Data NPWP di Situs Pajak Bisa Ketahuan

Data NPWP di Situs Pajak Bisa Ketahuan
Wicak Hidayat – detikFinance


Foto: Wahyu-detikFinance
Jakarta – Data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) menjadi salah satu nomor identitas penting bagi warga negara Indonesia. Tapi, sebuah celah di aplikasi situs pajak membuat data itu tak aman.

Celah pada aplikasi tersebut diungkapkan oleh Ray Abduh, penggiat dunia maya yang pernah menemukan celah pada aplikasi KlikBCA. Kepada detikFinance, Kamis (16/10/2008), Abduh mengungkapkan adanya kelemahan di aplikasi Pajak tersebut.

Kelemahan yang dimaksud berada pada salah satu aplikasi online terkait NPWP yang tautannya tersedia di situs Pajak.go.id. Seperti didemonstrasikan oleh Abduh, celah itu memungkinkan pihak manapun untuk melihat data-data registrasi wajib pajak. Ini termasuk nomor telepon, nomor Kartu Tanda Penduduk, alamat lengkap hingga jenis usaha wajib pajak.

Selain itu, NPWP seseorang juga bisa diketahui karena celah itu memungkinkan tampilnya Surat Keterangan Terdaftar seorang wajib pajak ketika mendaftar ke Kantor Pajak untuk memiliki NPWP.

Abduh mengatakan, problem ini cukup berbahaya karena celahnya terbuka untuk umum. “Kita lihat, itu kan nggak pakai login dulu kan? Nggak ada validasi session atau cookies,” ujarnya.

Bahkan dikhawatirkan celah ini bisa menerobos hingga ke database pajak pusat. “Bisa kroscek ke mereka, bahwa data yang di registrasi lewat internet sama dengan yang di-input manual oleh staf pajak. Database-nya sama,” Abduh menambahkan.

Abduh mengaku sudah menghubungi salah seorang staf di Direktorat Jenderal Pajak. Namun sambutannya, menurut Abduh, kurang menggembirakan.

Padahal, lanjut Abduh, ia juga mendemonstrasikan kalau aplikasi tersebut memiliki celah yang memungkinkan pihak ketiga untuk mengubah data yang ada. “Saya sudah tunjukkan (ke staf Pajak-red) bahwa saya juga bisa update bukan cuma melihat,” ujar Abduh.

Petugas di staf e-registration NPWP pajak yang dihubungi detikFinance mengaku tengah mengkaji kebenaran adanya celah tersebut. Menurutnya tidak mungkin sistem e-registration pajak bisa dibobol begitu saja.(wsh/ddn)

About these ads

6 Tanggapan

  1. pa,,,saya mau tnya bagai mana sih kalau membuat no pokok wajib pajak,,,???

  2. saya ingin bikin NPWP cara nya bangai mana.

  3. saya sudah daftar dan dapat no NPWP sementara, trus saya setor pajak pakai nomor itu, apakah no sementara itu aktif sampai sekarang?

  4. �boko, Że niszczysz potwory a wojujesz ze skurwysynami.
    boardingcompleted.me W
    tytuł, bladź, zasad…
    Kto wie, tymczasem w środku przyzwoleniem, Przypadkiem
    dałbyś poradę bez tego przyzwolenia, bez
    wsparcia, Natomiast przypadkiem nie. Jednakowoż nie sprawdziłeś, skoro rzeczywiście
    stało wygodniej. Tobie,
    Wiewiórkom… Wybrałeś jednego okupanta, zważając,
    że jest zdrowszy.
    Dlatego że jest…
    Wygrzebał z pudełka następnego papierosa,
    zaciągnął się.

  5. saya sudah pernah mendapatkan npwp yang dikirim ke rumah, tapi saya belum pernah lapor hingga sekarang, karena tidak memiliki pekerjaan tetap. Apakah npwp tsb masih berlaku? bisakah diperiksa lewat internet?

  6. Bagaimana cara melihat NPWP pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: