BBM Naik… subsidi tidak sampai SASARAN..

//farm3.static.flickr.com/2192/2486240428_1b601fd410.jpg?v=0” cannot be displayed, because it contains errors.

Akhir-akhir ini berkembang wacana  untuk menaikan harga BBM. Alasannya subsidi BBM Rp 126 trilyun sudah terlalu besar dan bisa dialihkan menjadi subsidi langsung ke bidang pangan dan kesehatan untuk rakyat. Meski sekilas benar, namun wacana seperti ini tak lebih dari penipuan yang akan membuat rakyat semakin menderita.

Pertama-tama kenaikan harga BBM ini bukan cuma sekali-dua kali. Tapi sudah terjadi berkali-kali dari harga premium Rp 450/liter, kemudian naik jadi Rp 700, rp 1.000, 1.300, hingga jadi Rp 4.500/liter seperti sekarang. Toh apakah pangan jadi lebih murah? Beras raskin saja harganya saat ini jadi Rp 2.500/kg. Lebih mahal ketimbang beras biasa sebelum kenaikan karena seiring kenaikan harga BBM, maka harga pangan otomatis akan naik sebab pangan itu didistribusikan pakai kendaraan.

Contoh kalo subsidi gak nyape adalah pemakaian premium oleh kendaraan mewah yang gak semestinya pake premiumyang notabene adalah bbm bersubsidi lagi-lagi pemanfaatan peluang untuk kenikmatan sendiri… ini kutipannya dari http://hemat-bensin.blogspot.com

BMW 745Li dan Camry DENGAN MPG-CAPS –

Referensi dari ; WanHart Consulting.

Pada waktu saya mengunjungi salah satu BMW Dealer dan Servic

e Center di bilangan Jakarta Selatan, saya berbincang-bincang dengan salah satu sales supervisor dan kepala mekanik. Saya menginformasikan bahwa teman saya yang menggunakan BMW 745Li sudah menggunakan bahan bakar PREMIUM dari semula PERTAMAX PLUS dan TIDAK ADA PENGURANGAN TENAGA dan M

ESIN MENJADI LEBIH BERSIH setelah menggunakan MPG CAPS. Sang sales supervisor dan kepala mekanik tidak percaya. Mereka menantang saya untuk membawa mobil tersebut untuk diadakan pengecheckan terhadap mesin BMW seri 7 tersebut. Mereka bilang bahwa itu akan membahayakan mesin dan merusak.

Keesokan harinya saya dan teman saya membawa BMW 745Li tersebut untuk diperiksa secara menyeluruh dengan BMW DIS (Diagnostik Information System) yang berharga Rp 4.5Milyar.

//farm4.static.flickr.com/3077/2486254974_568f37f0e6.jpg?v=0” cannot be displayed, because it contains errors.

Setelah 3 jam di check secara menyeluruh, mereka memanggil kami dan berkata ”Tidak ada kerusakan, bahkan mesin kami lebih bersih dan emisi gas buang tetap standar”. Mereka juga telah men-check bahan bakar yang digunakan, dan mereka menyatakan bahan bakar itu premium. Mereka sangat terheran-heran.

Memang sudah banyak yang menggunakan MPG CAPS ini untuk mobil mewah mereka seperti BMW, Mercedes Benz dan Toyota Alphard. Bayangkan penghematan yang diraih oleh teman saya: perbedaan harga Pertamax Plus ke Premium di tambah penghematan: ’Kondisi Harga BBM per Februari 2008’ ; Rp7.850-Rp4.500=Rp3.350,- (42%). Dan ditambah dari penghematan 15%, total menjadi 42% + 15% = 57% penghematan!

Kontributor kuUji.com, John Chiam, melakukan pengujian penggunaan FFI MPGCaps atas mobil Camry 2.4L sebelum dan sesudah pemakaian MPGCaps

//farm3.static.flickr.com/2324/2486258776_25e35c14a6.jpg?v=0” cannot be displayed, because it contains errors.

Spesifikasi teknis disadur dari toyota.co.id.

Mesin Dimensi Sasis

2.4 G A/T 2.4 V A/T 3.5 Q A/T
Tipe Mesin 2AZ-FE, 4IL,16 Katup, DOHC, VVT-i 2AZ-FE, 4IL,16 Katup, DOHC, VVT-i 2GR-FE, V6, 24 Katup, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder cc 2,362 2,362 3,456
Torsi Maximum Nm/rpm 22.8/4,000 22.8/4,000 35.3/4,700
Bahan Bakar – Sistem Sistem Injeksi Bahan Bakar elektronik (EFI) Sistem Injeksi Bahan Bakar elektronik (EFI) Sistem Injeksi Bahan Bakar elektronik (EFI)
Bahan Bakar – Jenis Bensin Tanpa timbal Bensin Tanpa timbal Bensin Tanpa timbal
Bahan Bakar – Kapasitas Tangki L 70 70 70
Daya Maximum ps/rpm 167/6,000 167/6,000 277/6,200

Pengujian dilakukan melalui 7 siklus pengisian dengan dan tanpa menggunakan MPG Caps. Data dicatat setiap kali melakukan pengisian BBM Premium dikala sistem peringatan low-fuel Camry memberikan suara peringatan. Pada saat tersebut mobil diisi penuh pada stasiun pengisian BBM terdekat dimana kilometer dan total liter pengisian dicatat.

Kesimpulan dan Hasil pemrosesan data memberikan grafik sebagai berikut:

Terjadi peningkatan efisiensi rata-rata penggunaan BBM dari 1:7.9 menjadi 1:8.757 dalam prosentase 10,85 % (atau dari 18.53 miles per gallons menjadi 20.57 miles per gallons).

Pengujian ini menunjukkan beberapa point penting yaitu:

1. MPGCaps dapat meningkatkan efisiensi pada kendaraan berkapasitas besar (2.400cc)

2. MPGCaps dapat meningkatkan efisiensi pada kendaraan yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi (92/setara super atau pertamax)

3. MPGCaps aman dipakai pada kendaraan modern

4. Peningkatan efisiensi yang didapat dari pemakaian MPGCaps pada kendaraan diatas mencapai hampir 1 kilometer per liter atau setara dengan hampir 2 miles per gallons)

5. Keuntungan lebih adalah pada kondisi jika mobil tersebut diisi Premium Oktan 88 dengan tambahan MPG Caps, rasa tarikan tetap sama seperti jika menggunakan Pertamax dan keuntungan selisih hargaantaraPertamax dengan Premium Oktan 88.

//farm3.static.flickr.com/2066/2486270894_3d56a2a88d.jpg?v=0” cannot be displayed, because it contains errors.
Betulkan kalo sekarang pemakaian premium udah bukan untuk gol menegah aja tetapi yang kalangan berpunya pun ikut menyiasatinya ……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: