PROSEDUR, CARA DAN SYARAT PENDIRIAN CV

CV atau Comanditaire Venootschap adalah bentuk usaha yang merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih oleh para pengusaha yang ingin melakukan kegiatan usaha dengan modal yang terbatas. Karena, berbeda dengan PT yang mensyaratkan minimal modal dasar sebesar Rp. 50jt dan harus di setor ke kas Perseroan minimal 25%nya, untuk CV tidak ditentukan jumlah modal minimal. Jadi, misalnya seorang pengusaha ingin berusaha di industri rumah tangga, percetakan, biro jasa, perdagangan, catering, dll dengan modal awal yang tidak terlalu besar, dapat memilih CV sebagai alternatif Badan Usaha yang memadai.Apakah bedanya CV dengan PT?

Perbedaan yang mendasar antara PT dan CV adalah, PT merupakan Badan Hukum, yang dipersamakan kedudukannya dengan orang dan mempunyai kekayaan yang terpisah dengan kekayaan para pendirinya. Jadi, PT dapat bertindak keluar baik di dalam maupun di muka pengadilan sebagaimana halnya dengan orang, serta dapat memiliki harta kekayaan sendiri. Sedangkan CV, dia merupakan Badan Usaha yang tidak berbadan hukum, dan kekayaan para pendirinya tidak terpisahkan dari kekayaan CV.

Karakteristik CV yang tidak dimiliki Badan Usaha lainnya adalah: CV didirikan minimal oleh dua orang, dimana salah satunya akan bertindak selaku Persero Aktif (persero pengurus) yang nantinya akan bergelar Direktur, sedangkan yang lain akan bertindak selaku Persero Komanditer (Persero diam). Seorang persero aktif akan bertindak melakukan segala tindakan pengurusan atas Perseroan; dengan demikian, dalam hal terjadi kerugian maka Persero Aktif akan bertanggung jawab secara penuh dengan seluruh harta pribadinya untuk mengganti kerugian yang dituntut oleh pihak ketiga. Sedangkan untuk Persero Komanditer, karena dia hanya bertindak selaku sleeping partner, maka dia hanya bertanggung jawab sebesar modal yang disetorkannya ke dalam perseroan.

Perbedaan lain yang cukup penting antara PT dengan CV adalah, dalam melakukan penyetoran modal pendirian CV, di dalam anggaran dasar tidak disebutkan pembagiannya seperti halnya PT. Jadi, para persero harus membuat kesepakatan tersendiri mengenai hal tersebut, atau membuat catatan yang terpisah. Semua itu karena memang tidak ada pemisahan kekayaan antara CV dengan kekayaan para perseronya.

BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN CV?

CV dapat didirikan dengan syarat dan prosedur yang lebih mudah daripada PT, yaitu hanya mensyaratkan pendirian oleh 2 orang, dengan menggunakan akta Notaris yang berbahasa Indonesia. Walaupun dewasa ini pendirian CV mengharuskan adanya akta notaris, namun dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dinyatakan bahwa pendirian CV tidak mutlak harus dengan akta Notaris.

Pada saat para pihak sudah sepakat untuk mendirikan CV, maka dapat datang ke kantor Notaris dengan membawa KTP. Untuk pendirian CV, tidak diperukan adanya pengecekan nama CV terlebih dahulu. Oleh karena itu proses nya akan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan pendirian PT.
Namun demikian, dengan tidak didahuluinya dengan pengecekan nama CV, menyebabkan nama CV sering sama antara satu dengan yang lainnya.
Pada waktu pendirian CV, yang harus dipersiapkan sebelum datang ke Notaris adalah adanya persiapan mengenai:
1. Calon nama yang akan digunakan oleh CV tersebut
2. tempat kedudukan dari CV
3. Siapa yang akan bertindak selaku Persero aktif, dan siapa yang akan bertindak selaku persero diam.
4. Maksud dan tujuan yang spesifik dari CV tersebut (walaupun tentu saja dapat mencantumkan maksud dan tujuan yang seluas-luasnya).

Untuk menyatakan telah berdirinya suatu CV, sebenarnya cukup hanya dengan akta Notaris tersebut, namun untuk memperkokoh posisi CV tersebut, sebaiknya CV tersebut di daftarkan pada Pengadilan Negeri setempat dengan membawa kelengkapan berupa Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) dan NPWP atas nama CV yang bersangkutan.

Apakah itu akta, SKDP, NPWP dan pendaftaran pengadilan saja sudah cukup?
Sebenarnya semua itu tergantung pada kebutuhannya. Dalam menjalankan suatu usaha yang tidak memerlukan tender pada instansi pemerintahan, dan hanya digunakan sebagai wadah berusaha, maka dengan surat-surat tersebut saja sudah cukup untuk pendirian suatu CV. Namun, apabila menginginkan ijin yang lebih lengkap dan akan digunakan untuk keperluan tender, biasanya dilengkapi dengan surat-surat lainnya yaitu:
1. Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP)
2. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
3. Tanda Daftar Perseroan (khusus CV)
4. Keanggotaan pada KADIN Jakarta.

Pengurusan ijin-ijin tersebut dapat dilakukan bersamaan sebagai satu rangkaian dengan pendirian CV dimaksud, dengan melampirkan berkas tambahan berupa:
1. Copy kartu keluarga Persero Pengurus (Direktur) CV
2. Copy NPWP Persero Pengurus (Direktur) CV
3. Copy bukti pemilikan atau penggunaan tempat usaha, dimana
a. apabila milik sendiri, harus dibuktikan dengan copy sertifikat dan copy bukti pelunasan PBB th terakhir

b. apabila sewa kepada orang lain, maka harus dibuktikan dengan adanya perjanjian sewa menyewa, yang dilengkapi dengan pembayaran pajak sewa (Pph) oleh pemilik tempat. sebagai catatan berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta, untuk wilayah Jakarta, yang dapat digunakan sebagai tempat usaha hanyalah Rumah toko, pasar atau perkantoran. Namun ada daerah-daerah tertentu yang dapat digunakan sebagai tempat usaha yang tidak membayakan lingkungan, asalkan mendapat persetujuan dari RT/RW setempat
4. Pas photo ukuran 3X4 sebanyak 4 lembar dengan latar belakang warna merah

Jangka waktu pengurusan semua ijin-ijin tersebut dari pendirian sampai dengan selesai lebih kurang selama 2 bulan.

Sebagai penutup, saya sarankan agar dalam mendirikan suatu bidang usaha, alangkah baiknya untuk dipertimbangkan dari segala segi, tidak hanya dari segi kepraktisannya, namun juga dari segi pembagian resiko di antara para persero, agar tidak terjadi pertentangan di kemudian hari.

http://irmadevita.com/2007/10/13/prosedur-cara-dan-syarat-pendirian-cv/

Sebentar setelah membaca ini aku siapakan dulu ya syarat syarat untuk buka CV…..

About these ads

52 Tanggapan

  1. saya ingin melakukan perdagangan hasil tani indonesia -japan tapi masih kecil bngt tapi apakah itu hrs berbentuk cv dulu atau tidak,juga birokrasinya bagaimana,terima kasih……

    • sama..saya juga mau usaha ekpor tp dalam bntuk kecil2an, dan apakah itu harus dibuatnya CV juga. Dan sejujurnya saya bingung ketika calon pembeli saya meminta kelegalan dari usaha saya. sedangkan kita usaha dengan cara tradisional..

  2. Terimakasih atas info yang sangat bermanfaat !!

    http://www.percikaniman.org

  3. thanks atas infonya, silakan berkunjung ke blog saya…

  4. kalo buat rekening atas nama CV syaratnya apa aja ?

  5. txs

  6. Halo mas..
    Salam kenal ya… Terima kasih sudah berkunjung dan banyak merefer tulisan2 di blog saya ya…
    Semoga semakin sukses dan berjaya blog nya

    Salam hangat
    Irma Devita :)

    • bu saya mau tanya gini, dl saya mendirikan cv bersama saudara dengan persero aktifnya dia dengan domisili ditempat saya trus sampai saat sekarang ini saya tidak pernah tau apakah cv itu aktif apa tdk dan melaporkan pajak atau tidak kalau misalkan nanti suatu saat ada tunggakan pajak apakah bisa aset saya yg dijadikan domisili ikut disita kalau misalkan itu ada tunggakan pajak soalnya saudara saya tidak pernah sekalipun membicarakan masalah cv itu saya cm takut aja nantinya terjadi hal hal diluar perkiraan saya mohon jawabannya di email saja bu, sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya.

  7. Mu tanya mengenai pajak :)
    kalao cv, en usahanya ternyata tidak lancar, apakah ada pajak/ aturan lain yang mengatur mengenai biaya yang harus di perhitungkan?

    Trimakasih yaa

  8. Ass. mw tanya prosedur dan syart bembuka perusahaan travel

  9. yoi, mantap…saya juga mau buat cv gan…banyak manfaatnya…

  10. mo nanya dikit nih mas, saya mau buka usaha Penjualan tiket pesawat, atau mungkin akan di kembangkan menjadi biro travel, apakah CV bisa dipakai sebagai perusahan tersebut… terima kasih,

  11. Mohon pejelasan. seorang pegawai BUMN sebuah PT…..(Pesero) apakah boleh ikut mendirikan CV meskipin hanya sebagai pesero diam? mohon dijelaskan dasar hukumnya. Terima kasih.

  12. Mu tanya mengenai pajak
    kalao cv, en usahanya ternyata tidak lancar, apakah ada pajak/ aturan lain yang mengatur mengenai biaya yang harus di perhitungkan?

  13. mas/mba salam kenal y…..saya mau tanya apakah cv yg sdh di tutup/tidak aktikan lg oleh pemiliknya beberapa bulan yg lalu bisa di aktifkan lg?trima ksh sebelumnya

  14. Terimakasih banyak mas atas infonya..
    Berguna sekali

  15. salam kenal y,.. aq pendatang baru yg pengen terjun kedunia pengusaha perdagangan,…? bagaimana pendapat anda jika saya ingin membuata CV.tq yah

  16. Saat ini saya dan adik saya mempunyai tabungan sekitar 250jt, kebetulan kami orang lapangan ( salesman ) produk makanan ringan, karena sering bertemu banyak orang, banyak sekali diantara mereka yang meminta barang2 perabot rumah tangga, elektronik, furniture dll yang nantinya mereka bayar dengan cara mengangsur harian. Badan usaha apa yg harus saya buat ? dan bagaimana caranya ? Bisa bantu saya ?

  17. Salam kenal…

    NICE POST…

  18. trimakasih atas infonya sangat bermanfaat karena kebetulan saya akan memulai mendirikan cv.

  19. Waduh, terima kasih banyak yah ats info yg sangat bermanfaat ini,

    Sukses Terus

  20. kalo seorang PNS mo buat CV bisa Gak? low gak kenapa? Low Bisa Gimana?

  21. Salam Kenal..

    Saya ingin menanyakan mengenai pembukaan kantor cabang atau perwakilan dari sebuah CV, apa saja syarat2 nya? Apakah diperlukan akta notaris?

    terimakasih atas masukannya..

    Salam,
    Ozi

  22. terima kasih kawan atas informasi yang sangat lengkap ini, kebetulan aku ingin mendirikan CV,.. sekali lagi terima kasih… ;)

  23. waahwaah, matur nuwun sanget atas infonya, bagus sekali dan bermanfaat!
    matur nuwun MAS!

  24. thanks mbak atas semua infonya

  25. sya mempunyai bebrapa pertanyaan bu.,:
    1.apakah diperbolehkan seorang mhs mendirikan CV n bertindak sbg persero aktif?
    2. brpa modal minimum tuk mendirikan CV?
    3. sya ingin bergerak d bidang perkebunan jabon, yg menghubungkan pemodal dan pemilik lahan, apkah sebaiknya itu harus diwadahi dg CV?mhon srannya tuk planning sya ini, bgmana seharusnya saya memulai dan menjalankannya nanti ?

    mhon balasannya d email bu!! thx b4..!!

  26. thanx 4 all……..

  27. saya sangat ter tarik dengan adanya info ini

  28. SALAM SUKSES

  29. Apa bisa pt perhotelan dapat digunakan untuk melakukan borongan

  30. Apakah orang yg bpran sbgai perdero aktif n persero komenditer itu bisa diambil alih oleh 1 orang saja??
    Maksudnya biar semua hal yang berhubungan dengan cv itu bisa ditangani sendiri,,,
    Mohon bantuannya,,,!!!
    Tks

  31. rmh saya mau d kontrak untuk cv.dan yg ngontrak minta copy sertifikat untuk persyaratan membuat cv.saya baca diatas untuk yang menyewa hanya melampirkan perjanjian sewa menyewa saja?
    kalau saya kasih copy sertifikat apa tidak ada resikonya nanti kepada saya?

  32. BERAPA SYARAT MODAL UNTUK MENDIRIKAN PERUSAHAAN NON PKP YA MAS?..

  33. untuk pembutan CV d jakarta selatan sampai dengan pengsahan CV tersebut kira2 butuh biaya berapa ya pak ?

  34. Sy ada plaining
    Ntuk mempekerjaan orang sebagai cleaning kapal,tanki, dll. apakah sy harus buatkan CV

  35. bagaimana klo joint dengan cv orang lain mas

  36. Dear,

    Mau tanya, kalo usaha-nya Event Organizer bisa berbentuk CV gak? atau bentuknya harus PT?

    Trims,

  37. trims pencerahannya

  38. sy punya pekerjaan jasa tenaga buruh sekarang sih dinaungi koperasi apakah bisa pekerjaan itu saya buatkan badan hukum seperti cv agar dikemudian hari tidak ada yg merebut mhn petunjuk dan prsyaratnnya

  39. brp biayanya ya?

  40. Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto,telp :(0321)321922,326991,329669.sms:085648280307

  41. wah..ga tanggung jawab nih blogger nya.smua pada nanya tpi ga prnah dblas commentnya.jdi ga dpet ilmu n pencerahan. coba buka ini http://irmadevita.com/2007/prosedur-cara-dan-syarat-pendirian-cv . smoga dpet mmbatu temen” dsini.

  42. Apakah dlm sebuah CV boleh dipegang suami istri?
    Tq

  43. Kami menawarkan Jasa Pembuatan/Pendirian PT dan CV —> bit.ly/PIB3jZ

  44. Mau tanya ni,kalo misalnya mau mendirikan CV. di bidang kontraktor kira2 modal minimum, berapa ya???
    terus ijinnya kemena ya???

  45. Terus kalau semua suirat ijin usaha itu sudah jadi atau CV, sampai berapa lama itu berlaku,,,, apakah akan merongrong modal kita kalau kita belum mempunya transaksi dengan orang atau memulai kontrak kerja dengan orang.. terimakasih—-parda

  46. Hey! I know this is kinda off topic however I’d figured I’d ask.
    Would you be interested in trading links
    or maybe guest authoring a blog post or vice-versa? My blog discusses a lot of the same topics as yours and I think we could
    greatly benefit from each other. If you might be interested feel free to send me an e-mail.
    I look forward to hearing from you! Terrific blog by the
    way!

  47. saya pegawai negerisipil apakah dapat untuk mendirikan PT atau duduk di dewan komisaris dan apakah ada ketetntuan lainnya, mohon penjelasan

  48. Ass ,,, Dari smw yang saya baca , alhmdulillah saya memahami sedikit yang anda cantumkan di blog ini ,,,,

    Sebelumnya saya ingin MEnanyakan satu hal mengenai pajak..

    Apakah di perbolehkan , membentuk suatu CV tanpa bersangkutan dengan pajak terlebih dahulu….?
    ketika CV yang saya dirikan berjalan dengan baik hingga 1-5 bulan , baru saya ingin bersangkutan dengan pajak…

    dan apakan bisa di dirikan seperti itu , dan apakah mesti bersangkutan dengan pajak terlebih dahulu…?

  49. Selamat Siang Bu, ini kami ingin bertanya kami ingin mendirikan usaha ekspor import berupa barang kebutuhan rumah dll, kami membutuhkan syarat apa ya ? Prosedur CV gimana ya ? Butuh persyaratan apa aja ?

    Tolong di balas komentar saya ya

    Thanks

    Hera

  50. Udah tau ini Copy Paste masih nanya aja… Udah ketahuan orangnya kaga menguasai bidang ini sehingga tidak bisa menjawab permasalahan yang anda tanyakan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 51 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: