ayah bagi anakmu

Untuk menjadi ayah yang baik ada sedikit masukan :

  1. Selalu perhatian. Sapa tiap pagi, siang dan malam mau tidur.
  2. Lindungi Keluarga. Sebagai ayah sekaligus pelindung. baik di rumah maupun di luar. Perlindungan adalah yang utama seperti contohkan anda saat berkendaaan dengan selalu memakai seatbelt, ajari menjaga kebersihan lingkungan dan jangan lupa kalo ada unag berlebih ikutkan asuransi jiwa dan kesehatan untuk seluruh keluarga.
  3. Sisakan waktu untuk keluarga. Ketika pulang kerja sering yang ada adalah capek dan ingin istirahat. Tetapi usahakan selalu bercanda dengan anak walau hanya 10 menit karena sebenarnya anak merasa kangen dengan ayahnya dari pagi sampai sore biarkan rasa kangen itu terpuaskan.
  4. Beri pelukan. Anak mengingikn pelukan dari ayahnya untuk meluapkan kegebiraanya jangan hanya dengan ibunya saja hehe….
  5. Main dengannya. Ajak bermain keluar rumah seperti saat ini yang lagi musim layang-layang ajak untuk memainkan layangannya walau cuma 1 jam di sore hari, ada kepuasan disana rasa menang saat main layang-layang dan rasa kalah kalo layangannya puus. Lihat 100 Ways to Have Fun with Your Kids for Free or Cheap.
  6. Kadang-kadang jadi “mama”. Dalam keluarga peran “ibu” memang penting mulai masak, mandiin, menyuapi, dari pagi sampe malam ada baiknya sebagai ayah perlu mencoba juga ternya repot kan… disini untuk membina hubungan yang lebih mendalam bisa terjadi antara anak dan ayah.
  7. Dongengkan Cerita. Ini penting dilakukan untuk membawa imaginasi anak ikut berkembang.
  8. Ajari untuk melakukan sendiri.
  9. Ajari tentang keuangan. Ini poin yang sering salah terhadap pengertian uang. Biarkan anak mengelola uangnya sendiri kalo perlu kita lakukan seolah-olah dia “bekerja” misal belajar dinilai x rupiah, sholat/ke gereja x rupiah nanti kita himpun dana tersebut … nah kalau dia minta jajan kita lakukan pemotongan dari dana yang diperolehnya karena telah melakukan kegiatan tersebut disini anak diajari secara tidak langsung bisa menghargai nilai uang bahwa uang tidak datang dg sendirinya masih perlu dengan belajar dan bekerja.
  10. Menjadi contoh terbaik. Ini yang paling susah…

Satu Tanggapan

  1. Bagus sekali masukannya pak yusak, segera saya follow up untuk bapak2 yang punya anak.
    Keluarga jadi hangat, akrab, tahan banting, dan diberkati Tuhan.
    Peace.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: