti, kamar mandi, ruang terbuka 225 m2 jadi seluruhan 600m2… dan pake rumput sintestis

Sekarang mulailah mencari lokasi yang strategis karena lokasi, lokasi dan lokasi adalah modal utama untuk langka pertama mencapai kesuksesan, bisa dekat perumahan, sekolahan atau lainnya…

Lokasi udah ketemu…. ya sekarang mulailah membangun, bingung cari dananya ya ngutang dulu… dari bank atau investor… atau istilahnya BODOL, analisa saya begini

Harga tanah 1 juta/m2 berarti perlu dana 1 jt x 600m = 600jt

Bagunan indoor terbuka …. rp. 300jt

Total Investasi Rp 900 jt…..

Pendapatan, kalau melihat yang di sini 1 jam = 300 rebu.
1 hari efektif 5 jam = 1,5 jt.

1 bulan berarti 30 hari x 1,5 juta = 45jt

1 tahun 45 jt x 12 = 540 jt

BEP = 900jt : 540 jt = 1,66 tahun … anggaplah sampai 2 tahun.

Ternyata sepertinya kira kira ROI (Return Of Investment) secara wajar 2,5 tahun kalo dikurangi biaya-biaya Setelah 2,5 tahun pokok udah kembali yang ada tinggal biaya pemeliharaan dan keuntungan kita….
Rupanya ada pemasukan lain lo dari kantin, kios yang disewakan, atau kita bisa jualan sekalian misal
sepatu futsal

Kalo yang ada di Jakarta lokasi lapangan futsal ada disini

Anda berminat?



6 Tanggapan

  1. blog nya bagus sekali dan artikelnya juga sangat bagus dan memberikan ispirasi pada pembacanya……

    terima kasih

  2. thanks boz, info ini sangat membantu saya dalam menambah wawasan, good luck booz

  3. bagus tuh bro infonya
    kebetulan saya juga lagi survei2 gt,kebetulan sodara mau invest buat lapangan footsal.di daerah saya belum ada lapangan nya tapi peminatnya lumayan rame.rencana mau buat yang biasa2 aja,maksudnya gak pake rumput sintetis dulu/jadi pake semen halus gitu.kira2 brapa duit ya bos??
    thanx buat infonya.

  4. Bisa minta Nomer HP atau Flexy Bpk. Yusak !
    Tolong di sms ke no. 08125803649.

    Thanks,

    Nico Effendi

  5. bagus sekali, investasi yg sangat menjanjikan…..

  6. 900 jt itu sudah termasuk jaring2 untuk lapangan ga bos ??? tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: