Gaji-13 PNS Terima bulan Juni 2008

Disaat BBM mau naik PNS terima gaji-13 wah enak tenan.. buat ganti tambah selisih kenaikan BBM..

Selamat untuk PNS anda menerima gaji -13 diterima juni 2008

Kutipan ….

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 35 TAHUN 2008
TENTANG
PEMBERIAN GAJI/PENSIUN/TUNJANGAN BULAN KETIGA BELAS
DALAM TAHUN ANGGARAN 2008 KEPADA PEGAWAI NEGERI,
PEJABAT NEGARA, DAN PENERIMA PENSIUN/TUNJANGAN

(1) Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan diberikan gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas dalam Tahun Anggaran 2008.

(2) Pegawai Negeri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) termasuk:

a. Pegawai Negeri yang ditempatkan atau ditugaskan di luar negeri;

b. Pegawai Negeri yang dipekerjakan di luar instansi pemerintah yang gajinya dibayar oleh instansi induknya;

c. Pegawai Negeri yang diberhentikan sementara;
d. Pegawai Negeri penerima uang tunggu; dan
e. Calon Pegawai Negeri.

(3) Pegawai Negeri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak termasuk Pegawai Negeri yang sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara atau yang diperbantukan di luar Instansi Pemerintah.

Pasal 3

(1) Besarnya gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 adalah sebesar penghasilan sebulan yang diterima pada bulan Juni 2008.

(2) Penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi:

a. Pegawai Negeri dan Pejabat Negara meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan/tunjangan umum, dan tunjangan keluarga;
b. Penerima pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan tambahan penghasilan; dan
c. Penerima tunjangan hanya menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.
(3) Penghasilan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sebelum dikenakan potongan iuran berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Pasal 4Pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 dibayarkan pada bulan Juni 2008.

(1) Penerima gaji terusan dari Pegawai Negeri/Pejabat Negara yang meninggal dunia atau tewas diberikan gaji bulan ketiga belas sebesar penghasilan gaji terusan yang diterima pada bulan Juni 2008.
(2) Penerima gaji dari Pegawai Negeri/Pejabat Negara yang dinyatakan hilang diberikan gaji bulan ketiga belas sebesar penghasilan yang diterima pada bulan Juni 2008.
(3) Pembayaran gaji bulan ketiga belas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dibebankan pada instansi atau lembaga tempat Pegawai Negeri/Pejabat Negara bekerja.

Pasal 7

(1) Penerima pensiun terusan dari pensiunan Pegawai Negeri/Pejabat Negara yang meninggal dunia diberikan pensiun bulan ketiga belas sebesar penghasilan pensiun terusan yang diterima pada bulan Juni 2008.
(2) Penerima pensiun dari pensiunan Pegawai Negeri/Pejabat Negara yang dinyatakan hilang diberikan pensiun bulan ketiga belas sebesar penghasilan pensiun yang diterima pada bulan Juni 2008.

Pasal 8Ketentuan Peraturan Pemerintah ini berlaku juga bagi Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah.

Ketentuan teknis tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah ini ditetapkan lebih lanjut oleh Menteri Keuangan.
Pasal 11Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Pemerintah ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.

Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 7 Mei 2008
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

DR. H. SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 7 Mei 2008
MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA
REPUBLIK INDONESIA,

ANDI MATTALATTA


TAMBAHAN
LEMBARAN NEGARA RI


No. 4850 (Penjelasan Atas Lembaran Negara Tahun 2008 Nomor 68)

PENJELASAN
ATAS
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 35 TAHUN 2008
TENTANG
PEMBERIAN GAJI/PENSIUN/TUNJANGAN BULAN KETIGA BELAS
DALAM TAHUN ANGGARAN 2008 KEPADA PEGAWAI NEGERI,
PEJABAT NEGARA, DAN PENERIMA PENSIUN/TUNJANGAN
I. UMUM

Dalam rangka usaha pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan meringankan biaya hidup Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan dalam tahun 2008, perlu memberikan tambahan penghasilan berupa gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas.
Pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas diberikan dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara, sehingga kebijakan besaran gaji/pensiun/tunjangan diberikan secara proporsional berdasarkan penghasilan setiap bulan. Namun demikian bagi Pegawai Negeri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun/Tunjangan yang menerima lebih dari satu jenis penghasilan hanya diberikan salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan. Apabila Pegawai Negeri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan tersebut juga sebagai penerima pensiun/tunjangan janda/duda, maka kepada yang bersangkutan, diberikan pula pensiun/tunjangan janda/duda bulan ketiga belas.
Penetapan Peraturan Pemerintah ini dimaksudkan untuk memberikan landasan hukum bagi pelaksanaan pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas bagi Pegawai Negeri, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun/Tunjangan, sebagaimana telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2007 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2008.

II. PASAL DEMI PASAL

Pasal 1

Cukup jelas

Pasal 2

Cukup jelas

Pasal 3

Ayat (1)

Dalam hal terjadi keterlambatan administrasi yang mengakibatkan pembayaran penghasilan bulan Juni 2008 belum dibayarkan sebesar yang semestinya diterima, maka kepada yang bersangkutan tetap diberikan selisih kekurangan penghasilan.

Ayat (2)

a. Yang dimaksud dengan “tunjangan umum” termasuk tambahan tunjangan umum.

b. Yang dimaksud dengan “tambahan penghasilan” adalah tambahan penghasilan bagi penerima pensiun yang karena perubahan pensiun pokok baru mengalami penurunan penghasilan atau mengalami kenaikan tetapi kurang dari 15% (lima belas perseratus) sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

c. Cukup jelas.

Ayat (3)

Cukup jelas

Pasal 4

Apabila karena sesuatu hal pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas belum dapat dibayarkan pada bulan Juni 2008, maka pembayarannya dapat dilakukan setelah bulan Juni 2008.

Pasal 5

Ayat (1)

Apabila Pegawai Negeri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan menerima lebih dari satu penghasilan yang berupa gaji dengan pensiun/tunjangan atau beberapa jenis pensiun/tunjangan, maka gaji/pensiun/tunjangan bulan ketiga belas hanya diberikan untuk salah satu yang jumlahnya lebih menguntungkan.
Apabila Pegawai Negeri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun/Tunjangan tersebut di atas juga sebagai penerima pensiun/tunjangan janda/duda, maka kepada yang bersangkutan, diberikan pula pensiun/tunjangan janda/duda bulan ketiga belas.

Ayat (2)

Cukup jelas

Pasal 6

Cukup jelas

Pasal 7

Cukup jelas

Pasal 8

Cukup jelas

Pasal 9

Cukup jelas

Pasal 10

Cukup jelas

Pasal 11

Cukup jelas

39 Tanggapan

  1. beritanya apa benar ya mas….. wah sumbernya dari mana ? Alhamdullillah kalo bener…. soal-e gaji 13 2008 kayaknya belum ada tu’ di temukan di internet baru kali ini ……thankq yach….

  2. wah iya lumayan buat tombok bensin…
    sukur2 dibayar juni 2008

  3. ALHAMDULILLAH akhirnya gaji ke-13 mau cair juga tapi sayangnya BBM naik duluan…

  4. Gaji ke 13 memang sangat menggembirakan para PNS, tapi malah bikin cemberut bagi pekerja di sektor swasta, soalnya nggak ada gaji ke 13 bagi mereka. Di Amrik pasti nggak ada gaji kaya gitu, soalnya orang sana ‘kan paling takut sama angka 13 ……
    Salam http://economatic.wordpress.com/

  5. acchh..bener to mas?koq blm ada sruing-sruing ya..biasanya khabar gaji 13 itu sensitif lho di telinga dan jadi H2C alias harap harap cemas gitu…. lumayanlah bisa nunjang anak sekolah nek bener he..he… maturnuwun.

  6. kurang banyak ciiiiing!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. KOk pp nya nggak ada dilacak di situs lain mas, mana copy peraturan pemerintahnya

  8. kalo bisa mau download PP35-nya biar bisa buat bukti ke teman-2 PNS yang laen.

  9. Mudah-mudahan menjadi kenyataan. Lumayan biar buat biaya sekolah anak-anaknya. Jadi PNS kalangan biasa bisa menikmati fasilitas untuk mengurangi sesaknya keadaan ekonomi saat ini. Trims dan cheers.

  10. wah, akhirnya mencair juga ya gaji ke-13 nya ?
    syukur deh, buat modal kawin..
    wakakakakakakak……………

  11. meski aku belum PNS,ikut seneng juga, coz bapakku bakal ikut dapat uang pensiunan ke-13. Selamat buat teman-teman PNS !!!!!!! yang rajin kerja yeeeee…..

  12. Alhamdulillah. ini berita terbaik yang kudengar bulan ini. buat teman2x yang rajin ya ke kantor. kan gaji 13 akan cair juni ini

  13. wah asyik itu…. mudah2an gaji 13 ini menjadi tradisi, soalnya gaji PNS macam gue ini mana pernah cukup, ditambah biaya BBM yang dah naik duluan,
    Thank’s God!!!!

  14. Lumayan tenen PNS akhirnya dapat gaji 13

  15. Gaji 13 bisa menambah beli kebutuhan hidup, terutama bayar sekolah anak sekarang uang kuliah maaaaahhhhaaaal baaaaangeeeet

  16. enaknya jadi pns

  17. OK CPET KELUARKAN….

  18. ya keluar syukur nggak yo udah. Nggak usah diarepin banget2 mas. makan seketumunya.

  19. sgt membantu bagi anak & org tua yg msk thn pelajaran baru..! pemerintah sungguh2 perhatian kpd PNS khususnya bg mrk yg memiliki usia anak sekolah..slmt buat PNS…!?

  20. WAH,KALAU BENAR BISA BUAT BAYAR UTANG.

  21. kalo pola hidup (hedonisme0 tidak direformasi tambahan penghasilan gaji kesekian___pun tiada artinya.

  22. yang swasta ga usah iri ya!!!!
    pegawe negeri kan gajine kecil, dah gitu sering dimarahin atasan atau kepala bagian.

  23. Mas yusak juga dapet gaji 13 ya………….

  24. mau lab bahasa kontak aja kami

  25. angka 13 emang sial….tapi bagi PNS merupakan angka keberuntungan.tapi ingat!!!!!!!jangan dilihat dari gaji ke -13….coba bayangkan betapa beratnya beban pemerintah dalam mengucurkan dana untuk gaji ke-13..so…..buat rekan PNS lain…..mari tingkatkan kinerja kita guna mendukung program kerja pemerintah untuk mencapai INDONESIA SEJAHTERA…..
    INDONESIA KU BANGSAKU INDONESIA KU NEGERIKU…..INDONESIA KU CINTAKU
    MERDEEEEEEEEEEEKAAAAAAAAAAAAAAAAA

  26. udah bulan juni nih….
    tapi belum ada tanda-tanda dari bagian keuangan…
    trus gimana nih om

  27. batam lom om

  28. wah alhamdulillah saya sudah terima…🙂

  29. YA ENAKLAH JADI PNS APA LAGI SEKARANG SUDAH TANDA TANGAN GAJI 13 MAKANNYA BAGI YANG MASIH JOMBLO PILIHLAH PNS TAPI JANGAN PILIH PEGAWAI NASIB SIAL

    PNS…PNS…PNS YEEEEEEEEEEESSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

  30. apakah gaji 13 termasuk juga tunjangan khusus yang dikeluarkan berdasarkan keppres

  31. lha mbok ya0 gaji 13 belas jangan untuk PNS thok. karyawan kontrak yo ojo lali Bos-bos ……………………. !!! kalau di itung itung jasanya lebih banyak yang kontak Tk 1 atau Tk 2. tanggungannya sama bos bos ..!!!!!

  32. Sebesar Gaji bulan Juni?????? apa ga’ salah!!!!!! Saya Gol II A koq cuma Rp. 1.200.000, pada hal gaji saya bulan Juni Rp. 2.200.000, yang bener Aja pak Menteri.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  33. klo bisa jangan bulan juni………ya..pak mbok sekarang ajaatawa sebelum meii…..makasih buat semua////sy pengagum gaji 13 haaaaa.haaa…

  34. ach… yg bener aj, klu mang bener ya patut kt syukuri klu g bener yg buat berita tanggung dosa ha ha ha…

  35. buaruaann atuh diantos pisan cairnya emang enak dengerna……gaji 13 memang oke

  36. gaji 13 tuk dikami,tapi tuk ditertawakan,haahahaaaaaah !!

  37. da apaan sih ribut-ribut,ada gaji 13,ooh rupanya ada yang kumat asmanya masuk rumah sakit,kelamaan menunggu cairnya,heheheeeh !

  38. Kasihan benar nasib buruh mereka adalah orang yang sangat berjasa di negri ini namun justru yang terzalimi. Cukup dengan menjual secarik kertas bertuliskan sekian persen pemerintah mendapat 50 triliun per tahun dari cukai rokok. Coba kalau 50% saja dikembalikan ke buruh maka 25 juta buruh akan dapat gaji ke 13 sebesar 1 juta. Itu baru dari cukai aj lo, belum yg lain misal pajak kendaraan baru (mobil dihasilkan buruh bukan oleh PNS/TNI/POLRI) belum lagi bea masuk dari suku cadang dll. Saya yakin tak kurang 500 triliun pendapatan negara dihasilkan buruh. Namun setiap tahun justru yang kita dengar adalah program pemerintah untuk menaikkan gaji PNS. Seakan2 yang terbayang di otak menkeu adalah buruh adala binatang yang layak diperlakukan semaunya. Mungkin sri mulyani tidak menyadari bahwa buruh juga punya anak yang butuh sekolah. Alasan memberi gaji ke13 adalah untuk meringankan PNS karena tahun ajaran baru. Maka sebodoh-bodohnya buruh adalah yang tetap nyontreng pada pilpres 2009 nanti, karena tidak ada satu calon presiden pun yang mempunyai program peningkatan gaji buruh. Buruh sekarang hanya dininabobokan dengan isu kerja kotrak padahal yang lebih penting adalah meminta hak (uangmu) yang telah dirampas atas nama “PAJAK”. Sadarlah…..!, Saadarlah…..!

  39. antara gaji 13 yg mna, ko ga ada penjelasan pada para pensiunan udah tua dibodohin lagi, dah 5 thn kurang lebih ibu saya tdk dapat, 1 x terakhir sudah stop ga ada kabarnya
    pensiunan jandanya sudah ga ada lagi . gmna ceritanya ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: