MENURUNKAN KOLESTEROL DI TUBUHKU

Setelah tahu hasil tes darah kemarin akhirnya aku cari tahu gimana caranya menurunkan kolesterol tersebut…… Inilah hasilnya pencarian itu…

1. Atur polah makan… kurangi yang berlemak misal jerohan, daging, cumi, udang, kacang, santan… ( padahal enak tu….)

2. olah raga teratur intinya kolesterol dipaksa keluar lewat keringat

3. berdoa semoga kadar kolesterol turun

lengkapnya aku kutip dari sini……..

==============

KOLESTEROL TINGGI HINDARI DENGAN BEROLAHRAGA

 

Anggapan mengenai tingginya kolesterol dalam darah hanya bisa terjadi pada manula atau mereka yang usianya sudah kepala empat, sungguh salah besar. Sekarang ini, kata dr. Suyanto Sidik Sp.PD dari RS Internasional Bintaro, Banten, kolesterol tinggi bisa terjadi pada usia muda, bahkan di usia belasan.

Keadaan ini semakin menjadi pada mereka yang sangat suka mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan mengandung kolesterol tinggi, “Terlebih pada mereka yang malas dan kurang beraktivitas fisik atau olahraga,” kata Suyanto.

Itulah makanya para pakar kesehatan menganjurkan sekurang-kurangnya setiap hari kita mesti berolahraga minimal 20 menit. Seperti diterangkan Prof. Dr. Walujo S. Soerjodibroto, Ph.D,. pada kesempatan terpisah, tubuh manusia sangat susah mengeluarkan kolesterol. “Kolesterol dalam tubuh ini, supaya tidak bertumpuk harus dikeluarkan secara paksa. Caranya, ya, dengan banyak beraktivitas fisik,” kata Guru Besar FKUI, Departemen Ilmu Gizi ini.

Selain itu, tambah Walujo, banyaklah makan buah-buahan dan sayuran yang kaya serat serta vitamin C. Tak kalah penting, kurangi makanan berlemak atau kaya kolesterol, seperti jeroan, kepiting, udang, kerang, kacang-kacangan, daging, santan, minyak, margarin, cokelat, dan gula. Jangan lupa perbanyak konsumsi makanan dan minuman penurun kolesterol.

 

MAKANAN & MINUMAN PENURUN KOLESTEROL

 

Berikut ini sejumlah makanan dan minuman yang bisa menurunkan kolesterol dalam darah, seperti diutarakan Prof. DR. Ir. Ali Khomsan dari IPB Bogor.

1. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih setengah sampai satu siung sehari secara kontinyu selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Harap dosisnya diperhatikan benar! Jika terlalu banyak, tak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi lebih dari tiga siung setiap hari dapat menimbulkan diare, kentut, sebah, dan demam. Bahkan bisa memunculkan perdarahan lambung.

Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih adalah ajoene. Senyawa ini juga dapat mencegah penggumpalan darah. Walau bawang putih dimasak, kandungan senyawa ini tidak rusak. Pada 1981, peneliti dari Pusat Riset Obat-obatan di Tagore Medical College, India, melaporkan efek bawang putih mentah dan goreng yang diujicobakan pada 20 pasien dengan riwayat penyakit jantung. Menurut laporannya, terdapat pengurangan kecenderungan pembentukan bekuan darah pada pembuluh darah mereka. Ini ditunjukkan oleh aktivitas fibrinolitik yang meningkat. Penelitian juga mengemukakan, khasiat memang sedikit berkurang bila bawang digoreng, tapi tak terlalu bermakna. Jadi pandangan umum yang menyatakan bawang putih akan kehilangan efeknya bila dimasak adalah salah.

Khasiat bawang putih juga bergantung pada tempat tumbuhnya. Bawang putih yang tumbuh di tanah kaya selenium akan mengandung selenium yang tinggi pula sehingga manfaatnya sebagai obat antipenuaan akan lebih terasa.

 

2. Tempe

Sekalipun berasal dari rumpun kacang-kacangan, tempe sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol. Tempe memiliki kandungan niacin yang mampu menurunkan kolesterol. Tempe mengandung niacin 5 x lebih banyak daripada kedelai. Selain juga mengandung isoflavon yang sudah teruji bisa menurunkan kolesterol.

 

3. Teh

Menurut penelitian, EGCG (epigallocatechin gallate), yaitu komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Artinya dengan mengonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, risiko penyumbatan pembuluh darah penyebab penyakit jantung dapat dikurangi.

4. Anggur

Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin. Kedua zat ini sangat baik dalam menurunkan kolesterol.

 

5. Apel

Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.

 

6. Avokad

Selama ini avokad dikenal kaya akan lemak. Tak heran jika buah ini selalu dijauhi manakala kolesterol sedang tinggi, padahal avokad sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

7. Ikan

Ikan sangat kaya asam lemak tak jenuh (omega3). Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, asam lemak ini juga mencegah terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Berdasarkan habitatnya terdapat dua golongan ikan; ikan air tawar dan ikan laut. Habitat ikan memengaruhi kandungan zat gizi ikan. Ikan air tawar kaya akan karbohidrat dan protein, sedangkan ikan laut kaya akan lemak tak jenuh, vitamin dan mineral.

Tabel kandungan Asam Lemak Omega-3 per 100 gram

Jenis ikan Asam Lemak Omega-3 (gram)

Tuna 2,1

Sardin 1,2

Salmon 1,6

Makarel 1,9

Herring 1,2

Teri 1,4

Tongkol 1,5

Tenggiri 2,6

Tawes 1,5

Kembung 2,2

8. Sayuran dan buah-buahan

Semua buah dan sayuran mengandung serat. Jadi, semua buah dan sayuran juga mampu menurunkan kolesterol. Serat dapat mengikat kolesterol sehingga tak beredar dalam darah. Sedangkan vitamin C untuk homeostasis alias pengatur keseimbangan kolesterol. Yang perlu diingat, sayuran yang kaya vitamin C cukup direbus setengah matang. Kalau sampai matang, vitaminnya hilang.

Jika sayuran atau buah-buahan dibuat menjadi jus, minumlah bersama ampasnya, karena ampas itu merupakan sumber serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

Gazali Solahuddin. Foto: Iman & Dok. Nakita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

15 Tanggapan

  1. semoga situs ini tetap exist

  2. Sekedar sharing saja, saya juga pernah mengalami kolesterol tinggi sudah 4 bulan gak turun2, sampai 269. Dokter sempat menganjurkan saya untuk olahraga dan atur pola makan. Saya sudah berusaha walaupun belum maksimal. Akhirnya dokter kasih saya lipitor diminum tiap hari, gak makan hewani kalau malam, jalan tiap pagi. Setelah sebulan kucek darah, syukur kolesterol saya sudah turun sampai 149. Saya sampai kaget. Sejak itu saya selalu berusaha menjaga agar gak naik lagi dengan jalan tiap pagi dan gak makan hewani kalau malam.

  3. Wah, wine termasuk anggur yang di atas gak y…. hehehe

    Kunjungi blog saya dan komentari di http://airdiataskrisan.wordpress.com

  4. Assalammualaikum pak…boleh saya copas yaa pak

  5. thanks buat informasinya. saya akan mencoba menjalankan semua sarannya, semoga hasil tes kolesterolnya bisa benar2 turun :)

  6. terimakasih untuk informasinya,….sangat bermanfaat sekali,. karna ibu saya juga penderita kolesterol dan tidak tau makanan N minuman apa yang baik untuk dikonsumsi,… saya akan mencoba dengan informasi yang saya dapat.

  7. terima kasih atas infonya.. saya juga mengidap kolesterol tinggi… punya info ngak ya mengenai ikan air tawar sepeti : Patin, Gumare dll, apakah berpotensi meningkatkan kadar kolesterol atau malah baik untuk menurunkan kolesterol, mengingat saat ini saya banyak mengkonsumsi ke dua jenis ikan tsb…

  8. Kolesterol saya tinggi 271 seharusnya maks. 200, sementara gula darah saya juga tinggi 229 yang seharusnya maks. 140, untuk menurunkan keduanya tersebut obat apa yang bisa di minum serta makanan apa yang di anjurkan serta makanan yang di larang. Terima kasih

  9. trimakasih ata informasinya… ayah saya juga sedang mengalami kolesterol yg cukup tinggi… saya akan coba sarankan…. semoga hasilnya akan baik….

  10. misi..misi ,Gan mau tanya kolesterol saya 217 termasuk tinggi gak ya ..
    terus tiap hari saya olahraga pagi dan sore ada efek sampingnya gak,,baik gak untuk kesehatan apa malah berbahaya ???
    makasih..

  11. makan kismis yang sudah direndam menggunakan arak selama 1 minggu juga bisa menurunkan kolesterol. Kismis juga terbuat dari anggur yg sudah dikeringkan. arak untuk melarutkan kandungan glukosanya yg cukup tinggi.

  12. Trims………..

  13. menurunkan kolesterol?minum bio fit energy tea aja….plus bisa melangsingkan perut n turun berat badan 2-3kg dalam seminggu..terbukti…asal rutin dan teratur pemakaiannya.hub 081359067070

  14. customer kami di biofit program ada yang berhasil menurunkan 17kg dlm 1,5bln dan dalam 3 bulan turun 25kg lingkar badan mengecil 35cm. ukuran celana dari XXL menjadi M.
    Bila SERIUS ingin MENURUNKAN BERAT BADAN, bisa menggunakan ramuan alami BIOFIT.
    dalam 1 bulan program biofit rata-rata bisa menurunkan 5-12kg/bln. lingkar badan seperti perut, paha, lengan bisa mengecil.
    menormalkan kolesterol, menghaluskan kulit dan kulit tidak kendur.
    kami menyediakan 4 macam paket utk menurunkan berat badan :
    -paket pertama (utk menurunkan berat 2-8kg)
    harga 150.000
    penggunaan 30 hari
    -paket kedua (utk menurunkan 4-10kg)
    harga 275.000
    penggunaan 60 hari
    -paket ketiga (utk menurunkan lebih dari 20kg)
    harga 420.000
    penggunaan 60 hari
    -paket keempat (utk menurunkan lebih dari 20kg)
    harga 550.000
    penggunaan 90 hari
    masing-masing paket perbedaan ada pada kecepatan menurunkan berat badan dan pada hasil akhir yang di dapat.
    bagi yg ingin SERIUS bisa hubungi saya
    di 0878 3232 7700

  15. http://usahamilyarder.com/ssww Daftar dapat Rp. 5 rb. Langkah awal menjadi milyarder sebagai pendapatan sampingan. iBerry gratis bagi Top Afiliasi

    BISNIS ONLINE DAPET MODAL…DAFTAR DAPAT UANG…
    BISNIS DAPET MODAL… DAFTAR DAPAT UANG…BURUAN..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: