Prudential dikabarkan akan membeli unit bisnis AIG di Asia.

London – Perusahaan asuransi Inggris, Prudential dikabarkan akan membeli unit bisnis AIG di Asia. Untuk itu, Prudential tengah melakukan pembicaraan dengan 2 investor strategis untuk pelepasan 20 persen sahamnya.

Dana yang diperoleh dari penjualan 20 persen sahamnya itu diharapkan bisa membantu kebutuhan dana untuk membeli unit bisnis AIG di Asia yang mencapai 8,6 miliar poundsterling (US$ 14,93 miliar).

Menurut laporan Sunday Times dan dikutip dari Reuters, Senin (20/10/2008), Prudential sudah menunjuk UBS dan Credit Suisse untuk menjadi penasihat. Prudential kini sedang melakukan negosiasi dengan lembaga pendanaan dari Timur Tengah dan China.

Chief Executive Prudential menurut harian tersebut dikabarkan sudah melakukan pembicaraan dengan AIG sejak pekan lalu. Sayangnya, juru bicara Prudential belum bersedia memberikan komentarnya.

Bulan lalu, pemerintah AS memutuskan untuk menyelamatkan raksasa asuransi AIG melalui bailout senilai US$ 85 miliar, dan selanjutnya menambah utangan hingga US$ 123 miliar.

AIG selanjutnya memangkas unit-unit bisnisnya, dengan mempertahankan bisnis asuransi jiwa dan umumnya. Sementara operasi yang tidak sesuai dengan bisnis intinya akan dilepas untuk menutupi talangan dana pemerintah AS senilai US$ 61 miliar saat AIG nyaris bangkrut.

Di Indonesia, AIG memiliki 3 kelompok usaha yaitu PT Asuransi AIA Indonesia, PT Asuransi AIU Indonesia dan PT AIG LIFE. Ketiga perusahaan memiliki total aset sebesar Rp 17 triliun dan ekuitas sebesar Rp 2,8 triliun.(qom/ir)

====

kalo berita ini benar ya berarti asuransiku di AIG selamat kan… moga2 bisa buat pensiun kelak..

About these ads

20 Tanggapan

  1. Itulah makna sebuah “Kebersamaan”, yang Sehat membantu yang Sakit.

    Membantu perusahaan sejenis untuk menjaga iklim bisnis asuransi tetap kondusif…

  2. plg pru beli karena dia sengaja buat trik aj supaya laporan keuangan nya ntar bagus..karena yg saya tahu saham pru terus menurun, cerdik, menciptakan trik beli aig supaya banyak yang tertarik lagi menyimpan uangnya di pru…brilian…walau mgkn sbnrnya keuangaan nya sndiri yg sdg kacau.
    cm analisis aj…

    • Sebelum berkomentar dan meng-analisa jangan sembarangan apalagi kalo tidak tahu2apa, kalo belum punya ilmunya jangan sok tau, nanti akan banyak org yg jadi keliru persepsi-nya. asal tau saja ya Prudential itu keuangan bagus banget tanpa harus beli itu, baca majalah investor 2002-2009, infobank dan majalh swa, bisnis indonesia, baca tentang saham jangka panjang, jangan jadi spekulan (jk pendek)

  3. Mungkin yang dimaksud oleh sdr @ Mike adalah nilai saham Prudential Financial Inc seperti yg dirilis okezone.com.

    Sementara yang mau beli sahan AIG Asia adalah Prudential Plc.

    • Prudential plc sebagai sebuah perusahaan yang berkantor pusat di London, Inggris, dan seluruh unit bisnisnya di dunia tidak
    memiliki afiliasi apapun dengan Prudential Financial Inc., sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis utamanya di Amerika
    Serikat. Di Amerika Serikat, Prudential plc hadir melalui unit bisnisnya yang bernama Jackson National Life.

  4. Prudential plc dan Prudential Financial adalah perusahaan yang berbeda.

    dapat dilihat dari website berikut
    Prudential Plc http://www.prudential.co.uk

    Prudential Life Assurance Indonesia http://www.prudential.co.id

    Prudential Financial http://www.prudential.com

    Sepengetahuan saya Prudential Financial Inc tidak ada di indonesia
    Perusahaan asuransi yang ada saat ini di Indonesia adalah Prudential plc yang berpusat di LONDON berdiri tahun 1823.
    kedua perusahaan diatas sama – sama bergerak dibidang asuransi tetapi TIDAK ada kaitan sama sekali.
    Kemarin banyak teman – teman yang tidak mengerti juga salah paham.

    Karena pada saat Prudential plc masuk ke amerika ternyata sudah ada perusahaan asuransi yang memiliki nama yang sama yaitu Prudential Financial Inc maka Prudential plc membeli perusahaan lokal yang bernama Jackson Nasional Life sebagai anak perusahaannya di Amerika.

    Demikian info yang saya ketahui, Semoga dapat meluruskan informasi diatas
    Salam..

    • Nah…yang ini cukup berwawasan….Nama Prudential yang ada di Indonesia BUKAN yang tercatat di Majalah The World Largest Corporates “Global Fortune 500″ tetapi nama Perusahaan Asuransi PRUDENTIAL yang asli dan ada di Amerika Serikat tepatnya di Newark, New Jersey USA (berdiri sejak thn 1875) – juga tidak masuk ke Indonesia (Prudential yang sama dengan yang di Indonesia namanya JACKSON NATIONAL LIFE INSURANCE COMPANY yang tidak termasuk dalam kelompok 500 Perusahaan Terbesar di seluruh dunia). Intinya sama sekali tidak ada hubungan antara Prudential Merah logo kepala orang dengan Prudential Biru Logo Batu Gibraltar……tx

  5. saya pernah mencoba membandingkan asset perusahaan Prudential dan AIG dan saya pikir bumi sama langit kali yach karena perusahaan kecil mau beli perusahaan gede ????? tapi rencana boleh saja dan diingat saat ini siapa yg mau ngasih pinjaman saat perusahaan Prudential lagi rugi ???
    dan kalau saya melihat Bahwa asset AIG di Taiwan bila dibandingkan dengan Prudential maka Assetnya AIG Taiwan saja sudah 2 kali lipat besarnya dibandingkan asset prudential seluruh dunia dan sangat jelas karena AIG ada di 130 negara frend……..

    • Jangan bangga dengan Asset….apa yang ada di buka bumi ini ngga ada yang abadi…Tuhan bisa balikkin telapak tangan-NYA. yang penting tu asuransi punya komitmen untuk bayar setiap klaim nasabahnya…..tanpa akal bulus apapun…tx

  6. @Bayang kayaknya anda agen AIG atau AIA ya? haha3x..

  7. @bayang:
    Tapi setahu saya Prudential sudah beberapa tahun ini menjadi perusahaan no.1 untuk perusahaan asuransi dengan premi bruto di atas Rp 1 Trilyun (sumber Infobank).

    • Asset 1 Trilyun itu kecil…..mungkin yang dimaksud untuk skala lokal Indonesia saja kali ya…..banyak-banyak cari info supaya ngga kelihatan ngga ngertinya ….thx.

  8. Semoga hal itu benar. Prudential bisa membeli unti bisnisnya AIG di asia. Hal ini menunjukan bahwa Prudential sebagai salah satu perusahaan Asuransi terkemuka yang dapat dipercaya. Sehingga kita sebagai nasabahnya akan merasa lebih aman dan terlidungi. Supaya dimasa datang saat kita pensiun kita bisa merasakan manfaat sebagai nasabah Prudential.

  9. Prudential plc mau beli sebagian saham AIG asia??? Ini ikan kecil lincah yang sehat dan bijak mau makan ikan besar yang kurang bijak. Kalau jadi berarti ikan kecilnya bisa jadi ikan besar lincah yang sehat dan bijak. Apa ada yang mau mempersiapkan dana pensiunnya di perusahaan yang punya UTANG US$123miliar??? Buat apa punya aset besar tp gak ada manfaat buat nasabahnya? Nasabah maunya aman, untung dan nyaman ya teman2. Lebih teliti lagi kalo mau menabung, jgn cuma “jualan aset besar”, pilih yang sehat dan bijak.

  10. it’s a nice site. keep on updating, i love to read much…
    bikebali

  11. Saya pemegang polish AIG dan Juga Prudential,

    sejauh ini yang saya amati bahwa Prudential selain product nya juga bagus (unit link) , service nya juga bisa diacungkan jempol. Dan setahu saya Prudential adalah perusahaan besar. Bahkan yang saya lihat di majalah Investor dari tahun 2001 s/d 2008 meraih peringkat no 1 untuk Perushaan Assuransi Jiwa

    Mungkin karena product dan service nya bagus sehingga membuat prudential menjadi besar dan No 1

    • no. 1 di negara kita Indonesia….bukan dunia……(oya untuk patokan jangan majalah lokal seperti Investor, swa, infobank,dsb. yang jadi acuan….ini Indonesia…apapun bisa di beli…termasuk nomor urut…)

  12. saya pemegang polish prudential.

    Dengan di belinya sebagian saham AIG, ini menandakan bahwa prudential plc juga membatu pemegang polish AIG, yang selama ini di landa kecemasan.

  13. sifat skeptisme dan cercaan terhadap suatu perusahaan khususnya yg sedang menjadi topik di site ini yaitu Prudential mudah2an dapat segera berakhir karena tidak berdampak baik kepada iklim asuransi di indonesia. mudah2an kita sesama agen2 asuransi di indonesia dapat bersaing dengan sehat tanpa harus menjelek2an or menghina sesama partner kita dalam membantu masyarakat indonesia mempersiapkan masa depan yang lebih baik dan terjamin baik bagi dirinya sendiri maupun keluarga dan orang2 yg dikasihi. INGAT SAINGAN KITA (AGEN ASURANSI) BUKANLAH SESAMA AGEN DARI PERUSAHAAN YG LAIN, MELAINKAN PARA PENJUAL BARANG2 YANG BERSIFAT KONSUMTIF!!!
    …MAJULAH INDONESIAKU…

  14. omment 89 luar biasa artikel anda sungguh sangat membantu saya we suupport you, sukses buat anda semua. merdeka

  15. alah, ini khan msh blm pasti, baru rencana , ga usah diributin…pokok nya setiap org kudu punya asuransi, biar hidup lebih tenang, jgn lupa berdoa jg tentunya….berdoa dan berusaha

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 51 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: