Dengan Tertawa Gula darah Diabetes stadium dua … Turun.

Dr. Kazuo Murakami, sebagaimana tertulis dalam bukunya The Divine Message of the DNA, bekerjasama dengan perusahaan raksasa hiburan Jepang, Yoshimoto Kogyo Co. Ltd., melakukan eksperimen untuk mempelajari pengaruh dari tawa (salah satu pertanda atau indikasi emosi positif) terhadap penderita diabetes stadium dua.

Dalam penelitian ini, pertama Murakami mengukur glukosa darah para penderita diabetes setelah berpuasa. Setelah itu, sebagian dari mereka diminta mendengarkan kuliah atau ceramah yang tidak lucu sementara sebagian yang lain menonton sebuah pertunjukan komedi. Kemudian, makanan pun dihidangkan lalu diukur kembali kadar glukosa darah mereka setelah makan.

Hasilnya, mereka yang mengikuti kuliah mengalami peningkatan kadar glukosa darah sebesar 123 mg/dl, sementara mereka yang menonton acara komedi hanya mengalami peningkatan sebesar 77 mg/dl. Murakami mengulang percobaan tersebut, dan sekali lagi, mereka yang menyaksikan acara komedi mengalami peningkatan glukosa darah yang jauh lebih kecil daripada mereka yang tidak menyaksikannya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tawa memiliki pengaruh positif karena dapat menghambat peningkatan kadar glukosa darah yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Lebih lanjut Murakami menemukan bahwa dua puluh tiga gen terkativasi berkat tawa. Dan untuk pertama kalinya terbukti bahwa emosi positif dapat memicu tombol genetik manusia. Hasil penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care edisi Mei 2003 dan jurnal Psychotherapy and Psychosomatics pada 2006 dan dilaporkan oleh Reuters ke seluruh dunia.

Sebenarnya dengan tawa memang membuat hati tentram, nyaman jadi tambah awet muda karena adanya senam wajah selain tetap berolahraga secara rutin dan makan secara sehat, atau mungkin anda punya pendapat lain….

Iklan

Satu Tanggapan

  1. I admire your post. It contains valuable information . Thank you for sharing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: