Naskah Supersemar “asli” beredar di Internet

Supersemar Asli Tanyakan pada Keluarga M Jusuf atau Soeharto
Aprizal Rahmatullah – detikNews


(Foto: karodalnet.blogspot.com)

Jakarta – Naskah Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) beredar di Internet. Namun di mana naskah Supersemar asli, masih misterius. Naskah asli itu bisa ditanyakan pada keluarga M Jusuf dan Soeharto.

M Jusuf adalah satu di antara tiga jenderal (Basuki Rachmat, Amir Mahmud, dan M Jusuf) yang menghadap Soekarno di Istana Bogor pada 11 Maret 1966, menyerahkan surat itu.

Sejarahwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Asvi Warman Adam mengatakan draf asli diperlukan untuk membuktikan naskah di internet itu asli atau tidak.

“Lebih baik ditanyakan lagi kepada istri Jenderal Jusuf, Eli Jusuf,” ujar Asvi saat dihubungi detikcom, Minggu (30/11/2008).

Sedangkan sejarahwan Universitas Indonesia (UI) Anhar Gonggong menyatakan, naskah tersebut sangat sukar untuk dinyatakan asli. Anhar malah tetap berkeyakinan bahwa naskah asli berada di tangan Soeharto.

“Dari dulu saya berkeyakinan naskah asli ada di Soeharto,” jelas dosen sejarah dari UI ini kepada detikcom lewat telepon, Minggu (30/11/2008).

Anhar berpendapat, Soeharto sebagai penerima mandat dipastikan lebih mengetahui keberadaan naskah tersebut.

“Saya yakin beliau (Soeharto), yang paling tahu keberadaannya. Tapi kini sudah meninggal, mungkin bisa kita tanya ke keluarga Pak Harto,” imbuhnya.

M Jusuf sempat diharapkan publik mengungkap tabir suksesi politik dari Presiden Soekarno ke Soeharto. Namun di saat misteri Supersemar belum terungkap, M Jusuf keburu wafat 8 September 2004 pada usia 76 tahun di Makassar. Buku biografinya yang diharapkan mengungkap misteri Supersemar juga tidak sesuai yang diharapkan publik.(nwk/nrl)


Pemerintah Harus Lebih Proaktif Temukan yang Asli
Aprizal Rahmatullah – detikNews


(Foto: karodalnet.blogspot.com)

Jakarta – Satu lagi versi naskah Supersemar muncul, kali ini beredar di internet. Namun banyak pihak menilai naskah tersebut bukanlah naskah asli. Untuk meluruskan kesimpangsiuran itu, pemerintah harus lebih gencar menemukan naskah asli Supersemar.

“Pemerintah harusnya lebih proaktif mendapatkan yang asli,” ujar anggota Komisi II (bidang pemerintahan) DPR Andi Yuliani Paris pada detikcom, Senin (1/12/2008) pukul 06.45 WIB.

Sebelumnya, sejarahwan UI Anhar Gonggong menuturkan, mantan presiden Soeharto adalah orang yang paling mengetahui keberadaan naskah asli.

Dan jika memang keluarga Soeharto menguasai naskah asli Supersemar itu, sebaiknya keluarga Soeharto menyerahkan kepada pemerintah. “Karena Pak Harto sudah meninggal, kalau ada keluarganya, ya saya berharap diserahkan,” kata Andi Yuliani.

Menurut Andi Yuliani, naskah Supersemar yang beredar di internet tersebut sulit dibuktikan keasliannya. Hal ini karena naskah aslinya sendiri belum ketemu.

“Sepanjang belum dibuktikan aslinya kita tidak bisa bisa bilang itu asli atau tidak,” tambahnya.

Andi juga menggugah kesadaran pihak yang menyimpan naskah tersebut agar menyerahkan naskah tersebut pada negara. “Jangan sampai generasi kita jadi kehilangan sejarah karena hal ini,” pungkasnya.

Naskah Supersemar yang beredar di internet diketik di atas kertas berkop Presiden Republik Indonesia disertai logo padi dan kapas di atasnya dan logo burung Garuda di sisi kiri atas.

Di akhir naskah ada tanda tangan Presiden Indonesia Soekarno pada 11 Maret 1966. Terdapat empat diktum dalam naskah tersebut. Diktum pertama berisi ‘Mengingat’. Kedua, Menimbang. Ketiga Memutuskan dan Memerintahkan’. Keempat bertulis selesai. Naskah ditulis dalam ejaan lama. Namun nama Soeharto dan Soekarno ditulis dengan ejaan Sukarno dan Suharto.

(ape/nrl)

Soeharto: Supersemar Bukan Alat Coup Terselubung
Nurul Hidayati – detikNews


Jakarta – Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang menjadi senjata sakti lahirnya Orde Baru, kembali diperbincangkan. Supersemar mengingatkan pada tuduhan bahwa itulah alat yang digunakan Soeharto melakukan kudeta

Dalam otobiografi  Pikiran, Ucapan dan Tindakan Saya,Soeharto  menyangkal tuduhan itu di halaman 173:

……………
Memang setelah saya umumkan tentang adanya “Supersemar” itu, dipersoalkan orang, apakah surat perintah itu hanya satu “instruksi” Presiden kepada saya, ataukah satu “pemindahan kekuasan eksekutif yang terbatas?”

Menurut saya, perintah itu dikeluarkan di saat negara dalam keadaan gawat di mana integritas Presiden, ABRI dan rakyat sedang berada dalam bahaya, sedangkan keamanan, ketertiban dan pemerintahan berada dalam keadaan berantakan.

Seperti saya nyatakan di depan Radio dan TVRI di pertengahan Juni 1966, saya tidak akan sering menggunakan Surat Perintah 11 Maret tersebut, lebih-lebih kalau surat perintah itu belum diperlukan. Mata pedang akan menjadi tumpul bila selalu digunakan.

Sebagai perbandingan saya kemukakan, segerombolan monyet yang menyerang ladang jagung si Polan dapat diusir hanya dengan tepukan tangan penjaganya. Oleh karena itu, tidaklah baik memobilisasi satu kompi kendaraan berlapis baja cuma untuk mengusir segerombolan kera.

Lima tahun kemudian, untuk pertama kalinya saya jelaskan latar belakang dan sejarah lahirnya “Supersemar” itu, karena rakyat Indonesia memang berhak mengetahuinya. “Supersemar” merupakan bagian sejarah yang sangat penting untuk meluruskan kembali perjuangan bangsa dalam mempertahankan cita-cita kemerdekaan dan memberi isi pada kemerdekaan.

Berkenaan dengan ini, beberapa kali saya telah menolak prakarsa untuk memperingati hari lahirnya “Supersemar” secara besar-besaran. Ini untuk menghindarkan timbulnya mitos terhadap peristiwa itu atau terhadap diri saya sendiri.

Saya tidak pernah menganggap “Supersemar” itu sebagai tujuan untuk memperoleh kekuasaan. Surat Perintah 11 Maret itu juga bukan merupakan alat untuk mengadakan coup secara terselubung. “Supersemar” itu adalah awal perjuangan Orde Baru.(nrl/nwk)

About these ads

19 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh

    Untuk mengetahui sejatinya supersemar anda bisa mengakses situs : http://hablumminalloh.wordpress.com

    Demikian, terima kasih

    Wassalamu’alaikum warohmatulloh wabarokatuh

    ttd
    Insan Hablumminalloh

  2. cari cepat cepat naskah supersemar supaya orang orang tidak ragu ragu tentang supersemar

  3. telacomu……………….

  4. Memang benar naskah Supersemar yang asli tadinya di tangan M Yusuf.
    Menurut cerita orang yang mengaku memegang Supersemar yang asli. Pada saat itu situasi di Jakarta sedang gawat jadi surat itu dititipkan ke ajudannya. Dan sekarang yang memegang adalah anak dari ajudan itu. Kenapa tidak diserahkan ? Sebenernya yang ada di situ tidak hanya supersemar tetapi juga dokumen2 negara lainnya termasuk dokumen kekayaan negara Indonesia. Berkali- kali surat itu akan diserahkan, tetapi dari pihak negara kurang merespon, bahkan tidak menganggap orang tersebut ( menurut pengakuan beliau). Persoalnnya tidak segampang itu. karena ini juga menyangkut dana besar anggota2 Non Blok. Surat & Dokumen tsb sampai saat ini masih tersimpan. Dan cara menyimpannya tidak sembarangan. Karena siapa sih yg ga ngiler dana besar.
    Jadi mesti hati hati.

  5. unutuk pencerahan pemerhati surat perintah 11 maret bisa ngobrol disini :http://suratperintah11maret1966.blogspot.com/

  6. sy sependapat bhw supersemar yg asli masih ada. menurut yang sy ketahui dari seseorang yang dpt dipetanggungjawabkan kredibilitasnya mengatakan ” supersemar yg asli berupa ikrarar dari pemimpim yg ditunjuk untuk melaksanakan amanat yg berisi falsafah negara pancasila dan UUD1945 yang berisi 45 pasal. pewujudan dari pancasila dlm diri manusia indonesia akan menghasilkan mujizat berupa kemakmuran yang adil dan merata. pertanyaannya mengapa sekarang keadaan semakin jauh dari sila kelima pancasila?

  7. mas munadisip, mau ngerti yang asli silahkan ke blog saya , segala pertanyaan supersemar ada dan aktual.trim

  8. kalaupun supersemar ditemukan paling hanya untuk sekedar mengetahui,, kalau untuk merubah kondisi negara ga mungkin. mrt sy ditemukan atau tidak ama aj thks

    • Yth rachman anda sangat betul bahwa yang dapat merubah kondisi negara kita ya seharusnya rakyat melalui suatu perjuangan. salah satu cara mempelajari segala kemungkinan yang dapat membantu mengubah kondisi tsb.

  9. saya setuju bahwa memang surat berharga yang pernah diberikan oleh pemerintah kepada seseorang hanya berlaku jika dia masih hidup… tetapi jika sudah meninggal ya berarti surat itu harus diberikan kepada pemerintah……….

  10. Mungkin isinya teks supersemar tidak cocok dengan yang diinginkan atau tdk sesuai dengan yang akan dikerjakan oleh si penerima. Kalau memang amanat dlm srt itu dijalankan dan tdk disalahgunakan gak mungkin donk hilang. Tanya dulu maksudnya apa koq supersemar disembunyikan. jangan-jangan…… isi perintah dgn pelaksanaan melenceng jauh.. wah bisa tidak sah negera ini. Coba diingat-ingat pada saat itu siapa bagian arsip di ANRI bisa jadi terselip di gudang arsip. Tiap arsip yang masukkan tercatat.

  11. Kabar gembira untuk seluruh rakyat Indonesia ada kado dlm rangka HUT RI ke 65 berupa terkuaknya jati diri bangsa Indonesia yang sebenarnya. Dalam ragka HUT RI 65 salah seorang putra bangsa akan memberikan penjelasan ttg apa itu Indonesia? dan apa itu Pancasila yg sebenarnya? yang lbh penting lagi putra bangsa ini mengetahui betul ttg Harta Indonesia Raya dan bagimana cara memanfaatkannya. maka dia menyerukan kpd saudara2 sebangsa dan setanah air dari sabang smp merauke mari bergandeng tanggan bersama-sama membuka, mengeluarkan, mewujudkan harta Indonesia Raya yg tersimpan dalam Rekening 17 Agustus 1945, merdeka. password dan pin siap diserahkan kpd pemerintah(Presiden) agar dpt dimanfaatkan membantu, membangun dan mensejahterakan rakyat Indonesia menuju Iman Taqwa pada Allah melalui menjadikan nilai-nilai pancasila sebagai jati diri bangsa. mksh

  12. Semua hanya permainan ASUHARTO.dia memerintahkan DN.Aidit dan om Untung untuk memberontak dgn mengatasnamakan PKI yang waktu itu komunis bertentangan dengan Amerika,dengan begitu seolah-olah ASUHARTO sebagai pahlawan yang memberantas PKI.padahal kata om Untung AIDIT dan om UNtung itu dijanjikan hanya sebagai tahanan pura-pura,maksudnya mereka ditahan dan sebentar lagi mereka akan dibebaskan tp ternyata mereka dibunuh.

    Soal SUPERSEMAR, itu juga kelicikan ASUHARTO,itu sebenernya bukan pengalih kekuasaan dari SOEKARNO KE asuharto,tp begitulah kelakuan bejat ASUHARTO……
    semoga tuhan mengadilinya disana karna di dunia dia lolos dari hukuman…..

  13. Hanya pihak Amerika yang mengetahui semua cerita dan menyimpan dokumen2 mengenai peristiwa sebelum dan sesudah 1965.

    • Naskah SUPERSEMAR yang asli masih tersimpan rapi dengan dokumen negara lain yang amat penting dan di pegang di jaga dengan hati-hati oleh pribadi yang ditugaskan Tuhan sebagai Pribadi yang Amanah.
      Hanya orang yang cinta NKRI dan hanya yg berazas PANCASILA dan UUD 45-lah orang yang bisa tau dimana NASKAH itu berada.

  14. Naskah SUPERSEMAR yang asli masih tersimpan rapi dengan dokumen negara lain yang amat penting dan di pegang di jaga dengan hati-hati oleh pribadi yang ditugaskan Tuhan sebagai Pribadi yang Amanah.
    Hanya orang yang cinta NKRI dan hanya yg berazas PANCASILA dan UUD 45-lah orang yang bisa tau dimana NASKAH itu berada.
    Kembalilah kepada PANCASILA gali,galilah kembali padanya.

  15. Mungkn saya terlalu ingusan buat memahami sejarah yg sudah dmikian keluar dari jalur yg asli,karna selama 32 thun lebih kita smua dijejali sejarah palsu,lewa TVRI,RRI,DAN MEDIA CETAK yg sudah dikontrak oleh penjahat perang semacam soeharto,selama 32 th dia menjadi penguasa mutlak,cerita pembataian 9jendral yg diflmkan tak lebh dr dongeng karangan soeharto belaka,karna dia sndri otak pembantai tersebut,karna 9jendral itulah calon2 penerus pilihan bung Karno.
    PKI hanya kambing hitam buat menutupi kebejadannya.
    Tp saya rasa percma kita teriak2 seperti ini karna kenyataanya pemerintahan yg sekarang msh tetap dijalur orde baru.
    Tak bisa kita pungkiri kita smua pedulin dan cinta negeri ini.
    Jadi biarkanlah negeri ini hancur oleh para penguasa new orde baru,
    bru setelah itu kita rek0ntruksi ulang kita bangun indonesia baru yg lbh mengutamakan kepentingan bersama tidak seperti indonesia sekarang yg penguasanya hany berebut makan dan kedudukan,bgai mana bs ngurusin rakyat kalo tujuan mreka jd pejabat buat nyari harta doang. Mudah2 segera lahir sang ratu adil yg mw jd pemimpin sekalipun tanpa digajih yg mau menjadi pemimpin sekalipun harus tinggl digbuk reot…
    Tp kita jg tak boleg hanya diam menunggu,siapkan diri kita untuk menghadapi kehancuran yg lbh besar terhadap negeri ini mengingat smua pejabat dr tingkat rt smpe tingkat tertinggi dinegeri ini mayoritas dijabat oleh ajing2 pemakan bangkai rakyat jelata.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: