Kapan? Tata Nano Mobil Rp.25 Juta masuk Indonesia?

Mobil Rp. 25 juta Resmi Diluncurkan


New Delhi – Produsen mobil dari India, Tata Motor merealisasikan mobil murah dengan harga US$ 2.500 atau sekitar Rp 23,7 juta. Meski murah, Tata tetap menjamin keamanan mobil yang dinamakan ‘Nano’ itu.

“Kami memperkecil paketnya, kami menggunakan baja dan meterial yang lebih sedikit, kami mengubahnya menjadi mesin yang lebih kecil,” ujar chairman Tata Group, Ratan Tata saat peluncuran mobil termurah didunia itu, seperti dikutip dari AFP, Jumat (11/1/2008).

“Jadi mobil ini memang biayanya lebih rendah,” ujar Tata yang sering diidentikkan dengan perintis otomotif AS, Henry Ford itu.

Meski berbiaya rendah, namun Tata tetap menjamin keselamatan mobil tersebut. Tata menyatakan, mobil tersebut telah memenuhi standar emisi Euro IV. Versi diesel dengan nama tengah ‘People’s Car’ akan dikenalkan lebih lanjut.

“Kami sama sekali tidak mengurangi standar emisi ataupun keamanan. Kami memenuhi standar keamanan yang terbaru dan bahkan akan memiliki level polusi yang lebih rendah daripada kendaraan roda dua yang diproduksi di India,,” ujar Tata.

Pria berusia 70 tahun itu menyatakan, ‘Nano’ didesain oleh sebuah tim teknisi dari India yang disebutnya sebagai ‘Muda dan Cemerlang’ dan tidak pernah mengerjakan proyek serupa.

Tata Nano yang dikembangkan selama 4 tahun adalah sebuah mobil mungil nan sporty dengan empat pintu dan lima tempat duduk. Tata Nano hanya berukuran panjang 3,1 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1,6 meter.

Mobil cantik itu rencananya akan dijual pada semester II-2008 dengan harga 100.000 rupee atau sekitar US$ 2.500 termasuk pajak. Nama ‘Nano’ diambil karena menurut Tata nama itu berkonotasi teknologi tinggi, berukuran kecil dan mudah untuk diucapkan dalam bahas Inggris dan Hindi.

Tata Nano akan memerlukan bensin 1 liter untuk setiap 20 kilometer. Mobil ini cukup mini karena memakan tempat 8% lebih kecil dibandingkan mobil-mobil dengan harga murah lainnya di India seperti Maruti 800. Namun ruangan dalam mobil itu 21% lebih luar dari Maruti 800.

“Ini adalah mobil yang ‘cantik’, ini adalah sebuah pencapaian besar,” ujar analis otomotif India, Murad Ali Baig.

website resminya : www.tatanano.com

Video peluncurannya : http://www.youtube.com/watch?v=kxWq9bKRmc0&feature=dir

Beritanya :
sumber : www.detikfinance.com

About these ads

103 Tanggapan

  1. saya tertarik kapan masuk indonesia

    • saya bangga pada mobil tata nano… tapi kapan negara kita punya merk mobil sendiri. punya pabrik motor aja ngga ada…………

      • udah ada pabrik mobil nasional bro.., coba googling aja. namanya esemka. diproduksi di malang terus ada 1 lagi yg akan diproduksi di madiun.

      • jngn harap itu terjadi di indonesia! krna 99,9% pejabatnya hanya memikirkan kenaikan gaji yng menurut mrka gak layak,, hanya memikirkan keluarga,, kpn bisa jln2 kluar negri dng biaya anggaran negara dng alasan dinas,studi banding dll,, gmna caranya korubsi sbanyak2nya sblm di pecat,, mrka nggak ada waktu untuk memikirkan rakyatnya masss,, jangankan bikin pabrik mobil murah,, saham krakatau steel aja di jual ke asing kok,, klo mrka peduli ama rakyat pasti mrka menawarkan saham fital itu ke rakyat dulu,, tp apa nyatanya???? tau sendiri kannnn

      • setelah para koruptor kenyang……!!!!

  2. Tolong dikabarin ya kalo udah masuk ke indonesia

  3. Wah…kereeen nich mobil…kira-kira mobil ini bisa masuk ke indonesia nggak ya! kasihan yang ingin punya mobil tapi dana hanya sebatas beli motor???

  4. waduh….. sudah kepengen banget punya mobil, mudah2 an bisa masuk ke indonesia, biar kita yang punya banyak keluarga bisa naik mobil, tidak kepanasan lagi naek motor, tolong informasinya yaaa. ke emailku. kalo udah masuk bandung githu…………..

    • jngn harap Aaaa cukai yng di dapat dr motor jepang kan lbh segar dri pada mobil murah? apalagi harganya udah di bocorkan gmn mau narik cukainya??? klo di jual mahal ktauan dong belang para pejabat qta ha ha ha a,, seandainya harga nggak di bocorkan dulu,, mungkin itu mobil udah meluncur di indonesia dng harga 50jt an ha ha ha

  5. waduh….. sudah kepengen banget punya mobil, mudah2 an bisa masuk ke indonesia, biar kita yang punya banyak keluarga bisa naik mobil, tidak kepanasan lagi naek motor, tolong informasinya yaaa. ke emailku. kalo udah masuk bandung githu…………..

  6. jadi pengen nyoba nih, aku pengen jadi pemesan pertama. murah & terjangkau, mudahan cepat masuk ke indonesia. klo udah masuk kabari ya ke emailku ya.

  7. mohon di email detail mobilnya
    im interest

  8. Bagus sih, cuma kasihan aja kota jakarta semakin parah aja kemacetan. Benar

  9. Kalau pemerintah yang arif, harusnya kasih izin aja mobil ini masuk, biar orang kecil juga bisa menikmati naik mobil dgn nyaman ( mobil nya juga ber AC ). Kalau masalah macet ya sama sama dinikmati aja.
    Jangan yg bisa punya mobil nyaman cuma orang kaya aja… OK….

  10. Akhirny dpt mobil murah juga di Indonesia.

    Bosan ama mobil-mobil yang beredar dipasaran indonesia yang harga nya LEBIH MAHAL DRPD NEGERI ASALNYA.

    Hidup mobil rakyat.

  11. India memang bangsa yang hebat,akhirny punya mobil nasional yang menghebohkan dunia.

    beda ya dgn industri mobil negara kita yang selama ny jd kacung merek2 mobil jepang dan eropa

    kami tunggu mobil murah nano di indonesia

  12. mudah2-an setelah masuk RI harganya ga di tambahin ama beban biaya untuk oknum2 plus pajak yang ngejadiin harga mobil nambah bengkaaaak

  13. wah klo udah ada di indonesia, kayaknya punya mobil tercapai nich, bisa buat mudik lebaran nich..!

  14. wah…. saya juga mau punya mobil
    semoga harga dan kualitas tetap sama kl udh sampai di indonesia .saya udh pgn bngt punya mobil sendiri biar gak dihina orang .

  15. kynya dah di Indonesia harganya bisa mencapai 50-60juta OTR.

  16. Mahal di indo..sekitar 70 juta..

  17. Semoga saja mobil nano harganya tidak melambung tinggi ketika masuk pasaran Indonesia, kalau harga di India 25 jt di Indonesia kira2 harganya 27 jt

  18. Ak terktarik, bisa email klo udh ad d indo?

  19. Waaw…cool….kapan nih mobil masuk indonesia…perasaan udh dari taun lalu berita nya ada..tp koq ga muncul2 juga ya d indonesia…kbrin yaaa…segera

    • Kalau mau tata nano, bisa kontak email : indo_otomotif @hotmail.com, langsung terima pesanan dari india. Harga pasti lebih mahal di indonesia

  20. Tata Nano paling murah harga jualnya mencapai Rp 45 juta atau Rp 50 juta per mobil jika dipasarkan di indonesia. Menurut Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Depperin Budi Darmadi, untuk memasukkan mobil ke Indonesia bakal kena sejumlah pos pajak dan bea masuk. Pertama bea masuk yang nilainya mencapai 45 persen, kemudian PPN sebesar 10 persen, PPh impor sebesar 2,5 persen, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan PPnBM (pajak penjualan barang mewah) dengan ukuran kapasitas mesin sekitar 600 cc, Nano bakal dikenai PPnBM sekitar 10 persen. Itu dari sisi perpajakannya saja, kemudian ditambah lagi handling cost untuk membawa Nano dari India ke Indonesia, biaya distribusi, keuntungan untuk dealer.

    • KU tantang lah yu bos..,yu masukin aja TATA NANO ke indonesia.
      Ku jamin kalau harhganya pun jadi Rp.60 juta,tetap akan di buru masyarakat.
      Asal tetap diawasin penjualannya,supaya gak ada peraktek spekulasi…,maklum lah bos.. bisa terjadi “HUKUM EKONOMI KAPITALIS”.
      Trus utk mengefisiensikan penggunaan mobil berlebihan,yu mahalin ja tu suku cadangnya..

  21. Pencapaian Yang Luar BIasa….
    Tapi Ada Satu Hal Yang Saya Rasa Perlu Diperhatikan, Mungkin Bila Mobil Nano Ini Sampai Benar2 Beredar di Pasaran Indonesia, sedikit Banyak Akan Bedampak Buruk Pada Lalulintas Indonesia Yang Cenderung Masih Belum Tertata Dengan Baik, Apalagi Mengingat Tingkat Kesadaran Para Pengendara Di Tanah Air Yang Masih Minim.
    Kemacetan Lalulintas Dan Parkir Sembarang Tempat Masih Menjadi Budaya Kita.
    Yah….. Semoga Saja Kesadaran Lalulintas Kita Bisa Bertambah Dan Mobil Nano Ini Bisa Secepatnya Masuk Di Pasaran Indonesia.
    Amin…

  22. Saya Ata dari bandung, tertarik dengan mobil Tata Nano yg hrg 25 jt an. Kapan Launchingnya. dan kalo mau beli sy harus menghubungi siapa ? Nomor telepon berapa ? dimana ????? tolong email ke ata_jaguard@yahoo.com . Makasih pa.

  23. kpn mobil ini masuk ke indonesia? tlg segera dikabari

  24. kalo bisa kita keluarin sendiri ……….. itb atau its sudah bisa tinggal back up dana aja …………..

  25. kapan masuk dong….kesian anak kepanasan trus hehehe jgn mahal mahal ya……

  26. jangan mahal klo masuk indonesia ya 30 juta aja…..
    klo uda msk indonesia lgsung kirim ke medan ya …
    ksh tau ke email Q ya
    biar ku bocking 2 langsung
    okay………….^_^
    aku pesan ya jgn lupa

    • okey…
      boss
      krm ke medan kan…

      klo ada org yg mau blg ma aku aja

      nehi nehi to indonesian
      thank’s

      • Hehheheee… bisa aja lu jim…, biarinlah orang-orang pinggiran bisa turut merasakan punya mobil pribadi..! Tapi awas pihak trntib tolong awasi parkir kenderaannya di rumah masing-masing…

        BRAVO TO TATA NANO…

  27. murah benar itu mobil…tp kalau masuk indonesia pasti jadi mahal lah,,,paling tidak jadi 50 juta an…maklum banyak pos pos pajak nya,,,hancur..

    • SO PASTI ITU RURNTER..
      MEMANG INDONESIA KITA TERCINTA INI BISANYA CUMAN FLAGIAT..,LATAH MENAIKAN HARGA SETIAP BARANG YG DI GEMARI BANYAK ORANG.
      MAYBE.. PEMERINTAH KITA MEMANG PENGANUT FAHAM EKONOMI KAPITALIS AND FEODALISM

  28. DI INDONESIA JGA ADA nANO GAN….

    ktik aja nanoe biroe… ni bru kren dan patut dilestarikan… soalnya langka

  29. Kapan nih Tata Nano masuk ke Indonesia………….? kayaknya keren, Simpel gak perlu garasi luas diparkir diteras jadilah. Kabarin dong…….!!! kalo dah sampai Indonesia

  30. kok perbincangan dri tahun 2009
    tp ampek sekarang 2011 belum masuk juga ke Indonesia……
    apa jangan2 sudah abis stoknya di India….saking murahnya tu mobil……….
    kasih kabar ya ke aku………
    belum punya mobil nih…………

  31. MAU NAGIH KEMANA..,MAU TERIAK2 APA..
    GAK BAKALAN DEH MOBIL IMPORT INDIA ITU DIKASIH IZIN MASUK KE INDONESIA…
    SOALNYA PEMRINTAH KITA UDA KONG KALIKONG SAMA LEASING KREDIT SEPEDA MOTOR, BISA MISKIN ENTAR SEMUA PEMILIK FINANCE KREDIT MOTOR LAH BOS…

  32. waduhhh…. kapan ya mobil nano bereda ke indonesia terutama banjarmasin… sudah tidak sabar nich menantinya…hehhehe

  33. mobil jelek…. Sporty apaan dungu gitu…. Brengsek..

  34. wahh,,kerennn,,
    kapan ya masuk ke indonesia?
    tapi jgn hanya di ibukota aja donk masuknya
    ke aceh juga yaa,,
    kan kasihan klo dijakarta semua ntar jakarta nya makin macet..

    thanks

  35. paling juga nie mobil ga akn masuk indonesia,,,
    jaminan dech cz pemerintah qta kn agak lambatttt……………

  36. Iya … Nggak bakalan masuk. Dengan harga murah bisa dikit kali para bos dapat bagian terutama jaringan kredit pencekek leher rakyat. Jadi pasti dilarang mobil murah masuk indonesia..

  37. saya tertarik mobil asal india sama china IG kalau di pasarkan di indonesia pasti masyarakatnya akan semangat bekerja demi mobil tsb karena muraaaaaaaaaaaaaaaah dengan ini indo di jamin majuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  38. Sangat berminat Tata Nano.
    Tidak perlu takut macet.
    Pasti ada solusi kemacetan.

  39. saya sangat tertarik dengan mobil ini…keren
    kapan masuk indonesia, tolong kabarin lengkap dengan harganya.

  40. Biar sampe kentut keluar asep ni mobil kagak bakalan masuk indonesia. Berita dari tahun 2008 sampe 2011 bacot doang. Pemerintah tu mulutnya dah kena teplok ama dealer motor,kalo tu mobil beneran masuk tukang kreditnya suruh makan apa….Hadewh….

  41. TATA NANO masuk ke indonesia
    WANI PIRO???
    pemerintah kan pro konglomerat
    tidak pro kaum-melarat

  42. yang ditakuti MOBIL NANO masuk ke indonesia bukannya karena takut MACET jalannya karena padat kendaraan, tapi yang ditakuti adalah MACET REJEKINYA.

  43. Ayoo donk. . Mobil Tata Nano mzuk kE Indonesia. .
    PgEn beli nie. Pmrnth jg hrz mrhati’in msyarakatnya donk, yg ingin punya mobil. .
    Bkn anggota DPR aja yg d fasilitasi dgn mobil mEwah..

    Kalo dach mzuk, kbrin yach. .

  44. kapan msk kalimantan nih? kayak nya bakalan meledak pasaranya!!!

  45. Gak tertarik sama sekali. Pasti masuk Indonesia harga bisa 2X dr harga negara asal, biasaaa….biaya siluman !

  46. langsung aj dkirim ke indonesia ,, aQ jamin smua masyarakatnya sangat antusias untuk mendapatkan mobil tersebut ,, dan jangan lupa permainan bea cukai pemerintah jangan terlalu dionjolkan kepada masyarakat atas manipulasinya ,, karna ini kesempatan masyarakat untuk memiliki mobil tersebut , jadi biar harganya tidak sampai melonjak tinggi

  47. wahh asik tu…. nano kpan bisa masuk jogja.. harga ya kisaran berapa.. konfirmasi… harga juga mentukan kualitas

  48. kalaw produksi nya uda masuk k’indonesia…tolong beri tau sama saya?>………
    mau beli 1..
    no hp..085669568628.
    TERIMA KASIH

  49. hidup india, indonesia ttp ktinggalan jaman,,,,,,

  50. Masuk ke indonesia pajaknya gede, tapi kagak jelas kemana. Banyakan dikorupsi.

  51. pak klw udh keluar tolong contact ya
    hub :07118677759

  52. showroom di indonesia ada di mana iaa

  53. Kalau udah masuk indonesia pasti mahal bro,… jangan harap harganya bisam sama dgn india.

  54. wah@,,,ace,,,ace nahe,,nahe,,,gw dh punya bajaj 250 nah klo si NANO boleh juga th,,,,,ace ace nahe nahe,,,jangn komplain th tentang mobil,,yang penting nyampe slamet,,manfaaat,,,,ok brow oya anak negri lom sempet bikin tuh,,,,,,ayo lekas

  55. wahhhhh.,.,.di info dong untuk harga pasaran di indonesia.,.,.,.
    dan di daerah mana untuk memesannya.,.,
    Tks.,,.,

  56. w pernah liat ni mobil d pameran d margo city depok (BIG TOY)

  57. email : indo_otomotif @hotmail.com, langsung terima pesanan dari india. Siapa aja yg mau pesan tata nano. Harga pasti lebih mahal di indonesia

  58. Kalau mau tata nano, bisa kontak email : indo_otomotif @hotmail.com, langsung terima pesanan dari india. Harga pasti lebih mahal di indonesia sesuai pasaran

  59. email ke : indo_otomotif@hotmail.com
    untuk siapa yang ingin membeli / memesan TATA NANO (langsung dari India, IMport).

    kasih no. hp supaya bisa dihubungi.

  60. kalau hga ngak brubah boleh nih…gua pesan….,jangan2 dealer nya udah da d skitar depok ya bro?,.

  61. uangku da abis nunggu ga datang2

  62. kapan masuk Indonesia…?????????????????????????????,

  63. kapan masuk Indonesia.., jangan jadi melambung harganya.., masak keuntungan mau lebih besar daripada produsennya..?, Aku indens 1

  64. pade ngimpi aje tolol

  65. wow keren bgt,,,,

  66. berapa harganya jika dibeli di indonesia? karena kan diimpor langsung pasti lebih mahal. mohn info. thanks

  67. aku yo ape tuku laaaah……

  68. Saya perlu mobil apalagi di musim hujan supaya berangkat dan pulang kantor tidak berbasah basah ria , harga sangat terjangkau daripada beli sepeda motor jepang tapi tetap basah

  69. pesan 1 kirim k jember tak bayar cash, jawa timur ya!!

  70. Di indonesia sdh dijual blm,jk sudah dmn belinya trimakasih

  71. Kapan masuk keindonesia? Gimana cara membelinya?

  72. Kapan launcing di jakarta ?

  73. pingin banget ngantar anak sekolah gak pake basah basahan karena kehujanan dan kedinginan… kasihan anak2… bisa sakit… ongkos lagi buat ke dokter… seandainya mobil ini beredar di indonesia seharga (..jangan mahal2 yah… ngarep.com…) 30 jutaan gitu mau deh ambil … ( ada syaratnya… kredit gitu … maklum masih masuk ke golongan orang kebanyakan… miskin.. heheh…

  74. mobil murah dari manapun jangan masuk Indonesia!!!!!!!!!!!!!!!!!
    makin macettt aja jalan !

    • kalo gitu mobil mahal dari manapun jangan msk indo dan yg uda ada di kurangin biar mbl murah aja yg masuk indo biar yg naek mtr punya anak lbh bisa naek mbl untuk keamanan keluarganya ….

      kalo ne mbl msk indo gue jual 3 mbl kesayangan gue gue ganti ama tata nano….

  75. ayookkk ng di luncurkan secepatnya…

  76. kapan lagi naik mobil murah.
    nunggu smk kayanya masih…………………………?
    pemerintah tidak mendukung,

  77. kapn pnya mbil tata nano, mga aj dtang k indonesia secpatnya…………………………..!!!

  78. klw pun nano ada indonesia
    kaya e negara kita dah maju

  79. oke banget deh mobil nano cepat masuk indonesia ya kita
    butuh banget kendaraan yg murah and elegan…???
    nano oke???

  80. oce jg nie dia yang ditunggu” sma rakyat indonesia..
    biar kaum yang dibawah bisa merasakan mempunyai mobil mewah>>>
    blh lah lw sudah da saya pesan satu unit…

  81. INDONESIA KOK BELUM BISA YA MENCIPTAKAN KENDARAAN YANG HARGANYA SAMA DENGAN HARGANNYA TATA NANO, SEDANGKAN KECELAKAAN YANG TERBESAR DI INDONESIA ADALAH PENGENDARA SEPEDA MOTOR. DENGAN MENCIPTAKAN KEDARAAN SEPERTI TATA NANO AKAN MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN

  82. muahhalll amat ambil untung awas dossaaaaa

  83. klo udah masuk ke indonesia tlong kabar kan saya … kmii tungu

  84. tunggu dimana?

  85. gmn mau laku produk mobil esemka,,,,br kelur aja harganya 100 jt lebih, yaaa,,,jelas2 masyarakat lebih condong ke mobil agya,ayla,tata nano atau mobil murah lainya,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: